Cara Menyembunyikan Pesan WhatsApp Tanpa Memblokir
Gambar: istockphoto.com

Cara Menyembunyikan Pesan WhatsApp Tanpa Memblokir

Cara Menyembunyikan Pesan WhatsApp Tanpa Memblokir2
Gambar: unsplash.com

WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone saat ini. Apalagi kini WhatsApp Web sudah lengkap dengan fitur yang ditawarkannya, termasuk dukungan dark mode.

Namun, mungkin perlu menyembunyikan ruang obrolan di WhatsApp. Hal ini diperlukan untuk mencegah tangan-tangan yang jahil yang bisa mengakses WhatsApp Anda, meski sudah di lindungi sidik jari.

Beberapa waktu lalu, situs WA Beta Info yang kerap membocorkan fitur potensial WhatsApp merilis fitur archived chat yang disebut juga dengan update archive chat.

Pengarsipan sebenarnya bukan fitur baru, tetapi pembaruan ini telah mengubah mekanisme. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk merahasiakan obrolan Anda, dan anda dapat menyembunyikannya.

Cara Menyembunyikan Pesan WhatsApp Tanpa Memblokir 3
Gambar: istockphoto.com

Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan ini. Semua fitur, pengarsipan obrolan, ada di WhatsApp.

Fitur pengarsipan WhatsApp memungkinkan Anda menyembunyikan percakapan dari layar obrolan dan mengaksesnya nanti jika diperlukan.

Fitur ini juga membantu menyembunyikan obrolan dari siapa saja yang ingin mengintip percakapan. Di versi sebelumnya, menggunakan fitur “Arsip” untuk mencegah beberapa obrolan pribadi atau grup muncul di halaman beranda.

👉TRENDING:   0857 Nomor Apa, Kartu Apa, Daerah Mana, Cek Disini

Meski tersembunyi, saat pesan baru masuk, obrolan yang disimpan akan kembali ke tampilan utama atau halaman beranda. Di versi baru, Anda memiliki opsi untuk menyembunyikan obrolan agar tidak muncul kembali di halaman beranda saat pesan baru masuk. Demikian pula, pemberitahuan pesan baru tidak akan muncul di halaman beranda ruang obrolan.

Ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyembunyikan notifikasi dan pesan tanpa memblokir kontak mereka. Bedanya dengan pemblokiran adalah pesan dari kontak yang diarsipkan akan terus terkirim, namun obrolan dari orang tersebut tidak akan muncul di tampilan utama dan bisa diabaikan.Pembaruan fitur “Arsip” telah mulai diluncurkan ke versi beta untuk pengguna Android dan iOS.

Cara Mengarsipkan Obrolan WhatsApp

Cara ini tidak mengharuskan Anda untuk menghapus ruang obrolan yang ada. Dengan kata lain, simpan saja obrolan dan Anda siap untuk memulai. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengarsipkan obrolan WhatsApp:

👉TRENDING:   10 Cara Menghemat Baterai Smartphone : HP Yang Panas Penyebab Daya Baterai Jadi Lebih Boros

Cara Mengarsipkan Obrolan WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih ruang obrolan yang ingin Anda sembunyikan dan tekan dan tahan ruang obrolan.
  3. Pilih arsip dengan ikon panah bawah.
  4. Obrolan segera menghilang dari daftar ruang obrolan.

Cara Mengarsipkan Semua Obrolan WhatsApp

Bahkan, Anda dapat menyembunyikan lebih dari satu obrolan dengan cara ini. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk menyembunyikan semua obrolan sekaligus. Untuk melakukan ini, anda bis ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Mengarsipkan Semua Obrolan WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian pilih Setelan
  3. Pilih Chat
  4. Lalu pilih Riwayat chat
  5. Dan pilih arsipkan semua chat

Semua obrolan di WhatsApp anda sudah disimpan di folder arsip WhatsApp. Anda juga bisa mengembalikan obrolan pesan WhatsApp yang tadi di arsipkan tadi seperti semula.

Cara Mengembalikan Obrolan WhatsApp Yang Di Arsipkan

Perlu ditekankan sekali lagi bahwa metode ini hanya menyembunyikan obrolan tanpa batas waktu. Anda bisa mengembalikanya seperti semula kapan saja. Bagaimana adalah langkah-langkah untuk mengembalikan obrolan WhatsApp yang di arsipkan:

Cara Mengembalikan Obrolan WhatsApp Yang Di Arsipkan

  1. Buka WhatsApp
  2. Gulir ke bawah kolom Obrolan ke bawah
  3. Pilih Arsip untuk melihat semua pesan tersembunyi
  4. Pilih obrolan yang ingin Anda tampilkan ulang dan tekan dan tahan hingga Anda melihat garis pada menu diatasnya. Pilih satu dengan panah atas.
  5. Obrolan kembali ke ruang obrolan.
👉TRENDING:   Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri tanpa Aplikasi

WhatsApp kemungkinan akan terus mengembangkan fitur pengarsipan. Salah satunya adalah kemampuan untuk secara otomatis mengarsipkan obrolan yang tidak aktif selama 6 bulan terakhir.