Begini Cara Mengetahui HP Pernah di Service dan Ciri Ciri HP Masih Segel

0

Mengetahui kondisi sebuah ponsel sangat penting dilakukan seseorang dalam kondisi tertentu, terutama ketika akan membeli HP Android bekas atau second. Dalam kondisi seperti ini, penting untuk bisa memeriksa kondisi HP dan mengetahui apakah pernah di service atau tidak. Untuk itu, kita akan membahas beberapa cara dan ciri-ciri untuk mengetahui apakah HP pernah di service dan juga tanda-tanda HP segel yang perlu diperhatikan.

Cara Cek Kesehatan HP Android Bekas Yang Pernah di Service

Sebelum membeli ponsel bekas atau second, penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisinya secara keseluruhan seperti kondisi layar, tombol, dan perangkat software nya. Kemudian cek juga apakan baterai tanam di HP mengalami bocor atau rusak.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah HP pernah di service adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Phone Doctor Plus. Langkah-langkahnya termasuk mengunduh aplikasi dari Playstore, membuka aplikasi, dan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ponsel dari berbagai sektor seperti hardware dan software. Setelah tes selesai, aplikasi akan memberikan laporan tentang kondisi HP tersebut.

Baca Juga:  Fitur Unggulan iPhone, Yang Membuat Brand Ini Sangat Laris Di Pasaran!

Phone Doctor Plus adalah salah satu aplikasi yang dapat memberikan informasi detail tentang kondisi ponsel. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mendapatkan informasi tentang suhu baterai, kekuatan sinyal, performa CPU, dan masih banyak lagi. Melalui laporan yang diberikan, pengguna dapat mengetahui apakah HP pernah mengalami masalah atau pernah di servis sebelumnya.

Cara Cek Kesehatan HP Menggunakan Phone Doctor Plus:

  1. Unduh aplikasi Phone Doctor Plus melalui Playstore dan instal di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi Phone Doctor Plus dan ikuti instruksi untuk melakukan pengujian hardware dan software.
  3. Lakukan pengujian sesuai dengan yang diinstruksikan oleh aplikasi. Misalnya, tes baterai, tes kamera, tes kecepatan internet, dll.
  4. Setelah tes selesai, aplikasi akan memberikan laporan tentang kondisi ponsel Anda.

Setelah mendapatkan laporan dari aplikasi Phone Doctor Plus, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam membeli ponsel bekas. Jika ponsel telah mengalami perbaikan sebelumnya, Anda dapat mempertimbangkan apakah kerusakan tersebut dapat berdampak pada kinerja dan keandalan ponsel di masa depan.

Baca Juga:  Ciri-ciri Baterai Tanam di HP Bocor dan Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Baca Juga: Cara Ampuh Untuk Memperbaiki Keyboard Di Android Yang Error

Dengan melakukan pemeriksaan menggunakan aplikasi seperti Phone Doctor Plus, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kesehatan ponsel bekas yang ingin Anda beli. Ini akan membantu Anda menghindari pembelian yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa Anda mendapatkan ponsel yang berkualitas.

Cara Cek HP Pernah di Service Perangkat Lunaknya


Jika Anda ingin mengetahui apakah HP pernah di service pada bagian perangkat lunaknya, Anda dapat menggunakan metode sederhana dengan memasukkan kode *#06# pada telepon. Kode ini akan memberikan informasi tentang nomor IMEI HP Anda. Jika hasilnya menunjukkan nomor IMEI yang tidak berbentuk angka, dapat dipastikan bahwa smartphone tersebut pernah di servis.

Memeriksa kondisi perangkat lunak HP sangat penting karena dapat memberikan gambaran tentang seberapa baik HP tersebut berfungsi. Jika ada permasalahan atau kerusakan pada perangkat lunak, mungkin diperlukan perbaikan lebih lanjut atau pembaruan sistem operasi. Dengan mengetahui apakah HP pernah di service pada bagian perangkat lunaknya, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam membeli HP bekas.

Baca Juga:  Cara Ampuh Untuk Memperbaiki Keyboard Di Android Yang Error!

Perlu diingat bahwa meskipun metode ini dapat memberikan petunjuk awal, tidak ada jaminan bahwa HP yang pernah di service pada perangkat lunaknya tidak akan mengalami masalah di masa depan. Oleh karena itu, selalu penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi fisik dan perangkat lunak HP sebelum membeli.


Cara Cek HP Pernah di Service Perangkat Lunaknya:

  1. Masukkan kode *#06# pada telepon.
  2. Periksa hasilnya. Jika nomor IMEI tidak berbentuk angka, dapat dipastikan bahwa HP pernah di servis pada bagian perangkat lunaknya.
Tinggalkan Komentar