Penyebab Mainboard Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Mainboard Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Mainboard Laptop Rusak dan Cara Pencegahanya — Masalah mainboard laptop rusak merupakan suatu momok yang menyeramkan. Bukan cuma karna bisa mematikan perangkat keras lain, tetapi pula biaya buat membenarkannya amat mahal. Buat biaya mengubah suatu mainboard laptop saja dapat menggapai 1 juta sampai 2 jutaan rupiah. Ya, biayanya nyaris setengah harga laptop terkini. Oleh sebab itu, banyak konsumen yang lebih mempunyai membeli laptop terkini dibanding mengubah maindboard yang telah rusak.

Penyebab Mainboard Laptop Rusak

Penyebab Mainboard Laptop Rusak
Photo: istockphoto.com

Berbicara hal mainboard laptop rusak, tentu bakal terdapat banyak aspek yang dapat jadi faktornya. Semacam halnya permasalahan lain pada perangkat keras, sering- kali kita tidak sadar kalau keadaan yang dicoba pada saat beraktifitas memakai laptop bisa mematikan semua bagian didalamnya termasuk mainboard. Akibatnya biasanya bakal terasa sesudah beberapa saat setelah itu. Kemudian apa saja pemicu kerusakan mainboard pada laptop? Ikuti uraiannya selanjutnya ini.

Arus Listrik yang Tidak Stabil

Pemicu mainboard laptop cacat yang awal merupakan terdapatnya supplay arus listrik yang masuk tidak normal. Umumnya ini terjalin kala tekanan listrik lagi naik turun. Akibat dari arus listrik yang tidak normal ini bakal terasa secara akumulasi sesudah beberapa kali. Sebab tekanan listrik kadangkala besar serta kadangkala kecil, hingga mainboard hendak bertugas lebih ekstra keras. Arus listrik yang tidak normal dapat diisyarati dengan lampu di rumah yang seketika gelap serta jelas lagi.

Baca Juga:  Arti Wiiwy Tiktok Itu Apa? Ini Dia Arti Sebenarnya

Terjadi Konsleting di Mainboard

Konsleting pada mainboard merupakan perihal yang bisa jadi terjadi. Malahan situasi ini kadangkala tidak sempat kita duga. Dalam kondisi yang gawat, konsleting pada mainboard dapat menimbulkan percikan api sampai membakar laptop. Konsleting didalam mainboard terjadi sebab hubungan pendek arus bagian didalamnya, ataupun juga dapat terjadi efek kelembaban yang diakibatkan oleh air yang masuk kedalam. Tetapi konsleting jadi pemicu mainboard laptop rusak yang tidak sering terjalin.

Sering Memakai Laptop tanpa Baterai

Salah satu kebiasaan unik pemakai laptop merupakan memanfaatkannya tanpa baterai. Seperti yang kita ketahui kalau tanpa terdapatnya baterai juga laptop bisa menyala andaikan terdapat gerakan listrik dari charger. Umumnya konsumen melakukan perihal ini dengan alibi supaya baterai abadi. Tetapi metode ini malah mengakibatkan permasalahan baru. Bila seketika arus listrik berhenti sebab mati listrik ataupun charger terbebas, hingga laptop bakal mati seketika. Perihal ini dapat jadi pemicu mainboard laptop rusak sebab arus listrik mati dikala lagi bekerja.

Memakai Charger yang tidak Original

Untuk kalian yang disaat ini menggunakan charger KW ataupun charger yang tidak original, bersiap- siaplah sebab ancaman lagi menantimu. Charger yang tidak original bisa jadi pemicu mainboard laptop cacat sebab arus yang diperoleh tidak normal. Perihal ini diakibatkan sebab bagian yang berperan buat menyetabilkan arus listrik dihilangkan supaya mengirit bayaran produksi. Sebab arus listrik yang mengalir tidak normal, hingga mainboard hendak bekerja keras buat membiasakan diri. Akhirnya lama- kelamaan bakal bermasalah.

Rusaknya Komponen Sirkuit Mainboard

Sama perihalnya semacam bagian listrik lain, mainboard ialah suatu papan sirkuit yang terdiri dari bermacam berbagai bagian semacam IC, resistor, kapasitor serta lain- lain. Bila salah satu bagian yang menata itu rusak, hingga bisa jadi pemicu mainboard laptop cacat sampai tidak dapat hidup serta bertugas dengan cara wajar. Bagian yang sangat kerap cacat merupakan IC yang jadi kontroler buat melaksanakan guna mainboard itu sendiri.

Baca Juga:  Lupa Kata Sandi FB dan Nomor Tidak Aktif? Begini Cara Membukanya

Laptop yang Mengalami Overheat

Overheat ataupun temperatur panas yang kelewatan pada laptop senantiasa memunculkan permasalahan dalam bagian apapun tidak lain mainboard. Overheat umumnya terjadi sebab pemakaian yang kelewatan ataupun melaksanakan sesuatu aplikasi diluar batasan keahlian dari detail laptop itu sendiri. Akhirnya, laptop wajib bertugas lebih keras buat melaksanakan seluruh perangkat keras. Sesudah beberapa lama, situasi ini dapat jadi pemicu mainboard laptop rusak dengan cara permanen.

Umur Mainboard Sudah Tua

Pemicu mainboard laptop rusak yang terakhir merupakan umur. Bagaimanapun pula, mainboard merupakan suatu perlengkapan elektronik yang memiliki masa daya tahan dalam waktu durasi khusus. Umur laptop yang telah umumnya bakal rentan pada kerusakan mainboard. Suatu laptop dapat dikategorikan dalam usia yang berumur bila telah dipakai dalam kurun durasi lebih dari 5 tahun. Sebab termakan umur, jadi wajar bila mainboard mengalami kerusakan. Tidak cuma mainbaord, perangkat keras lain pula bakal rusak bila telah berumur.

Cara mencegah Mainboard dari kerusakan

Cara mencegah Mainboard dari kerusakan
Photo: istockphoto.com

Suatu kerusakan pada fitur laptop sesungguhnya bisa dijauhi dengan menghindari keadaan yang bisa menimbulkan permasalahan itu sebndiri. Begitu pula dengan mainboard pada laptop yang bisa kalian jauhkan dari kerusakan. Dengan menghindari kerusakan hingga umur mainboard hendak jadi lebih jauh dan masa pemakaian jadi lebih lama. Sebagian hal yang dapat kalian jalani buat menghindari keruksakan pada mainboard laptop merupakan seperti berikut ini.

  1. Janganlah memakai laptop kala arus listrik lagi tidak normal. Umumnya diisyarati dengan lampu rumah yang terang- redup.
  2. Letakkan laptop ditempat yang kering dan terpelihara kelembabannya. Jauhkan pula meletakkan laptop didekat cairan.
  3. Senantiasa maanfaatkan charger original. Bila rusak, janganlah sempat membeli charger laptop yang KW ataupun replika sebab tidak standar.
  4. Maanfaatkan laptop dalam batasan yang wajar. Bila konsumsi lebih dari 5 jam, matikan dahulu laptop minimun sepanjang 1 jam penuh.
  5. Jalani pembersihan pada mainboard dari debu serta kotoran dengan cara teratur. Dapat pula kalian membawa ke juru jasa buat maintenance.
Baca Juga:  8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak (Tidak Berfungsi)

Seperti itu sebagian penjelasan hal pemicu mainboard laptop rusak lengkap dengan metode mencegahnya pula. Untuk kalian yang telah hadapi peristiwa ini, jadikanlah selaku pelajaran dan hindari bermacam perihal yang mungkin dapat jadi pemicu kerusakan mainboard. Untuk kalian yang belum mengalami, jadikanlah uraian diatas selaku referensi buat berjaga- jaga dalam memakai laptop sebab bila hingga mainboard rusak, alkisah kalian bakal mengalami banyak kerugian.

Baca Juga Kumpulan info Pc & Laptop Yang Lain