WhatsApp Yang Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengasi
Gambar: pixabay.com

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

WhatsApp Yang Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya
Gambar: pixabay.com

Banyak dari kalangan remaja hingga dewasa saat ini pasti memiliki nomor Whatsapp. WhatsApp digunakan untuk keperluan chating, telfon, video call, dan update story. Apapun yang anda gunakan apakah anda pernah mengalami WhatsApp Error seperti tidak bisa menerima pesan foto serta video? Apa bila anda mengalami hal ini, anda bisa mengikuti cara-cara berikut untuk mengatasi masalah whatsapp tidak bisa menerima pesan. Hal ini ini sama seperti anda mengatasi WhatsApp tidak bisa digunakan untuk menelpon, video call, dan melihat Story

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan

WhatsApp Yang Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasiny
Gambar: istockphoto.com

Banyak faktor penyebab yang terjadi tentang masalah ini, kenapa WhatsApp tidak bisa menerima pesan, berikut adalah macam-macam faktor penyebab serta cara untuk mengatasi:

1. Jaringan Internet Lemah

WhatsApp Yang Tidak Bisa Menerima Pesan!
Gambar: pixabay.com

Masalah ini sering dialami oleh pengguna data seluler. Biasanya provider data seluler yang digunakan tidak mendukung di area anda sehingga tidak bisa memiliki sinyal yang maksimal. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui provider yang sesuai dengan daerah anda. Anda bisa mengatasi internet lemah dengan cara menyambungkan ke Wifi ke smartphone yang memiliki jaringan internet kuat, atau Wifi publik yang ada di tempat-tempat umum.

2. Server Whatsapp Down

WhatsApp Yang Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya1
Gambar: shutterstock.com

Walaupun sudah di dimiliki oleh perusahaan besar Facebook, akan tetapi dalam beberapa waktu WhatsApp bisa mengalami gangguan server. Gangguan server bisa sebabkan karena lonjakan pengguna Whatsapp yang sangat banyak. dalam kasus ini anda tidak mempunyai solusi selain menunggu sampai server kembali normal.

3. Diblokir

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

Ketika anda diblokir seseorang dari kontaknya, maka anda tidak bisa menerima atau mengirim pesan kepada orang tersebut. Berikut adalah tanda kalau anda telah diblokir oleh seseorang:

  • tidak bisa mengirim pesan.
  • tidak bisa melihat status.
  • tidak bisa melihat foto profil.
Baca Juga:  Virtex WA Ganas, Ringan, Lag Copy Paste, dan Termux Terbaru 2024

Apabila hal tersebut sudah anda alami, kemungkinan nomor WhatsApp anda telah diblokir oleh seseorang tersebut. Anda bisa mengeceknya juga dengan menggunakan nomor lain untuk menghubungi kontak tersebut. Apabila pesan bisa terkirim dan terbaca, berarti nomor WhatsApp anda telah diblokir. Hal yang bisa anda lakukan apabila sudah diblokir adalah dengan mengganti nomor WhatsApp anda dengan yang baru, atau dengan cara meminta kepada seseorang yang sudah memblkokir untuk tidak memblokir nomor anda.

4. Data pada WhatsApp penuh

WhatsApp tidak bisa menerima pesan bisa di sebabkan karena data WhatsApp anda penuh, akibat menumpuknya data dari media seperti video dan foto di Smartphone anda. Data yang penuh tersebut menyebabkan menurunnya kinerja smartphone. Anda perlu menghapus cache dan data tersebut. Apabila mempunyai chat penting, anda ada perlu membackup data terlebih dahulu, sebelum menghapus cache dan data. Proses ini akan mengakibatkan semua data di WhatsApp akan terhapus. Apabila sudah di backup, anda dapat merestore kembali sehingga cache dan data penting anda tetap masih ada. Berikut adalah cara untuk menghapus cache dan data aplikasi WhatsApp:

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Pilih menu aplikasi dan pilih aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Scroll layar sampai menemukan opsi hapus data.
  5. Pilih oke atau Hapus semua data.

Cara di adas khusus untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila anda menggunakan Smartphone merk lain cukup disesuaikan saja dengan opsi di smartphone anda.

5. Aplikasi WhatsApp Galat

Terkadang aplikasi WhatsApp mengalami galat sehingga tidak bisa menerima pesan, Galat ini disebabkan karena anda sering membuka aplikasi WhatsApp sehingga pemakaian RAM menumpuk. Dalam kasus ini anda perlu memberhentikan aplikasi WhatsApp lalu melakukan restart di Smartphone anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Cari pilihan aplikasi atau apps pilih aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Scroll hingga menemukan opsi paksa berhenti.
Baca Juga:  Cara Edit Background Foto Jadi Warna Merah Online

Langkah-langkah di atas berlaku untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila smartphone yang Anda gunakan merk lain tinggal sesuaikan dengan opsi yang ada di Smartphone anda.

6. WhatsApp Tidak Di Update

Mungkin bagi pengguna Wifi dangan jaringan yang baik, masalah ini tidak akan terjadi. Masalah ini biasa di alami oleh pengguna data seluler , dimana update aplikasi otomatis dinonaktifkan. Solusinya adalah dengan cara meng-update aplikasi WhatsApp secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

WhatsApp Image 2021-06-21 at 21.20.10

  1. Masuk aplikasi Play Store.
  2. Cari di kolom pencarian aplikasi “WhatsApp” .
  3. Kemudian pilih Update.

7. Tidak Mengijinkan Aplikasi WhatsApp

Ijin aplikasi diperlukan supaya fitur di WhatsApp bisa di gunakan, terkadang ijin akan aktif otomatis setelah menginstal aplikasi, akan tetapi ada juga yang perlu mengijinkan aplikasi secara manual, apabila aplikasi tidak di ijinkan maka fitur pada WhatsApp akan bug dan error, Berikut adalah langkah-langkah untuk mengijinkan aplikasi WhatsApp:

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya3

  1. Tutup aplikasi WhatsApp, termasuk jendela di recent apps-nya.
  2. Pilih pengaturan.
  3. Pilih aplikasi atau apps lalu pilih aplikasi terinstal.
  4. Pilih aplikasi WhatsApp.
  5. Apabila sudah terbuka pilih menu perijinan aplikasi.
  6. Kemudian Aktifkan semua fitur yang dibutuhkan.

8. Matikan Fitur Penghemat Daya Baterai

Fitur ini sangat berguna, akan tetapi pada aplikasi tertentu fitur ini akan mengganggu aplikasi tersebut. Anda perlu mematikan fitur penghemat daya baterai, Berikut adalah cara untuk mematikan fitur penghemat daya baterai:

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya4

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Pilih menu baterai & performa.
  3. Pilih daya.
  4. Pilih setelan kemudian matikan fitur penghemat baterai.

Cara di atas berlaku untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila smartphone yang Anda gunakan merk lain tinggal sesuaikan dengan opsi yang ada di Smartphone anda.

9. Tidak Update Sistem Android

Bagi yang menggunakan Android, anda harus mengecek tentang pembaruan sistem di Android anda, karena setiap Developer sering menambahkan update baru untuk memperbaiki bug yang ada, jika tidak melakukan update sistem Android maka anda akan mengalami bug atau error, seperti aplikasi tidak bisa dibuka atau aplikasi berhenti secara tiba-tibai. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan update Android:

Baca Juga:  Tips Aman Belanja di Shopee, Agar Tidak Tertipu dan Gratis Ongkir

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya5

  1. Masuk ke pengaturan Android.
  2. Pilihan tentang telepon.
  3. Pilih pembaruan sistem.
  4. Pilih unduh pmbaruan.

Cara di atas berlaku untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila smartphone yang Anda gunakan merk lain tinggal sesuaikan dengan opsi yang ada di Smartphone anda.

10. Aplikasi WhatsApp ilegal

Sekarang sudah banyak aplikasi Android ilegal, yang memodifikasi dari aplikasi WhatsApp. Di internet anda bisa menemukan aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi, Sehingga banyak pengguna aplikasi ini yang mengalami error setelah mendownloadnya. Apabila Anda menggunakan aplikasi ini atau pernah mendownload WhatsApp lewat internet, dan mengalami error, kemungkinan WhatsApp yang anda pakai merupakan WhatsApp ilegal. Berikut adalah cara untuk mengatasinya:

  • Uninstal aplikasi WhatsApp ilegal dari smartphone anda.
  • Download kembali di Google Play Store.

Apabila anda menggunakan versi yang resmi, anda akan mendapatkan update secara berkala untuk meminimalisir terjadinya error atau bug. Sebelum anda melakukan uninstal, apabila anda melakukan uninstal maka data-data anda akan hilang termasuk foto dan chat, Sehingga anda perlu backup data terlebih dahulu sebelum uninstal aplikasi tersebut.

11. Akses Aplikasi Diblokir

Apabila di suatu negara telah memblokir akses untuk aplikasi WhatsApp, maka semua orang di negara tersebut tidak bisa mengakses atau menggunakan aplikasi WhatsApp. Solusinya adalah dengan menggunakan VPN dengan mengganti domain negara kita ke negara lain maka akses aplikasi WhatsApp bisa gunakan lagi.

12. Matikan Aplikasi Booster

Game Booster memang sangat membantu dan berguna, terutama untuk para gamers. Sistem kerja aplikasi ini yaitu membatasi aplikasi lain untuk berjalan di background. Oleh sebab itu aplikasi WhatsApp sering terkena dampak pembatasan dari Game Booster. Anda perlu mematikan aplikasi game booster tersebut, untuk mengatasi WhatsApp yang error atau tidak bisa menerima pesan.

Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami masalah WhatsApp tidak bisa menerima pesan teks, foto, atau video. Cara di atas bisa langsung Anda coba sesuai dengan permasalahan yang ada di WhatsApp anda dan penyebabnya.