10 Cara Menghemat Baterai Smartphone : HP Yang Panas Penyebab Daya Baterai Jadi Lebih Boros

0
10 Cara Menghemat Baterai Smartphone 
Gambar: istockphoto.com

Hp panas menyebabkan baterai cepat boros, coba praktekkan cara menghemat baterai smartphone salah satunya dengan menurunkan resolusi layar.

Di zaman yang serba modern ini, keberadaan handphone tidak bisa lepas. Namun, saat menggunakan alat komunikasi di ponsel dan smartphone, seringkali membuat frustasi ketika baterainya boros.Namun,  jika Anda membutuhkan ponsel yang canggih, performa baterai juga diperhitungkan.

Ternyata banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan justru membuang-buang baterai ponsel. Ada beberapa kesalahan yang dikeluhkan pengguna smartphone soal baterai cepat habis. Salah satunya yakni dengan cara mengisi baterai smartphone pada suhu ekstrim. Apalagi jika sudah terisi daya dan ponsel masih digunakan.

Menggunakan ponsel saat mengisi daya tidak akan langsung merusak baterai, tetapi akan memperlambat daya pengisian daya, ponsel menjadi panas dan cepat merusak perangkat seluler.

Temperatur ponsel yang tinggi saat menggunakan ponsel justru menurunkan kinerja baterai. Baterai ponsel dapat diisi dengan cepat pada suhu rendah, seperti suhu kamar.

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone 1
Gambar: istockphoto.com

Ada beberapa aplikasi yang mempengaruhi baterai serta kesalahan pengisian baterai ponsel. Untuk mengatasi baterai boros, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel, Berikut adalah beberapa tips menghemat baterai ponsel:

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Ponsel Terbaik 2 Jutaan Dengan Spek Mumpuni 2022

1. Resolusi Rendah

Layar beresolusi tinggi bisa menguras baterai. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan 4K, 2K, atau HD +, Anda mungkin dapat menurunkan pengaturan ini ke resolusi yang lebih rendah untuk menjaga ponsel Anda lebih lama.

Tentu saja, Tampilanya tidak terlihat begitu bagus, akan tetapi ini adalah harga yang murah untuk membuat daya baterai lebih awet.

Smartphone modern mungkin sudah memiliki layar 90Hz atau 120Hz, yang membuat tampilan layar menjadi lebih segar berkali-kali per detik, tetapi hal ini menghabiskan daya baterai dengan cepat. Oleh karena itu, untuk memperpanjang waktu penggunaan ponsel cerdas Anda, turunkan ke 60Hz.

2. Aktifkan Mode Gelap

Sebagian besar smartphone Android memiliki fitur mode gelap (dark mode). Selain nyaman untuk mata, mode ini juga menghemat daya baterai, terutama pada smartphone Android dengan layar OLED.

Tinggalkan Komentar