Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara – Speaker smartphone yang tidak bersuara merupakan salah satu permasalahan klasik yang amat mengesalkan.

Bila suatu speaker handphone tidak ada suara, maka sudah dapat dipastikan ada yang tidak beres. Tidak tahu itu karena permasalahan setelan, bug pada sistem ataupun kerusakan perangkat keras.

Xiaomi jadi satu dari demikian banyak merek handphone yang kerap mengalaminya. Untuk itu disini kita bakal mangulas mengenai penyebab serta cara mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi ini dengan cara padat serta jelas.

Bagaimanapun juga kehadiran speaker pada handphone amat penting. Tidak cuma berperan sebagai output yang menghasilkan suara serta hiburan buat mendengarkan musik dan video, adanya speaker membuat kita jadi tahu bila ada pemberitahuan masuk pada handphone sebab dengan mengeluarkan suara nada dering.

Suatu smartphone tanpa speaker akan terasa sepi serta hening. Hingga dari itu, permasalahan speaker HP Xiaomi tidak bunyi sangat menjengkelkan.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab & Cara Memperbaiki Charger Hp Lama Mengisi

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Penyebab Mengapa Speaker HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Untuk kamu pengguna HP Xiaomi yang disaat ini mengalami permasalahan speaker, sebaiknya jangan panik dulu. Kalian bukanlah salah satunya orang yang mengalami permasalahan semacam ini. Terlebih permasalahan ini tidak selalu disebabkan oleh kerusakan perangkat keras.

Bisa saja perihal itu karena salah setelan ataupun permasalahan pada sistem. Cari tahu apa saja penyebab mengapa speaker HP Xiaomi tidak bunyi seperti berikut ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi HP restart Sendiri Berulang Ulang dan Penyebabnya

Cara Menanggulangi Speaker HP Xiaomi Tidak Bunyi Sama Sekali

Berdasarkan uraian diatas telah kita tahu berbagai macam penyebab mengapa speaker HP Xiaomi tidak ada suara sama sekali. Terdapat banyak faktor yang menimbulkan permasalahan seperti ini.

Supaya bisa mendapatkan solusi, maka kalian mesti melakukan periksa akar permasalahannya terlebih dulu. Bila sudah tahu penyebabnya, kalian dapat mengatasi speaker HP Xiaomi tidak suara dengan langkah- langkah berikut ini.

đŸ‘‰TRENDING:   Fitur Unggulan Pada Kamera iphone!

1. Terhubung ke Earphone ataupun Speaker Lain

Terhubung ke Earphone ataupun Speaker Lain

Apakah saat ini handphone kalian sedang tersambung pada earphone ataupun speaker lain? Cobalah buat memeriksanya terlebih dulu. Bisa saja jack audio sedang tertancap pada handphone ataupun penggunaan koneksi bluetooth yang sedang tersambung.

Sistem pada handphone memanglah didesain buat mematikan speaker internal ketika tersambung ke fitur lain semacam earphone, airpods, headphone, speaker aktif, bluetooth speaker serta lain serupanya.

2. Adanya Bug Pada Sistem Operasi

Tiap ponsel berpotensi mengalami permasalahan bug pada sistem. Hanya info untuk kalian, bug merupakan cacat ataupun kerusakan pada sesuatu aplikasi sebab kesalahan pembuatan alhasil membuat fungsinya tidak maksimal.

Dengan adanya bug pada Android, maka perangkat keras yang berupa speaker tidak akan bekerja dengan normal alhasil tidak terdapat suara. Kinerja suatu perangkat keras amat tergantung pada aplikasi yang mempunyai fungsi kontrol.

Baca Juga: Cara Reset Hp Xiaomi Semua Tipe ke pengaturan pabrik xiaomi

3. Atur Volume Jadi Lebih Besar

Atur Volume Jadi Lebih Besar

Tidak hanya mematikan mode senyap ataupun mode diam, cobalah buat meningkatkan volume jadi lebih besar. Terus menjadi kecil pengaturan volume hingga speaker akan terus menjadi tidak ada suara.

Sering- kali kita lupa mengecilkan volume sampai speaker tidak menghasilkan suara sama sekali. Tekan tombol speaker keatas sampai penuh bila perlu supaya suara yang diperoleh lebih besar.

4. Perangkat keras Yang Mengalami Kerusakan

Penyebab speaker HP Xiaomi tidak bunyi yang terakhir merupakan adanya kerusakan pada hardware itu sendiri. Sering- kali speaker handphone memang bisa rusak efek seiring dengan berjalannya waktu.

Bisa juga kerusakan itu berawal dari aspek eksternal semacam terkena air, kemasukan pasir, tersumbat debu serta lain serupanya. Buat memastikan terdapatnya kerusakan hardware, maka handphone mesti dibongkar buat diperiksa speaker- nya.

5. HP Lagi Dalam Mode Senyap

HP Lagi Dalam Mode Senyap

Penyebab speaker HP Xiaomi tidak suara yang awal merupakan penggunaan mode senyap. Handphone apapun pada saat berada pada mode senyap ataupun diam tentu speaker- nya tidak berfungsi ataupun tidak menghasilkan suara.

Mode senyap pada handphone memanglah didesain buat mematikan semua fungsi output suara supaya handphone tidak berisik. Jadi apabil mode senyap aktif, aplikasi bakal menghindari output speaker bekerja.

6. Matikan Mode Senyap ataupun Mode Diam

Tahap awal bila kalian lupa masih memakai mode senyap ataupun mode diam, maka lekas nonaktifkan. Dengan demikian ini speaker pada HP kalian bakal bisa bekerja normal dalam mengeluarkan suara. Baik itu untuk mendengarkan musik, memutar video ataupun membunyikan nada dering.

7. Cobalah Buat Restart HP Xiaomi Kamu

Cobalah Buat Restart HP Xiaomi Kamu

Bila kedua cara diatas tidak menghasilkan hasil, maka cobalah buat melakukan Restart. Masalah speaker HP Xiaomi tidak bunyi bisa jadi diakibatkan oleh bug ataupun setelan yang berubah sementara.

đŸ‘‰TRENDING:   Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus

Buat mengembalikannya kalian dapat berupaya dengan melakukan Restart. Dengan di Restart, sistem pada handphone akan memulai ulang alhasil seluruh setelan serta perubahan bakal kembali seperti awal. Bisa dibilang kalau Restart akan membuat handphone jadi lebih fresh.

8. Sistem Handphone Yang Gagal Update

Tidak hanya permasalahan bug, sering- kali speaker HP Xiaomi tidak suara diakibatkan oleh sistem handphone yang gagal update. Beberapa tipe handphone Xiaomi memanglah secara teratur menyediakan pembaharuan buat para penggunanya.

Tetapi kadangkala kegagalan disaat update malah membuat beberapa perangkat keras jadi tidak normal. Kegagalan update biasanya diakibatkan oleh jaringan internet yang lelet ataupun pengguna yang tidak mengikuti cara dengan betul.

9. Pengaturan Volume Yang Rendah

Bila handphone kalian lagi tidak berada pada mode senyap ataupun diam tetapi speaker tidak ada suara, bisa jadi kalian lupa buat mengatur volume- nya.

Sering- kali kita lupa mengatur volume ke posisi kecil supaya HP tidak bersuara, tetapi pada saat menggunakannya lagi buat memutar musik ataupun video kita lupa meningkatkan volume seperti awal. Akhirnya speaker hanya menghasilkan suara yang kecil ataupun tidak ada suara sama sekali.

10. Lakukan Wipe Chache Partition

Bila dengan melakukan Restart speaker handphone masih tidak ada suara, maka cobalah buat melakukan wipe cache partition. Sering- kali banyaknya file sistem sedangkan yang tersimpan pada handphone membuat fungsi perangkat keras bermasalah seperti halnya permasalahan speaker HP Xiaomi tidak bunyi.

Perihal ini diakibatkan oleh penumpukan file yang kadaluarsa. File ini tidak dapat kita akses lewat file manager biasa. Cara buat melakukan wipe cache partition merupakan seperti berikut ini:

  1. Silahkan awali dengan mematikan handphone terlebih dulu. Pastikan baterai handphone minimal 70%.
  2. Bila sudah mati, silahkan tekan tombol Volume Up+ Volume Down+ Power dengan cara bersamaan buat masuk ke Recovery Mode.
  3. Bila sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume buat naik serta turun. Sedangkan tombol power buat pilih. Silahkan kalian seleksi Wipe Cache Partition.
  4. Konfirmasi, kemudian menunggu cara loadingnya sampai selesai. Maka seluruh file cache pastisi yang ada pada handphone bakal terhapus semuanya.
  5. Bila sudah selesai, kembalikan handphone ke posisi normal dengan memilah menu Reboot. Menunggu handphone sampai hidup kembali.

11. Reset Handphone ke Setelan Pabrik

Tidak hanya melakukan wipe cache partition semacam yang telah dipaparkan diatas, kalian pula dapat mengatasi speaker HP Xiaomi tidak suara dengan reset setelan pabrik.

Reset pabrik diketahui efisien dalam membenarkan segala masalah baik itu perangkat keras ataupun aplikasi pada handphone. Reset ke setelan pabrik hendak membuat semua file, aplikasi, sistem serta setelan kembali semacam pada saat HP baru dibeli. Buat melakukan reset setelan pabrik, caranya seperti berikut:

  1. Silahkan buka menu Setelan pada handphone dengan simbol roda gerigi.
  2. Sesudah itu buka menu Sistem yang berada diposisi paling bawah. Kemudian klik Lanjutan.
  3. Cari menu Alternatif atur ulang, bila sudah ketemu silahkan di klik.
  4. Seleksi menu Reset ke seperangkat pabrik, setelah itu klik Reset ponsel. Menunggu prosesnya sampai selesai.
đŸ‘‰TRENDING:   Cara Mengarsipkan IGTV di Instagram Tanpa Harus Menghapus

Catatan: Reset ke setelan pabrik akan membuat seluruh data yang ada di memori dalam dihapus termasuk akun Google, informasi sistem serta aplikasi, aplikasi terpasang, nada, gambar, video serta lain- lain.

12. Lakukan Update Sistem Dengan Benar

Tahap berikutnya, kalian dapat melakukan update sistem Android yang sudah disediakan oleh handphone itu sendiri. Usahakan buat melakukan update dengan cara tepat serta benar.

Ikuti langkah- langkahnya dengan cara urut serta menunggu prosesnya dengan sabar. Kegagalan update dapat berdampak parah pada ponsel alhasil banyak hardware jadi tidak berfungsi. Buat melakukan Update Sistem, silahkan masuk ke Setelan, kemudian seleksi menu Sistem. Klik update sistem dibagian paling bawah.

13. Ganti Speaker Dengan Yang Baru

Tahap terakhir bila seluruh cara diatas tidak dapat mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi yaitu dengan mengubah hardware. Tetapi kalian disarankan untuk tidak melakukan metode ini sendiri sebab mesti membongkar handphone alhasil sangat beresiko.

Sebaiknya membawa ke tukang service terdekat supaya diperiksa dulu apakah betul hardware- nya rusak. Tukang service akan lebih mengerti dalam mencari solusinya.

Akhir kata

Itulah pembahasan yang sudah portalekonomi.com rangkum mengenai beberapa penyebab serta cara menanggulangi speaker HP Xiaomi tidak bunyi. Pada saat handphone mengalami suatu permasalahan, kalian jangan pernah bertindak asal- asalan.

Terlebih terkait permasalahan speaker handphone yang tidak ada suara sama sekali. Lebih baik cari tahu dahulu dimana akar permasalahannya alhasil kalian dapat memastikan tahap antisipasinya. Mudah- mudahan ulasan kali ini berguna.

Hp Xiaomi Kecil , Suara Hp Kecil Saat Telepon, Speaker Xiaomi 4a , Speaker Redmi 4a , Speaker Hp Xiaomi 4a , Menghilangkan Tanda Headset Di Hp Xiaomi , Kode Untuk Memperbaiki Speaker Hp , Kenapa Speaker Hp Suaranya Kecil , Hp Xiaomi Tidak Ada Suara Saat Telepon , Hp Xiaomi Tidak Ada Suara , Cara Mematikan Alarm Hp Xiaomi , Hp Redmi Kecil , Cara Menghilangkan Logo Headset Di Hp Xiaomi , Cara Mengembalikan Suara Hp Yang Hilang , Cara Mengembalikan Rekaman Suara Yang Terhapus Di Xiaomi , Cara Mengatasi Volume Hp Naik Turun Sendiri Redmi Note 8 , Cara Mengatasi Speaker Hp Xiaomi Tidak Bunyi , Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Suara , Cara Memperbaiki Suara Hp Xiaomi Yang Hilang , Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi