Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar

0
Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar3
Gambar: istockphoto.com

Kapasitas RAM menjadi salah satu spesifikasi yang biasanya menjadi pertimbangan saat membeli sebuah smartphone. Smartphone hadir dalam berbagai kapasitas RAM, mulai dari 1, 4, 8, 12 bahkan hingga 18GB. Lalu apa sebenarnya RAM dan fitur-fiturnya pada smartphone (ponsel, ponsel)? Apakah jumlah RAM mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan? Berikut penjelasannya di artikel ini.

Apa itu RAM?

Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar
Gambar: unsplash.com

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Secara teoritis, RAM memiliki prinsip operasi yang sama dengan memori internal (storage) yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dll di ponsel. Namun, kemampuan membaca (read) dan menulis menulis (write)  RAM jauh lebih cepat dan lebih baik daripada penyimpanan.

RAM bisa diibaratkan seperti saku celana, tetapi memori internal adalah tas ransel. Tentu saja, jika Anda ingin menyimpan barang-barang yang cepat dan mudah dijangkau, pilihlah saku celana daripada tas.

Fungsi RAM

Fungsi RAM
Gambar: istockphoto.com

Fungsi utama dari RAM itu sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang telah digunakan “selama beberapa waktu” oleh sistem telepon. Karena menyimpanya di sana, ponsel secara otomatis akan membaca, menjalankan, dan membuka aplikasi dengan cepat.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4, 2x3, 4x6 di Word
Tinggalkan Komentar