Ini Dia Penyebab Laptop Hang Dan Cara Untuk Memperbaikinya
Gambar: istock

Ini Penyebabkan Laptop Hang Dan Berikut Cara Memperbaikinya

Ini Dia Penyebab Laptop Hang Dan Cara Untuk Memperbaikinya-2
Gambar: istock

Saat Anda memiliki laptop, selain berbagai kemudahan yang Anda dapatkan, selalu ada masalah. Apalagi jika laptop Anda sudah tua atau terlalu berat dan digunakan untuk menjalankan program yang akhirnya akan hang. Cara mengatasi laptop hang penting untuk Anda ketahui.

Penyebab laptop hang

Penyebab laptop lemot
Gambar: istock

1. Terlalu banyak program

Alasan kedua adalah terlalu banyak program yang menggunakan RAM. Mungkin ada program yang tidak berjalan tetapi berjalan di latar belakang. Akibatnya, laptop menjadi lambat dan hang.

2. File sistem rusak

File sistem adalah tempat semua file yang mendukung program berkumpul. Kerusakan satu atau dua file dalam folder itu dapat menyebabkan program macet. Jika Anda hanya memiliki satu atau dua program, mungkin tidak menjadi masalah karena Anda hanya menghapus program tersebut.

Namun, jika masalahnya ada pada sistem, atau file yang terkait erat dengan sistem, laptop yang menggantung dapat berulang dan menyebabkan kerusakan permanen pada laptop seiring waktu.

Baca Juga:  2+ Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal Seperti Semula

3. Ada virus

permasalahan yang sering terjadi saat laptop mengalami hang yakni karena banyak malware, virus, dan sebagainya. Virus yang menginfeksi laptop bisa menjalankan banyak program sendirian atau menghapus file di laptop.

4. Kurangnya memori

Alasan yang menyebabkan laptop sering hang adalah karena kurangnya memori atau RAM. Umumnya, jika Anda hanya memiliki RAM 4 GB, Anda dapat menjalankan sangat sedikit program. Jika dipaksakan, hasilnya akan lambat. Bahkan jika terus berlanjut, akan merusak motherboard laptop Anda.

5. Masalah hard disk

Harddisk masih menggunakan baja untuk menjalankan program. Pelat baja adalah kehidupan hard drive. Goresan pada pelat baja atau kondisi hard drive yang buruk dapat mengurangi kemampuan membaca dan mengeksekusi program dan menyebabkan laptop hang.

Cara mengatasi laptop hang

Cara mengatasi laptop hang
Gambar: istock

1. Saat memulai (Starting)

Hanging tidak hanya terjadi ketika Anda sudah menggunakan Windows. Namun bisa juga hang saat ingin booting Windows atau saat proses booting. Cara mengatasinya seperti ini:

  1. Masalah pertama yang Anda temui mungkin karena file yang hilang di sistem Anda, atau karena virus dan corrupt. Cara mengatasinya dengan cara scan registry dengan CCleaner atau scan antivirus.
  2. Jika masalah yang sama berlanjut, RAM mungkin kotor. Segera bersihkan RAM dengan penghapus karet atau penyedot debu.
  3. Jika masih hang, berarti motherboardnya bermasalah. Periksa motherboardnya. Jika rusak, berarti tidak bisa diperbaiki. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti motherboard dengan harga yang sama dengan laptop baru Anda.
Baca Juga:  Perangkat Lunak Murah Dan Cepat Pengantar Shareware

2. Melalui BIOS

Cara pertama dan bisa dibilang paling efektif untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menggunakan BIOS. itu disini;

  • Jika hang, segera restart laptop Anda. Atau, jika Anda tidak bisa, tahan tombol daya dan lakukan pematian paksa.
  • Saat listrik padam, reboot laptop Anda dan segera masuk ke BIOS. Ada banyak cara untuk masuk ke BIOS. Anda dapat menggunakan tombol F12, F11, F8, F2, atau lainnya tergantung pada laptop Anda.
  • Setelah berhasil login, pilih menu Advanced BIOS Features.
  • Cari sesuatu yang berhubungan dengan cache BIOS. Kemudian nonaktifkan.
  • Dalam hal ini, simpan, lalu klik Enter dan restart laptop Anda.
  • Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi laptop hang saat dihidupkan.

3. Mengatasi not-responsif

Hang juga ada dalam bentuk not-responsiveness. Jika hang, ini masih level cerah. Berikut cara mengatasi hang ketika laptop anda tidak responsif:

  • Tekan Shift > CTRL > Esc atau CTRl + Alt + Del secara bersamaan.
  • Kemudian, setelah masuk ke Task Manager > End Task pada program yang tidak responsif.
  • Jika Anda memilikinya, laptop Anda biasanya akan berfungsi dengan baik lagi. Jika masih hang, mungkin programnya rusak atau laptop Anda mungkin tidak kuat. Dalam hal ini, berhenti sebelum merusak sisa laptop Anda.
Baca Juga:  Cara Copy Paste Tabel Pada Word Agar Hasilnya Sama

4. Saat bermain game

Saya juga memiliki masalah hang saat bermain game. Cara mengatasi laptop hang saat bermain game mirip dengan cara di atas. Anda dapat menyelesaikan tugas secara terprogram atau membersihkan laptop Anda dari file sampah. Jika masih hang, masalahnya ada di sini.

  1. laptop tidak cukup kuat untuk bermain game, solusinya jangan di gunakan untuk bermain game.
  2. Jika Anda merasa sangat panas, kipas laptop Anda mungkin mati. Solusinya adalah segera ganti kipas angin.
  3. Jika kipas tidak apa-apa, mungkin ada masalah dengan hard drive yang rusak.
  4. Jika hard drive baik-baik saja dan hang, pasta termal mungkin hilang. Mohon segera diganti.
  5. Termal paste aman. Fans baik-baik saja. Masalahnya adalah RAM atau VGA yang rusak. Solusinya dengan mengganti komponen tersebut.

Lalu bagaimana cara memperbaiki laptop agar tidak hang lagi? Jika itu tidak berhasil, silakan tulis di komentar di bawah.