Arti Wipe Data dan Bagaimana Cara Melakukanya

Arti Wipe Data dan Bagaimana Cara Melakukanya

Arti Wipe Data dan Bagaimana Cara Melakukanya – Apakah Wipe data merupakan Factory Reset? Bisa jadi memanglah betul, karena tujuan keduanya merupakan bersama menghilangkan data yang tersimpan pada handphone. Tapai gimana bila kita mengatakan Wipe data sebagai suatu cara ataupun kata kerja saja?

Apa Itu Wipe data Pada Android?

Arti Wipe Data dan Bagaimana Cara Melakukanya

Wipe, berawal dari Bahasa Inggris maksudnya menghilangkan. Sedangkan data merupakan keadaan yang terdapat di handphone Kamu, yang mencakup beraneka ragam data yang tersimpan dalam fitur.

Jadi dapat kita simpulkan pada saatu maksud Wipe data Merupakan cara menghilangkan semua data pada fitur Android hingga tidak tersisa.

Buat melakukan Wipe data, banyak orang menggunakan fitur Factory Reset, ataupun mengembalikan handphone kembali ke pengaturan pabrik. Kehadiran Fatory Reset amat membantu kita menghilangkan seluruh data pada handphone cuma dalam sekali klik.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Sebab data yang dihapus ini tidak satu 2 data saja, tetapi semua data yang tersimpan dalam handphone, jadi kehadiran Factory Reset amatlah membantu.

Wipe data digunakan pada saat seorang akan menjual ataupun membagikan handphone itu pada orang lain. Alhasil, data-data yang tersimpan di handphone tidak dikenal orang lain yang menggenggam handphone lama Kamu itu.

Hingga di mari, mengerti dengan Wipe data serta hubungannya antara Factory Reset?

Baca Juga: Ini Dia 5 Handphone Mirip iPhone Yang Harga Dibawah 1 Juta

Kekurangan Wipe data dengan Factory Reset

Apakah Factory Reset merupakan fitur yang sempurna? Jawabanya tidak. Sayangnya, Factory Reset tidak seluruhnya dapat menghilangkan data, Factory Reset hanya membuat data-data di HP tidak nampak oleh pengguna. atau tidak terhapus sampai ke akanrnya

Banyak yang tidak mengetahui kekurangan ini. Mereka menyangka seluruh data telah bersih, sementara itu bila diotak-atik di tangan orang yang paham teknologi dengan dibantu tool khusus, data-data itu dapat muncul lagi.

Terlebih bila perangkat keras yang digunakan handphone itu lelet, cara Wipe data ataupun penghapusan data dapat gampang dikembalikan lagi seperti awal.

Baca Juga:  Rekomendasi Kamera Smartphone Dengan Resolusi Tajam Terbaik!

Kemudian bila semacam ini terdapatnya, apa yang wajib kita lakukan? Apakah ada cara terbaik melakukan Wipe data pada Android? Apakah ada cara lain melakukan Wipe data tidak hanya menggunakan fitur Factory Reset ataupun membuat fitur Factory Reset lebih bekerja maksimal?

Jawabanya ialah ada.

Cara aman melakukan Wipe data buat menyempurnakan Factory Reset

Sebenernya, tidak ada cara jitu yang betul-betul akan menghilangkan semua data di handphone Kamu. Tetapi kedua cara ini setidaknya dapat membantu melindungi data pribadi Kamu tetap aman.

Enkripsi Handphone Anda

Buat melakukan enkripsi handphone, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih ‘Security’
  • Scroll handphone Kamu ke bawah serta cari menu ‘Encrypt Phone’ ataupun Enkripsi Ponsel
  • Setelah itu lakukan Factory Reset
  • Selesai.

Caranya kira-kira berbeda-beda terkait merek handphone Kamu, tetapi intinya begitu.

Dengan mengenkripsi handphone, Kamu membuat data-data yang tidak seluruhnya terhapus pada handphone jadi acak-acakkan. Dengan buatnya acak-acakkan, orang jahat yang mau memgotak-atik data-data itu juga jadi kesulitan.

Baca Juga:  6+ Spesifikasi Realme C53: HP 2 Jutaan dengan Desain Elegan dan Performa Tangguh

Memenuhi HP dengan Sampah

Terdapat solusi simpel yang lain yang dapat Kamu maanfaatkan buat menghilangkan data-data berarti yang tersimpan di handphone. caranya cukup dengan menumpuknya dengan sampah lain.

Untuk melakukan cara ini, cukup memenuhi saja handphone Kamu dengan data-data tidak berarti. Semacam meningkatkan potret-potret tidak berarti, lagu, film, serta lain-lain. Dengan melakukan cara itu, Wipe data Pada Android juga lebih aman.