11 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terbaca

11 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terbaca

11 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terbaca Mouse wireless yang tidak terbaca di pc ataupun laptop dapat saja disebabkan oleh beberapa hal. Mouse wireless yang tidak terbaca di pc ataupun laptop saat mau digunkaan ini diakibatkan oleh beberapa pemicu.

Bisa jadi faktornya nampak sederhana serta simpel, tetapi efeknya dapat menimbulkan mouse wireless kamu jadi tidak bisa berperan dengan wajar. Berikut ini Portalekonomi.com akan membahas 11 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terbaca.

Disaat ini pengunaan mouse wireless telah semakin banyak dipakai oleh publik. Alasannya mouse wireless merupakan salah satu tipe mouse pc yang memberikan keleluasaan pada konsumennya buat mengklik serta melaksanakan scroll tanpa tersendat oleh kabel yang tergulung ataupun berhamburan.

Baca Juga: Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Tanpa Kehilangan Data

Walaupun efisien, harga mouse tipe wireless ini umumnya lebih mahal dari mouse normal yang memakai kabel. Tetapi perihal itu tidak kurangi atensi publik buat membeli mouse wireless.

Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Tidak Terbaca
Gambar: istockophoto.com

Fungsi dari mouse wireless sama perihalnya dengan fungsi mouse yang memakai kabel. Perbandingan antara mouse normal serta mouse wireless merupakan fitur yang berperan selaku receiver serta transmiternya. Transmiternya merupakan mouse itu sendiri sebaliknya receivernya merupakan dongle yang dihubungkan ke port USB pc ataupun laptop.

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak !

Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Tidak Terbaca-2
Gambar: istockphoto.com

Prinsip fungsi mouse tipe wireless yakni kala mouse wireless digerakan, pemeriksaan didalamnya hendak bertugas serta mengirimkan tanda ke dongle yang sudah dihubungkan di port USB pc ataupun laptop kamu. Tanda akan dikirimkan selaku perintah masukan, berbentuk koordinat dari pointer mouse yang berikutnya akan diperlihatkan pada layar laptop ataupun pc.

Baca Juga:  Macam Macam Jenis Mouse Berdasarkan Jenisnya dari Tahun ke Tahun

Baca Juga: Lakukan 10 Cara Ini Untuk Memperbaiki Keyboard Yang Rusak

Kemudian, pada suatu saat mampu saja mouse wireless yang kalian gunakan seketika tidak ditemukan. Walaupun dongle sudah dihubungkan ke port USB. Lalu gimana cara memperbaiki mouse wireless yang tidak terbaca di laptop ataupun pc? Ikuti pembahasannya berikut ini

1. Baterai habis

Pemicu mouse tidak ditemukan yang sangat mudah diduga merupakan batrainya habis. Mouse wireless bertugas dengan memakai energi baterai. Tetapi sering- kali konsumen tidak mengetahui kalau baterai di dalam mouse wireless telah habis.

2. Driver mouse wireless belum terinstal dengan baik

Salah satu perihal yang jadi pemicu mouse wireless tidak ditemukan dapat adi disebabkan drivernya yang belum terinstal dengan bagus. Dapat terjadi hal itu disebabkan port USBnya yang rusak, ataupun kala cara installasi driver, laptop yang kalian gunakan pernah bermasalah.

Baca Juga:Windows 11 Sudah Rilis, Apa Aja Perbedaanya Dengan Windows 10? Fitur Apa Saja Yang Di Hilangkan?

3. Nyalakan Mouse Wireless

jelas saja, sebelum kalian menggunkan mouse wireles, perihal awal yang wajib kalian jalani merupakan menyalakannya terlebih dulu. Umumnya pada mouse wireless ada selector on atau off ataupun tombol power. Yang jelas, sebelum kalian memakai mouse wireless nyalakan terlebih dulu mousenya supaya ditemukan oleh laptop ataupun pc kamu.

4. Ganti Baterai

Bila masalanya cuma sebab baterai pada mouse telah habis, hingga kalian cuma butuh menggantinya dengan baterai yang anyar. Bila kalian mengubahnya dengan batrai yang sisa ataupun yang telah di jemur di bawah terik mata hari itu tidak bakal membantu. Alasannya batrai- batrai itu umumnya telah mempunyai angka tegangan yang kecil.

Baca Juga:  Jenis File Dan Ekstensi Pada Laptop Dan Komputer

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Gaming Dell Alienware M-Series

Melainkan mouse wireless yang kalian gunakan bisa mengunakan baterai yang bisa di isi ulang. Itu maksudnya kalian tingal memasukkan ulang saja baterai itu sampai penuh. Tetapi, mayoritas mouse wirelees yang tersebar dikala ini lebih banyak yang memakai baterai lazim yang cuma sekali gunakan saja.

5. Mouse wireless yang kalian maanfaatkan belum dinyalakan

Penyebab yang satu ini sepintas kelihatan konyol, tetapi sebab publik telah terbiasa memakai mouse biasa yang memakai kabel, dimana dikala laptop dihidupkan mouse telah sedia dipakai.

Sebaliknya bila memakai mouse wireless kalian wajib menghidupkan mousenya terlebih dulu saat sebelum memakainya. Tidak aktifnya mouse wireless dapat jadi merupakan pemicu mouse wireless kalian tidak ditemukan.

Baca Juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Ms Word

6. Receiver sinyal mouse rusak

Permasalahan yang sangat banyak terjalin merupakan sebab penerima sinyal dari mouse wireless itu rusak. Dalam sebagian permasalahan, receiver yang dipunyai oleh mouse itu memanglah kualitasnya tidak baik.

7. Lepas pasang dongle

Bila batrai mouse wireless kalian telah ditukar, tetapi mouse wireless sedang tidak ditemukan hingga kalian dapat berusaha buat melepas dongle ataupun penerimaan sinyal dari mouse wireless. Kemudian sesudah beberapa saat, kalian dapat kembali memangkan dongle itu ke port USB di laptop ataupun pc.

Baca Juga: Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan PC Atau Laptop Yang Lambat

Metode ini umumnya sukses pada fitur yang seketika hilang komunikasi, termasuk buat fitur pc mengunakan kabel atau tidak.

8. Kualitas mouse wireless tidak bagus

Bisa jadi mutu mouse wireless yang kalian beli kurang baik. Itulah kenapa mouse wireless yang kalian gunakan seketika tidak terdeteksi pada pc ataupun laptop.

Lalu gimana cara memperbaiki mouse wireless yang tidak ditemukan? Berikut triknya!

9. Instal ulang driver

Apabila ternyata permasalahan utamanya pada driver mouse wireless yang digunkan, ternyata tidak terinstal dengan bagus. Hingga kalian dapat menginstalnya kembali. Caranya yakni sebagai berikut.

Baca Juga:  Cara Print Screen di Laptop Tanpa Aplikasi

Baca Juga: Laptop Gaming Dell Alienware dan Seri G Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 16,5 Jutaan

Hubungkan dongle mouse wirelesskamu ke Port USB laptop ataupun pc.

Setelah itu, buka start menu.

Klik kanan pada my computer

Pilih properties, pada kolom yang muncul pilih Device manager.

Selanjutnya hendak timbul jendela device manager. Pada jendela itu, cek pada bagian Universal Serial Bus Controller.

Jika tidak berarti mouse wireless kalian telah ditemukan. Bila tanggapannya iya, itu maksudnya driver USB ataupun driver wireless kalian bermasalah.

Baca Juga: Gini Cara Backup dan Restore Windows 10, Sebelum Update ke Windows 11

Untuk membenarkannya, instal ulang driver USB pada pc ataupun laptop kalian dan instal ulang driver mouse wireless. Umumnya sesudah menerapkan tahap ini, mouse wireless bakal kembali terdeteksi.

10. Beli mouse wireless yang baru

Bila seluruh metode diatas sudah dicoba, serta mouse wireless yang kalian punya sedang belum ditemukan di laptop ataupun pc. Sehingga mau tidak mau, kalian wajib mengubah mouse wireless dengan mouse yang terkini. Lebih bagus bila kalian membeli mouse wireless yang memilki fitur yang lebih bagus dibanding mouse wireless tadinya.

Baca Juga: Cara Install Windows 11 Lengkap dengan Link Download-nya

Solusi untuk menghindari mouse wireless yang tidak terbaca

  1. Simpanlah mouse wireless dengan bagus.
  2. Maanfaatkan mouse wireless dengan hati- hati serta pastikan untuk mengubah baterai mouse wireless secara teratur. situasi itu merupakan cara menjaga mouse wireless supaya kalian tidak cepat hadapi kerusakan ataupun permasalahan berarti yang amat kerapkali terjadi merupakan tidak ditemukan pada laptop serta pc.

Nah, seperti itu cara mengatasi mouse wireless yang tidak terbaca di pc ataupun di laptop.