Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar1
Gambar: unsplash.com

Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar

Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar3
Gambar: istockphoto.com

Kapasitas RAM menjadi salah satu spesifikasi yang biasanya menjadi pertimbangan saat membeli sebuah smartphone. Smartphone hadir dalam berbagai kapasitas RAM, mulai dari 1, 4, 8, 12 bahkan hingga 18GB. Lalu apa sebenarnya RAM dan fitur-fiturnya pada smartphone (ponsel, ponsel)? Apakah jumlah RAM mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan? Berikut penjelasannya di artikel ini.

Apa itu RAM?

Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar
Gambar: unsplash.com

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Secara teoritis, RAM memiliki prinsip operasi yang sama dengan memori internal (storage) yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dll di ponsel. Namun, kemampuan membaca (read) dan menulis menulis (write)  RAM jauh lebih cepat dan lebih baik daripada penyimpanan.

RAM bisa diibaratkan seperti saku celana, tetapi memori internal adalah tas ransel. Tentu saja, jika Anda ingin menyimpan barang-barang yang cepat dan mudah dijangkau, pilihlah saku celana daripada tas.

Fungsi RAM

Fungsi RAM
Gambar: istockphoto.com

Fungsi utama dari RAM itu sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang telah digunakan “selama beberapa waktu” oleh sistem telepon. Karena menyimpanya di sana, ponsel secara otomatis akan membaca, menjalankan, dan membuka aplikasi dengan cepat.

👉TRENDING:   Cara Ampuh Memperbaiki Pemantik Kompor Gas Yang Tidak Menyala

Berbagai file sistem dan aplikasi di telepon itu sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), disimpan di memori internal perangkat sebelum disimpan di RAM. Jika perlu, file atau aplikasi ini akan dimuat ke dalam RAM untuk membantu Anda melakukan panggilan dengan lancar. Jika suatu file atau aplikasi sedang tidak digunakan, RAM secara otomatis menghapusnya sehingga sebagian dari RAM yang digunakan dapat digunakan kembali oleh aplikasi lain.

Semua informasi yang tersimpan di RAM juga biasanya hilang atau terhapus secara otomatis saat Anda me-restart telepon Anda.
Selain fitur-fitur utama tersebut, RAM juga berguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mengurangi kinerja ponsel secara keseluruhan. Proses ini dikenal sebagai multitasking. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan beberapa aplikasi yang sering digunakan di RAM (latar belakang) ponsel ketika mereka ingin membuka aplikasi lain.

Kini, ketika aplikasi akan dijalankan, pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa menunggu lama, atau menampilkan layar siaga (loading screen) yang biasanya ditampilkan saat aplikasi dijalankan. Hal ini bisa dikatakan meningkatkan efisiensi penggunaan smartphone. Hal ini karena jika aplikasi tidak disimpan di RAM, ponsel akan membaca data aplikasi dari memori internal dan berulang kali memindahkannya ke RAM.

👉TRENDING:   0896 Kartu Apa, Nomor Apa, Operator Apa?

Apakah Kecepatan Ponsel Tergantung Pada Jumlah RAM?

Apakah Kecepatan Ponsel Tergantung Pada Jumlah RAM
Gambar: istockphoto.com

Jadi apakah kapasitas RAM mempengaruhi kinerja ponsel? Ini mungkin berhasil, tetapi mungkin tidak. Di atas kertas, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak ruang yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menutup aplikasi favoritnya atau membersihkan RAM secara rutin.

Namun, hal ini tampaknya tidak berlaku untuk smartphone bermerek Apple. Hal itu dikarenakan kapasitas RAM kedua iPhone tersebut sama generasinya, atau bahkan jika dirilis di tahun yang sama, biasanya tidak sebesar ponsel Android. Namun, Hal ini bukan berarti iPhone lebih lambat di banding ponsel Android. Pasalnya, berbagai aplikasi yang berjalan di iPhone biasanya dioptimalkan agar tidak memakan RAM ekstra, namun tetap berjalan lancar.

Hal ini dimungkinkan karena iPhone menjalankan sistem operasi (OS) milik Apple sendiri, iOS. Di sisi lain, ponsel dengan OS Android banyak digunakan oleh vendor ponsel, sehingga proses optimasi berbagai aplikasi bisa merepotkan para pengembang aplikasi itu sendiri. Selain itu, manajemen RAM iPhone dan sistem notifikasi telah diatur sedemikian rupa oleh Apple untuk menghemat lebih banyak RAM.

👉TRENDING:   0857 Nomor Apa, Kartu Apa, Daerah Mana, Cek Disini

Haruskah Memiliki Banyak RAM? 

Haruskah Memiliki Banyak RAM 
Gambar: istockphoto.com

Kemudian muncul pertanyaan lain. Apakah Anda membutuhkan ponsel dengan banyak RAM? Tentu saja, jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada tujuan penggunaan pemilik ponsel. Semakin banyak aplikasi yang Anda instal atau jalankan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan.

Hal ini juga berlaku saat bermain game. Jika pengguna ingin memainkan berbagai game berat seperti PUBG Mobile dan Asphalt 9, sebenarnya mereka membutuhkan lebih banyak RAM agar dapat memuat game-game tersebut ke dalam RAM.

Itu karena kedua game mengkonsumsi sekitar 1GB RAM saat berjalan. Smartphone kelas menengah yang ada di pasaran saat ini memiliki RAM yang jauh lebih besar dari sebelumnya.