10 Cara Menghemat Baterai Smartphone HP Yang Panas Penyebab Daya Baterai Jadi Lebih Boros
Gambar: istockphoto.com

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone : HP Yang Panas Penyebab Daya Baterai Jadi Lebih Boros

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone 
Gambar: istockphoto.com

Hp panas menyebabkan baterai cepat boros, coba praktekkan cara menghemat baterai smartphone salah satunya dengan menurunkan resolusi layar.

Di zaman yang serba modern ini, keberadaan handphone tidak bisa lepas. Namun, saat menggunakan alat komunikasi di ponsel dan smartphone, seringkali membuat frustasi ketika baterainya boros.Namun,  jika Anda membutuhkan ponsel yang canggih, performa baterai juga diperhitungkan.

Ternyata banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan justru membuang-buang baterai ponsel. Ada beberapa kesalahan yang dikeluhkan pengguna smartphone soal baterai cepat habis. Salah satunya yakni dengan cara mengisi baterai smartphone pada suhu ekstrim. Apalagi jika sudah terisi daya dan ponsel masih digunakan.

Menggunakan ponsel saat mengisi daya tidak akan langsung merusak baterai, tetapi akan memperlambat daya pengisian daya, ponsel menjadi panas dan cepat merusak perangkat seluler.

Temperatur ponsel yang tinggi saat menggunakan ponsel justru menurunkan kinerja baterai. Baterai ponsel dapat diisi dengan cepat pada suhu rendah, seperti suhu kamar.

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone 1
Gambar: istockphoto.com

Ada beberapa aplikasi yang mempengaruhi baterai serta kesalahan pengisian baterai ponsel. Untuk mengatasi baterai boros, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel, Berikut adalah beberapa tips menghemat baterai ponsel:

1. Resolusi Rendah

Layar beresolusi tinggi bisa menguras baterai. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan 4K, 2K, atau HD +, Anda mungkin dapat menurunkan pengaturan ini ke resolusi yang lebih rendah untuk menjaga ponsel Anda lebih lama.

Tentu saja, Tampilanya tidak terlihat begitu bagus, akan tetapi ini adalah harga yang murah untuk membuat daya baterai lebih awet.

Baca Juga:  Aplikasi Like Share Penipuan? Ini Penjelasannya

Smartphone modern mungkin sudah memiliki layar 90Hz atau 120Hz, yang membuat tampilan layar menjadi lebih segar berkali-kali per detik, tetapi hal ini menghabiskan daya baterai dengan cepat. Oleh karena itu, untuk memperpanjang waktu penggunaan ponsel cerdas Anda, turunkan ke 60Hz.

2. Aktifkan Mode Gelap

Sebagian besar smartphone Android memiliki fitur mode gelap (dark mode). Selain nyaman untuk mata, mode ini juga menghemat daya baterai, terutama pada smartphone Android dengan layar OLED.

Pada layar OLED, piksel mati saat tampak hitam. Karena itu, ini akan membuat baterai lebih tahan lama. Agar lebih efektif, Anda bisa mengaktifkan Dark Mode di aplikasi lain seperti WhatsApp, Instagram,  YouTube dan lainnya.

3. Matikan Fungsi GPS

Fungsi GPS memiliki kemampuan untuk melacak posisi Anda secara real time. Namun jika diaktifkan terus menerus, fitur ini justru bisa menguras daya baterai.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda mengaktifkan fitur GPS hanya saat Anda benar-benar membutuhkannya, seperti saat mencari rute menuju suatu lokasi.

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka menu Pengaturan, pilih Lokasi, dan geser sakelar Layanan Lokasi. Fitur GPS juga dapat dimatikan dengan memilih opsi di bilah menu di halaman utama smartphone Anda.

4. Kecerahan Rendah,

Semakin banyak daya baterai yang digunakannya. Oleh karena itu, menurunkan kecerahan dapat memperpanjang pengoperasian ponsel, dan sering menurunkannya membuatnya sangat terlihat.

Namun, smartphone Android terbaru memiliki kecerahan otomatis, dan tingkat kebutaan tampilan berubah sesuai dengan lingkungan. Ini sangat nyaman, tetapi membuat layar lebih cerah saat Anda berada di tempat yang terang.

Melakukannya dapat merusak upaya Anda untuk menghemat baterai. Karena itu, jika Anda ingin ponsel Anda bertahan selama mungkin, Anda dapat mematikan opsi kecerahan otomatis.

Anda juga dapat mengubah berapa lama layar aktif. Atur pengaturan tampilan ponsel cerdas Anda agar memudar menjadi hitam setelah beberapa detik. Buka Pengaturan Pemberitahuan dan nonaktifkan pemberitahuan dari aplikasi tertentu. Ini tidak berarti bahwa ponsel cerdas Anda akan menyala setiap kali ada peringatan baru.

Baca Juga:  Ascii Art Copy Paste Sakura School Simulator BTS

5. Matikan Koneksi Data Seluler

Bluetooth, dan Wi-Fi membutuhkan daya baterai yang besar. Bluetooth sangat berguna saat menghubungkan ke berbagai hal. Untuk menghemat daya, sebaiknya matikan satu atau beberapa sumber daya saat tidak digunakan.

Selain itu, NFC, visibilitas seluler, layanan lokasi, dan Google Voice Assistant harus dimatikan saat tidak digunakan. Mode pesawat memungkinkan Anda untuk mematikan semua koneksi secara otomatis. Ini adalah cara mudah untuk membuat ponsel Anda bertahan selama mungkin.

6. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Sebagian besar ponsel cerdas Android hadir dengan mode hemat baterai yang dapat Anda aktifkan dengan mudah untuk menonaktifkan opsi tertentu. Ini biasanya mematikan teknik tampilan mencolok dan mengurangi proses latar belakang.

Beberapa ponsel memiliki mode hemat baterai super yang berubah menjadi ponsel “bata” dengan fitur yang hampir lama dengan mengurangi panggilan dan teks. Cara ini memang sedikit ekstrim, namun bisa memperpanjang daya HP kamu.

7. Gunakan Aplikasi Lite

Beberapa aplikasi paling populer yang menggunakan aplikasi lite adalah versi Lite atau Go (aplikasi Google dan Facebook adalah beberapa contoh yang paling populer). Aplikasi ini dibuat untuk orang-orang dengan ponsel lemah yang tidak dapat menangani aplikasi besar.

Salah satu efek samping dari aplikasi ringan ini adalah penggunaan baterai yang jauh lebih sedikit. Oleh karena itu, menggunakannya di beberapa atau semua media sosial atau aplikasi yang terhubung dapat menghemat banyak daya.

Aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan. Dalam banyak kasus, lambat digunakan dan tidak bertenaga, tetapi sebagai gantinya menghemat daya baterai.

8. Mematikan Trik Tampilan

Smartphone Always-on Display telah ada selama bertahun-tahun. Beberapa kompleks dan beberapa cukup mendasar. Namun, apa pun yang Anda lihat di layar selalu aktif, itu menghabiskan banyak daya baterai.

Baca Juga:  Begini Cara Login Snack Video Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Jika Anda ingin ponsel cerdas Anda bertahan selama mungkin, matikan. Beberapa ponsel memiliki wallpaper animasi bergerak yang dapat berupa pola atau video. Mengubah wallpaper menjadi gambar diam akan membuat ponsel Anda bertahan lebih lama.

Mengutip PCMag 6 Desember 2020, jika Anda perlu membuat banyak warna berbeda, Anda perlu membatasinya ke latar belakang yang kurang berwarna karena tampilan menghabiskan lebih banyak energi. Jika Anda memiliki layar OLED, hitam lebih baik.

9. Menutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Masih dari PCMag, pengembang aplikasi berusaha keras untuk membuat aplikasi mereka berjalan seefisien mungkin. Namun, banyak yang terus berjalan di latar belakang, bahkan saat tidak digunakan.

Tentu saja, ini menghabiskan data dan daya baterai dari waktu ke waktu. Anda dapat mengelola aplikasi di pengaturan ponsel Anda.

Di bagian Aplikasi Pengaturan, Anda dapat memilih aplikasi individual dan kemudian mengizinkan atau menonaktifkan aktivitas latar belakang dan mengoptimalkan penggunaan baterai.

Ingatlah bahwa aplikasi tidur dan tidur nyenyak tidak menerima pembaruan kecuali sedang digunakan dan mungkin perlu diperbarui secara manual. Sebaiknya periksa aplikasi yang menguras baterai Anda secara teratur.

10. Mengotomatiskan proses

Jika Anda kesulitan mengingat, layanan seperti If This Then That (IFTTT) mendukung alur kerja otomatis yang membantu memperpanjang masa pakai baterai. Gunakan IFTTT untuk mematikan layanan seperti Wi-Fi dan Bluetooth berdasarkan lokasi Anda saat ini, atau menonaktifkan layanan tertentu saat baterai turun ke persentase tertentu.

Lainnya adalah aplikasi Greenify, yang memungkinkan Anda untuk menganalisis aplikasi di ponsel Anda dan mengidentifikasi aplikasi mana yang cenderung menghabiskan masa pakai baterai.

Kemudian atur aplikasi tidak aktif yang tampaknya mengalami masalah hibernasi agar baterai ponsel berjalan semulus saat Anda mendapatkan perangkat.