membersihkan kipas komputer2

Perawatan Komputer : Membersihkan Kipas Unit Komputer

Perawatan Komputer : Membersihkan Kipas Unit Komputer

Dalam mengurus pekerjaan rumah tangga, anak-anak, hewan peliharaan, dan PTA distrik, perawatan komputer mungkin adalah salah satu hal terakhir yang Anda pikirkan untuk dilakukan secara teratur. Namun, tanpa jadwal perawatan yang teratur, Anda akan menemukan bahwa komputer yang ditinggalkan menghabiskan banyak energi. Ini bekerja lebih dari standarnya dan bisa membebani secara finansial untuk diganti.

Efek Jika Kipas Pc atau Laptop Rusak

AKIBAT KIPAS LAPTOP RUSAK

Mari kita bicara tentang pemeliharaan perangkat keras. Dengan begitu akan banyak penekanan pada pemeliharaan sistem operasi komputer, Menjaga komponen komputer pada perangkat keras sangat penting. Ada beberapa komponen dari komputer atau laptop yang bisa digunakan, jadi mari kita bicara tentang yang paling penting.

Dapat Mematikan Komputer

Kipas merupakan komponen terpenting dari sistem perangkat keras yang ada pada komputer. Kipas terletak di unit CPU pada komputer dan kalau di lapop ada di bagian bawah keyboard atau touchpad, dan jika tersumbat oleh kotoran atau debu, kipas dapat mematikan komputer lebih cepat daripada mengatakan Ada masalah dengan komputer Anda dan Anda tidak tahu apa itu. Singkatnya, kipas berfungsi untuk mendinginkan motor komputer, yang membuat hard disk drive komputer dan periferal berfungsi seperti yang mereka butuhkan, atau cepat.

👉TRENDING:   Perangkat Lunak Murah Dan Cepat Pengantar Shareware

Membuat Tagihan Listrik Jadi Boros

Kipas yang kotor tidak akan berputar cukup cepat untuk mendinginkan motor, dan kipas yang tersumbat sepenuhnya akan berhenti berputar sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan motor komputer Anda bekerja lebih keras, dan jika motor bekerja lebih keras, tagihan listrik Anda bisa lebih tinggi. Skenario terburuk, Motor juga bisa terlalu panas dan berhenti bekerja. Tanpa motor sama saja dengan tanpa komputer.

Cara Membersihkan Kipas Pc atau Laptop

Perawatan Komputer : Membersihkan Kipas Unit Komputer

Jaga kebersihan kipas pada komputer anda dari debu. Tempatkan komputer Anda di tempat atau lingkungan yang bersih, tidak berdebu dan jangan merokok. Nikotin dan tar sangat mematikan bagi pengguna komputer, berhati-hatilah saat membersihkanya. Jika Anda tidak ada waktu untuk membersihkan komputer sendiri, anda bisa minta ke tempat servis komputer untuk membersihkan serta memperbaikinya. Atau anda juga bisa melepas komputer dan membongkarnya sendiri.

Gunakan Kuas, Tertekanan Udara, dan Lap Antistatis

Untuk membersihkan gumpalan debu, Anda membutuhkan kuas, kaleng udara bertekanan, dan lap antistatis. Jaga agar kaleng tetap pada posisi vertikal dan tiupkan ke debu yang ada di kipas, berhati-hatilah agar debu dari kipas tidak pindah ke bagian yang sensitif yang ada di dalam casing komputer. Bersihkan debu yang tersisa dengan kain antistatis dan pasang kembali komputer Anda. Salah satu alat yang pasti tidak akan Anda gunakan untuk membersihkan debu di komputer adalah penyedot debu. Mungkin tampak lebih masuk akal kalau menggunakan penyedot debu, tapi untuk menggunakan penyedot debu pengisapan yang kuat pada penyedot debu sebenarnya dapat menghasilkan listrik statis yang berbahaya dan memutuskan kabel yang longgar.

👉TRENDING:   Ini Penyebabkan Laptop Hang Dan Berikut Cara Memperbaikinya

Jangan Menggunakan Air atau Minyak

Selain itu, jangan menggunakan pembersih yang berbahan dasar air, minyak, atau yang bersifat cair. Minyak dalam pembersih semacam itu akan menyebabkan mengikisnya komponen komputer yang sensitif. Jika Anda tetap menggunakan metode debu bebas cairan, rutinitas membersihkan debu Anda akan cukup aman untuk diulangi sebanyak yang Anda butuhkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencegah debu masuk ke dalam komputer sangatlah penting. Faktor eksternal (kelembaban, merokok, hewan peliharaan, dll.) Hal ini akan menentukan seberapa seringnya perangkat keras di komputer anda perlu dibersihkan. Namun, rata-rata, Anda tidak perlu melakukan prosedur ini lebih dari sekali atau dua kali setahun.

Waktu yang di butuhkan untuk membersihkan kurang dari 20 menit. Setelah selesai, Anda dapat melihat perbedaan antara mesin tersebut. Keyboard dan mouse komputer Anda akan berjalan lebih lancar, perangkat keras akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk terhubung, dan volume mesin secara keseluruhan tidak akan sekeras yang terkikis oleh kelinci debu jelek.

👉TRENDING:   Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Pc atau Laptop
kipas cpu computer kuas