cara memperbaiki pemantik kompor gas
Gambar: instagram

Cara Ampuh Memperbaiki Pemantik Kompor Gas Yang Tidak Menyala

Permasalahan pada pemantik kompor gas
Gambar: instagram

Pemantik api di kompor gas, fungsi pemantik kompor gas adalah memberikan lecutan listrik yang akhirnya begitu menyentuh atau mengenai pipa saluran gas pemantik akan berubah menjadi api.

Pemantik manual yang banyak digunakan oleh beberapa kompor gas merk ternama yang harganya menengah ke bawah, seperti rinnai, miyako, hock, sanken, dan lain lain. Pemantik akan gampang sekali ditemukan atau dilihat dibeberapa kompor dengan cara mengangkat bagian tungku besi atau penyangga, hanya saja yang kelihatan adalah cuma bagiandd ari ujung pemantik, tapi kalau kalian ingin melihat keseluruhan pemantik, paling gampang adalah kalian balikkan kompor gasnya dan akan kelihatan pemantiknya, dan yang dibelakangnya adakabel yng terhbung ke pemantik yg mnjadi satu dgn pmantik tsb.

Permasalahan pada pemantik kompor gas

Permasalahan ini biasanya akan menyebabkan kompor kalian akan susah sekali menyala, walaupun kalian putar knopnya beberapa kali tetap kompor tersebut susah menyala, atau mungkin yang lebih parahnya tidak menyala. Walaupun sebenarnya penyebab kompor gas susah menyala, belum tentu juga disebabkan oleh pemantik, tapi biasanya kesulitan menyalakan kompor gas, lebih dari 50% disebabkan oleh pemantik. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah pemantik yang ada di kompor kita bermasalah, sehingga menyebabkan kompor sulit menyala. Berikut adalah tipsnya:

👉TRENDING:   SaveFrom Tiktok Snaptik, Download Video Tiktok Tanpa Watermark Terbaru

Hubungkan regulator gas ke tabung lalu kalian kunci, biar gasnya mengalir setelah itu kalian putar sedikit saja knop yang ada di kompor gas, saat kalian mendengar bunyi seperti mendesis Itu adalah tanda bahwa komponen-komponen yang lain, yang ada di sebelum pemantik, berada dalam kondisi bagus.

Jadi kalau kalian lanjutkan memutar knop sampai berbunyi “tek” maka akan kelihatan kalau pemantik tersebut rusak atau tidak. Hanya ada 3 kemungkinan jika kalian lanjutkan memutar knop yang ada di kompor gas.

  1. Kalau pemantiknya bagus, jika kalian hubungkan regulator gas ke tabung, maka hanya dengan sekali putar knopnya api akan langsung menyala, atau jika kalian lepas regulator dari tabung gas lalu kalian lihat maka begitu sekali putar akan ada percikan listrik yang keluar dari pemantik dan menyentuh pipa pemantik gas.
  2. Pemantik yang sedikit bermasalah, kalau kalian hubungkan regulator kompor ke tabung gas, maka begitu kalian putar beberapa kali knopnya, maka kompor akan susah menyala, atau pada saat kalian lepas regulator kompor dari tabungnya jika kalian juga perhatikan maka percikan listrik yang keluar dari pemantik itu biasanya tidak stabil, ini yang menyebabkan kompor susah menyala.
  3. Kondisi ketika pemantik itu rusak berat, kalau seperti ini, walaupun kalian putar knop beberapa kali kompor tidak akan menyala, pada saat kalian hubungkan regulator kompor ke tabung gas atau pada saat kalian lepas regulator kompor, jika kalian perhatikan, maka tidak ada percikan listrik yang keluar dari pemantik.
👉TRENDING:   Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah

Lalu sekarang bagaimana cara untuk memperbaiki permasalahan yang ada di pemantik?

Cara memperbaiki pemantik kompor gas yang rusak

Cara memperbaiki pemantik kompor gas yang rusak
Gambar: instagram
Untuk kompor gas yang susah dinyalakan, kompor gas yang susah menyala biasanya kerusakan di pemantiknya adalah kotor, kotor karena mungkin tumpahan masakan atau sedikit berkarat. Cara untuk memperbakinya pertama kita siapkan pisau kecil yang tajam atau kertas ampelas, angkat besi tungku yang ada di kompor gas lalu bersihkan bagian ujung dari pemantik dengan kertas ampelas atau dengan menggunakan pisau kecil yang tajam, kemungkin ada kerak yang menempel, jika basah pemantiknya keringkan dgn majun atau tisu.
  1. Jika dirasa sudah bersih silahkan dicoba terlebih dahulu, tapi dgn kondisiregulator jangan dipasang ketabung gas, kemudian putar, jika dengan sekali putar knop kompor gasnya muncul percikan listrik yang besar, berarti permasalahan sudah selesai.
  2. Jika percikan listrik yang keluar dari pemantik masih kecil, kalian lanjutkan ketahap berikutnya, yaitu kalian balik komporgasnya sampai kalian dapat lihat keseluruhan pemantiknya, selanjutnya dapat kalian periksa kabel yg terhbung dgn belakang pmantik, kabelnya bisa bermsalah.
  3. Kalau komporgas kalian usianya di atas 2 tahun, kabel ini mungkin akan longgar ataupun mungkin cengkraman pda ujungpemantik belakang sudah tidak kuat, Caranya utk memprbaikinya yakni pertama kalian potongdikit ujungnya dari kabel pemantik, lalu sambungkan kembali, kalau kabel tersebut sudah terbakar, kalian bisa ganti kabel tersebut dengan yang baru. Kalian pilih kabel yang isinya banyak serabutnya dan cukup besar, sehingga akan lebih tahan terhadap panas.
👉TRENDING:   15 Aplikasi Samsung Smart TV Terbaik, Yang Harus Dimiliki
Api keluar dari pemantik kompor gas