Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca Di HP Android

Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca — Semakin hari smartphone jadi terus menjadi canggih. Ini terbukti dengan fitur buat memindahkan informasi lewat flashdisk ke handphone serta kebalikannya lewat USB OTG yang ialah kepanjangan dari On- The- Go. Ini merupakan teknologi terkini yang membolehkan kita dapat membaca dan membuka file dari flashdisk di handphone dengan converter USB yang bernama OTG. Sebab masih termasuk anyar, teknologi ini tengah sering bermasalah salah satunya merupakan USB OTG tidak terbaca di HP Android.

Kenapa usb tidak terbaca di hp? Fitur USB OTG ini bisa dinikmati oleh para pemakai smartphone Android mulai dari tipe Kitkat, Lolipop, Marsmallo, Nougat, Oreo, Pie ataupun diatasnya. Tidak cuma itu saja, masih terdapat ketentuan yang lain, ialah smarphone yang dipakai wajib sudah mensupport USB 2 0 On- The- Go. Bila tidak penuhi keduanya, hingga ponselmu telah dapat ditentukan tidak hendak dapat menikmati fitur memindahkan file lewat flashdisk itu.

Tetapi yang jelas, permasalahan dan Cara mengatasi USB OTG tidak terbacadi HP Android ini dapat terjadi pada merek apa saja tidak tahu itu Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, Asus, Infinix serta lain serupanya. Kebanyakan pemakai beranggapan kalau permasalahan ini terdapat pada flashdisk. Tetapi kenyataannya terdapat banyak sekali aspek pemicu yang bisa membuat OTG tidak berfungsi. Akhirnya konsumen tidak dapat membaca file yang terdapat didalam flashdisk ataupun memindahkan file dari serta ke flashdisk itu sendiri.

Baca Juga: Bluetooth Speaker Tidak Bisa Connect? Gini Cara Memperbaikinya

Penyebab USB OTG tidak terbaca

Penyebab Kasus USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android
Photo: istockphoto.com

Suatu permasalahan yang terjadi pada ponsel pintar tentu mempunyai aspek pemicu. Sedemikian itu pula dengan permasalahan USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android yang diakibatkan oleh bermacam berbagai aspek. Mengenali pemicu permasalahan hendak membuat kalian lebih gampang dalam memastikan tahap buat membenarkannya. Umumnya tidak terdeteksinya USB OTG kala dicolokkan flashdisk diakibatkan oleh sebagian perihal selanjutnya ini.

  1. Kabel OTG yang mengalamai kerusakan.
  2. Interface USB ataupun OTG yang bermasalah.
  3. Flashdisk yang telah tidak berfungsi.
  4. Terdapat aplikasi pada handphone yang mengalami bug.
  5. Tipe Android yang belum dapat mensupport OTG.
  6. Merek falshdisk tertentu yang tidak dapat dibaca.
  7. Handphone yang belum dilengkapi fitur USB OTG.
Baca Juga:  Penyebab Mainboard Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya

Cara Memperbaiki Flashdisk tidak terbaca di HP

USB OTG tidak berfungsi memanglah lumayan membebani serta membuat tidak aman terlebih bila kita terdapat kebutuhan memindahkan file lewat flashdisk. Bila kita dikala ini lagi hadapi permasalahan USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android hendaknya lakukan sebagian tahap buat membenarkannya kayak berikut ini.

Baca Juga: WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

Cek kabel USB OTG

Tahap awal buat menanggulangi permasalahan USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android merupakan dengan mengecek kabel OTG itu. Sebab kecil dan rawan putus, umumnya kabel ini kerap bermasalah bila tidak sengaja tertarik ataupun tergulung. Metode sangat gampang buat meninjaunya merupakan dengan menjajalnya di handphone lain.

Dapat kepunyaan kerabat, kawan ataupun keluargamu. Bila di sebagian handphone tidak dapat, maksudnya ada permasalahan pada kabelnya. Hendaknya, kala beli USB OTG janganlah yang gunakan kabel supaya lebih awet kala dipakai.

 Kemungkinan Interface OTG rusak

Tidak hanya kabelnya yang rusak mungkin lain permasalahan USB OTG atau flashdisk tidak terbaca di hp terdapat pada interface OTG itu sendiri yang hadapi kerusakan. Apa itu interface, merupakan bagian colokan dari OTG yang dimasukkan ke dalam USB handphone. Bagian interface pada OTG sendiri juga dapat bermasalah tetapi permasalahan ini tidak sering sekali terjalin. Permasalahan ini legal untuk konsumen OTG tanpa kabel. Metode mengetahuinya sepadan, ialah dengan menjajalnya di smartphone lain yang jenis USB- nya serupa. Bila tidak dapat, hingga terdapat permasalahan pada interface- nya.

Cek Flashdisk melalui PC

Bila USB OTG yang kalian gunakan masih normal. Berarti permasalahan USB tidak terbaca di hp ini terdapat pada flashdisk. Kalian dapat lihat kesehatan flashdisk melalui Komputer tidak tahu itu laptop ataupun pc yang kalian punya. Coba lihat flashdisk kalian terbaca oleh Komputer ataupun tidak. Tidak hanya itu cek pula apakah bentuk flashdisk itu telah standar( FAT ataupun FAT32). Sering- kali, flashdisk dengan bentuk NTFS membuat handphone tidak dapat membaca serta mendeteksinya.

Baca Juga:  SSSTikTok, Download MP3 dan Video TikTok Tanpa Watermark

Coba buat Restart HP

Bila umumnya kala kalian mecolokkan flashdisk ke handphone langsung terbaca, tetapi seketika kali ini flashdisk tidak kunjung ditemukan oleh sistem Android. Hingga cobalah buat melaksanakan restart pada handphone terlebih dulu. Reboot bakal membuat sistem pembedahan jadi segar alhasil seluruh gunanya jadi wajar kembali. Sebagian crash pada sistem ikut menimbulkan perangkat keras yang terpasang tidak bisa dideteksi oleh handphone. Metode ini kadangkala dapat jadi pemecahan permasalahan USB OTG tidak terdeteksi di android

LANJUT MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH INI

Ganti menggunakan Flashdisk lain

Terakhir, kalian dapat mengubah flashdisk yang bermasalah itu dengan flashdisk lain yang masih normal. Kalian pula dapat berupaya gunakan flashdisk merek lain sebab sebagian merek flashdisk khusus memanglah tidak bisa dibaca oleh sistem Android. Perihal ini diakibatkan oleh merek flashdisk itu memanglah kernelnya tidak mensupport bila dipakai pada interface OTG alhasil USB OTG tidak terdeteksi di android. Kalian sanggam flashdisk kepunyaan sahabat, kawan, keluarga ataupun saudaramu buat menjajalnya.

Cara memperbaiki USB OTG tidak terbaca di System Android

Bila kalian mengalami permasalahan USB OTG ditemukan tetapi tidak terbaca oleh sistem Android, hingga kalian menginginkan penyelesaian yang berlainan. Umumnya permasalahan ini diakibatkan oleh trouble pada aplikasi yang wajib sedikit kita perbaiki. Selanjutnya ini merupakan metode yang dapat kalian jalani buat menanggulangi permasalahan USB OTG tidak terbaca walaupun terdapatnya fitur masuk telah ditemukan oleh sistem.

OTG Troubleshooter

Buat menanggulangi permasalahan USB OTG tidak ditemukan oleh sistem Android disini kalian menginginkan dorongan suatu fitur lunak ataupun aplikasi bernama OTG Troubleshooter. Dengan dorongan aplikasi ini kalian bisa menerapkan deteksi apakah device yang kalian gunakan telah mensupport OTG ataupun belum sekalian dapat mengetahui apakah interface ataupun kabel OTG bermasalah ataupun tidak. Sering- kali kerusakan pada interface informasi membuat flashdisk ditemukan masuk tetapi informasi tidak dapat dibaca.

Baca Juga:  Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, dan FixedSys

Baca Juga: Tips Aman Belanja di Shopee, Agar Tidak Tertipu dan Gratis Ongkir

Format Flashdisk

Kala flashdisk kalian seketika tidak terbaca oleh handphone, kalian dapat menanggulangi permasalahan USB OTG tidak terdeteksi ini dengan melaksanakan format ulang pada flashdisk. Tetapi sebelumnya kalian wajib melaksanakan back up informasi terlebih dulu supaya tidak hilang. Kalian dapat melaksanakan bentuk ini lewat laptop ataupun pc. Metode buat bentuk flashdisk lumayan gampang. Silahkan ikuti langkah- langkahnya selanjutnya ini.

Tahap awal silahkan hubungkan flashdisk ke Komputer terlebih dulu. Pastikan flashdisk telah ditemukan Komputer. Sehabis itu buka file explorer, setelah itu klik kanan pada flashdisk mu. Amati bagian dasar kemudian seleksi Format. Hingga hendak muncul bentuk jendela terkini. Pada bagian File system, silahkan kalian pilih FAT32 (Default). Centang bagian Quick format. Kemudian klik Start. Menunggu prosesnya sampai berakhir hingga flashdisk telah terformat.

Itulah beberapa uraian hal pemicu serta metode menanggulangi USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android. Dengan cara garis besar permasalahan ini diakibatkan oleh 2 aspek ialah perangkat keras serta aplikasi. Bila yang rusak bagian hardware, kalian butuh membeli converter USB OTG terkini. Tetapi bila yang bermasalah sistemnya, hingga kalian dapat melaksanakan sedikit koreksi dengan mempraktikkan sebagian tahap diatas. Mudah-mudahan berguna.

Baca Juga Kumpulan Tips Yang Lain