antivirus laptop

Cara Menjaga Keamanan Pada Perangkat Pc Dan Laptop

hacker

Kemajuan teknologi komputer bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, Anda memiliki akses cepat dan mudah ke berbagai fitur berguna seperti laporan mutasi bank, pusat perbelanjaan favorit, sekolah, dan catatan kesehatan.

Di sisi lain, Anda bisa memberikan akses yang sama ke orang lain yang tidak seharusnya orang lain mendapatkannya. Peretasan jarang terjadi, tetapi ini adalah gangguan kriminal terbesar dalam sejarah komputer.

Jangan repot-repot tentang hal itu. Hacker tidak ada yang polos dan imut. Peretas hari ini bukanlah pemberontak remaja yang cemberut yang mungkin Anda pikirkan.

Sebaliknya, peretas generasi ini merupakan individu dewasa yang mungkin mencari rezeki dengan cara mencuri identitas individu yang tak bersalah lalu menjual identitas itu ke orang lain yang ingin keluar dari sistem, Itu mahal dan perlindungan untuk orang yang masih meragukan, ini adalah pencegahan.

Baca Juga:  8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak (Tidak Berfungsi)

Cara Menjaga Keamanan komputer

instal antivirus

Keamanan komputer tidak sepenting sekarang ini. Oleh karena itu, saya meluangkan waktu untuk memperkenalkannya. Dengan melindungi komputer, anda dari hacker, dan mencegah informasi pribadi Anda dicuri oleh hacker. Yang di butuhkan hanya perangkat lunak kecil.

Instal Program Antivirus/Antispyware

Perangkat lunak antivirus atau antispyware bisa mencegah komputer  dari  virus kode yang berbahaya yang di unduh dan di instal, Anda saat menjelajah Internet.

Kode berbahaya ini dikenal sebagai virus, spyware atau worm, dapat mengaktifkan komputer anda untuk satu tujuan yaitu menghancurkan file sensitif dan akan mengirim data sensitif ke server pencuri.

Jangan Menyimpan Semua Data Di Komputer Anda

Jika komputer Anda terkena virus, worm, atau spyware, Anda bisa mencegahnya dengan tidak menyimpan informasi pribadi di dalam komputer.

Peretas mencari nama, nomor jaminan sosial, nomor telepon, alamat rumah, informasi terkait pekerjaan, nomor kartu kredit, dan banyak lagi.

Jika hal-hal ini tidak disimpan di komputer Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun selain memulihkan komputer Anda ke status non-virus.

Baca Juga:  2+ Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal Seperti Semula

Jangan Membuka File Tanpa Memindainya Dengan Program Antivirus/Antispyware

Sebelumnya, Anda akan diperingatkan jangan membuka file dari orang asing.  Tidak aman membuka file dari siapa saja (tanpa memindai file).

Karena itu adalah cara virus secara tidak sengaja menyebar melalui file. Oleh karena itu, bahkan jika seorang kolega mengirim email berisi video lucu, membukanya tidak lebih aman daripada video yang diunduh dari orang yang sama sekali tidak dikenal.

Ini aman dan memindai semua file yang diunduh dari internet atau diterima melalui email, dari mana pun asalnya.

Buat Penghalang Antara Komputer

Program antivirus / antispyware hanya efektif setelah efektif. Namun, Anda dapat mencegah pencurian informasi pribadi Anda dengan memasang firewall.

Firewall adalah perangkat lunak yang memeriksa semua data yang masuk dan keluar dari komputer Anda dan memblokir data yang tidak memenuhi standar keamanan yang ditentukan (aturan yang ditentukan pengguna).

 Jangan Klik Link Website Dalam Pesan Spam

Beberapa spammer mengirimkan email untuk meminta Anda mengklik link yang di kirim untuk mengambil data pribadi Anda.

Baca Juga:  Program Bawaan Yang Ada di Pc dan Laptop

Pesan email sering disamarkan sebagai pesan penting dari fasilitas online terkenal, menakut-nakuti pembaca dan mencoba mengklik tautan dengan ancaman seperti menutup beberapa akun.

Perlindungan terbaik untuk melindungi komputer anda dari kejahatan komputer adalah pengetahuan Anda sendiri.

Semoga saran di atas akan mengambil tindakan yang tepat dan mendorong Anda untuk melindungi komputer Anda dengan alat yang disarankan.

Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat melindungi diri sendiri, tetapi juga mencegah penyebaran aktivitas jahat ini dan pada saat yang sama melindungi orang lain.