Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 8

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 1

Flash disk merupakan benda yang ukuranya kecil, akan tetapi sangat berguna di era serba teknologi saat ini. Flash disk memungkinkan Anda untuk bisa menyimpan dokumen dari berbagai format dan ukuran. Bukan cuma itu, flashdisk juga sering digunakan untuk memindahkan data file dari satu komputer ke komputer yang lain. keberadaan benda kecil ini sangat membantu dan memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen elektronik.

Teknologi penyimpanan data ini mempunyai berbagai macam merk dan ukuran yang tersedia. Harganya pun juga berbeda. Umumnya, semakin besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan, semakin mahal juga harganya, tentunya dengan penyimpanan yang besar, semakin banyak juga dokumen atau file yang bisa di simpan.

Tetapi sayangnya, perangkat elektronik ini rawan dengan berbagai masalah apabila tidak digunakan dengan hati-hati. Dimulai dari kondisi rusak yang tidak terbaca oleh komputer lalu jatuh ke dalam air, menyebabkan kerusakan dan membuatnya tidak bisa digunakan.

Tentu saja, bagi kebanyakan orang, ini merupakan masalah yang sangat menyebalkan dan banyak yang tidak tahu cara memperbaikinya. Jangan khawatir, apabila anda mengalami masalah kerusakan flash drive, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Cara mengatasi flashdisk terkena air

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 7
Gambar: www.istockphoto.com

Jika Anda memiliki masalah dengan flash disk yang tenggelam dalam air atau terkena air, jangan khawatir. Masalah ini masih bisa diatasi dengan baik dan bisa mencegah kerusakan flash disk. Tentu saja flashdisk yang basah perlu dikeringkan saat terkena air.

Baca Juga:  id savefrom : Tempat Download Gambar dan Video

Flashdisk dapat dkeringkan dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah flash drive benar-benar kering, Anda dapat langsung mencobanya di komputer atau laptop Anda. biasanya dapat digunakan kembali secara otomatis setelah dijemur.

Jangan sambungkan ke komputer atau laptop jika flash disk masih basah. Jika digunakan, flashdisk akan mudah korsleting dan akan rusak oleh arus, anda harus menunggu sampai benar-benar kering. Jika semua dokumen Anda masih tersimpan di Flash disk, sangat disarankan untuk segera memindahkan dokumen penting Anda ke komputer lain atau Flash disk lain. Ini dilakukan jika flash rusak lagi di masa mendatang.

Menggunakan Write Protected

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 5

Cara kedua adalah dengan menggunakan WhiteProtected. Command Prompt atau CMD diperlukan untuk memperbaiki flash drive. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Command prompt dengan mengklik kanan pada logo Windows > Command prompt.
  2. Kemudian, ketika jendela Command Prompt muncul, ketik perintah diskpart dan tekan Enter. dan akan muncul jendela baru.
  3. Kemudian ketik List disk > Select disk 2 (ini tergantung pada lokasi flash drive yang terletak di komputer Anda).
  4. Kemudian masukkan perintah Attributes disk clear readonly > Clean > Create participation primary.
  5. Terakhir, masukkan format perintah fs = fat32 (fat32 bisa diubah dengan ntfs). Setelah melakukan ini, cukup ketik exit.
Baca Juga:  Cara Download Video Di Pinterest Secara Online Tanpa Aplikasi

Menggunakan HDD Low Level Format

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 6

Anda juga bisa menggunakan HDD low level format. Dengan cara ini, flash disk akan lebih mudah diperbaiki. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Hubungkan flash disk ke komputer atau laptop.
  2. Unduh software HDDGURU Low Level Format.
  3. Kemudian klik kanan dan pilih menu Run as administrator untuk menginstal program.
  4. Pilih USB dan klik menu Continue untuk menyelesaikan.
  5. Anda dapat memformat ulang flash disk dengan cara seperti biasa.

Instal ulang driver USB

Cara memperbaiki flash disk yang rusak atau tidak terbaca 2
Gambar: pixabay.com

Cara untuk memperbaiki flash drive yang rusak adalah dengan cara menginstal ulang driver USB. Apabila flash disk tidak terbaca di komputer, anda bisa ikuti langkah-langkah ini:

  1. Hubungkan flash drive ke Komputer atau Laptop.
  2. Buka menu Control Panel > Hardware and Sound.
  3. Pilih menu Driver Manager > Universal Serial Bus Controller.
  4. Kemudian buka menu Drop-down lalu cari perangkat USB Mass Storage Device yang ditandai dengan peringatan kuning.
  5. Klik kanan dan pilih menu Uninstall. Kemudian cabut flashdisk dan sambungkan kembali ke komputer atau laptop Anda.