hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kamera

Hal-hal Yang Wajib Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli Kamera Digital

hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kamerav

Kamera digital memiliki berbagai macam ukuran, merek, warna, resolusi, zoom, pemutaran, dan lainya. Ada banyak fitur dan sifat yang ada di dalam perangkat ini, sehingga pembeli yang baru pertama kali, menjadi bingung dengan cara penggunaan kamera ini.

Hal ini bahkan tanpa menyertakan iklan serta label yang berbeda, yang sering digunakan untuk media promosi produk ini.

Hal-hal yang wajib perlu di ketahui sebelum membeli kamera digital

Lalu hal apa saja yang wajib diperhatikan saat akan membeli kamera digital? Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada dua rangkaian informasi yang harus Anda ketahui sebelum dapat mengambil keputusan.

Jenis informasi pertama akan menentukan apa yang di butuhkan dan di inginkan dalam kamera digital ini.

Jenis Foto Yang Ingin Anda Ambil

Apa yang ingin Anda foto dengan kamera digital Anda? Sebelum membeli kamera digital, penting untuk menentukan jenis foto apa yang ingin Anda foto menggunakan kamera ini.

Baca Juga:  Kamera Digital: Kamera Masa Depan

Apabila anda adalah suka banget fotografi, kamera digital apa saja tidak akan berfungsi. Anda harus mencari fitur yang dapat mendukung perbesaran yang Anda butuhkan, resolusi, dll.

Berapa Anggaran Anda?

Ini adalah pertanyaan yang harus ditanyakan kepada siapa saja yang akan membeli kamera digital.

Karena selain kebutuhan dan keinginan untuk perangkat, sumber daya keuangan anda akan mempengaruhi dalam menentukan jenis kamera digital.

Apa Sumber Daya Anda?

Pada saat membeli kamera digital, ternyata pengeluaran tidak hanya sampai situ saja. Anda juga wajib mempertimbangkan kapasitas, spek komputer dan printer, karena akan memasang kamera untuk kebutuhan pengeditan serta pencetakan.

Perangkat lunak pengeditan telah disertakan pada saat pembelian kamera digital. Selain printer, tinta, dan kertas untuk mencetak, Anda mungkin juga memerlukan kartu memori tambahan untuk kamera Anda dan komputer yang lebih kuat untuk mendukung pengeditan foto dan penyimpanan serta pengambilan foto.

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, informasi kedua yang wajib Anda ketahui adalah fitur-fitur yang Anda butuhkan pada perangkat tersebut.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Kamera Terbaik Untuk Street Photography

Keputusan

Sebelum Anda membeli kamera digital, Cek dahulu apakah kamera tersebut bisa menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Jumlah piksel yang ditunjukkan menentukan resolusi.

Semakin tinggi jumlah piksel, semakin tinggi resolusi yang dapat membuat gambar diperbesar tanpa kehilangan kualitas gambar.

Memori Bawaan

Kamera digital memerlukan kartu memori untuk menyimpan hasil foto. Pada saat akan membeli kamera digital, pastikan dahului kamera yangakan anda beli tidak cuma mempunyai memori “built-in” tetapi juga memiliki slot kartu untuk memori eksternal.

Ini memungkinkan Anda dengan mudah mengubah seluruh kartu memori saat mengambil foto. Lihat dan rasakan. Anda mesti nyaman saat memegang kamera digital untuk memotret.

Jadi, sebelum Anda membeli kamera digital, ada baiknya untuk mengujinya dan melihat apakah Anda nyaman membawa dan menggunakannya.

Pertimbangkan juga posisi tombol dan jaraknya, dan juga cek apakah Anda nyaman memakai jendela bidik.

Daya Tahan Baterai

Kamera digital menguras baterai dengan cepat dan baterai mahal. Sebelum Anda akan membeli kamera digital, pertimbangkan terlebih dahulu apakah baterai kamera bisa di isi ulang.

Baca Juga:  Cara memilih kamera digital terbaik

Dengan cara ini Anda dapat mengisi ulang. Pertimbangkan juga adaptor AC saat membeli kamera digital.

LCD

Layar LCD adalah hal penting yang perlu anda pertimbangan khusus sebelum membeli kamera digital. Ini adalah layar kecil di bagian belakang kamera digital yang memungkinkan Anda melihat pratinjau foto yang telah diambil.

Hal Ini wajib dipertimbangkan sebelum membeli kamera digital karena boros daya baterai.

Fitur Spesial

Anda juga harus mempertimbangkan fitur khusus apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum membeli kamera digital, Anda dapat memilih lensa zoom optik.

Penyesuaian diopter dengan jendela bidik digital akan berguna untuk mereka yang sering memakai kacamata serta ingin membeli kamera digital. Fitur lain seperti remote control, tripod, dll. juga dapat dipertimbangkan saat membeli kamera digital.

Dengan informasi ini, Anda sekarang dapat mengetahui apa yang sebenarnya Anda butuhkan dan inginkan sebelum membeli kamera digital.