Lensa Anamorphic Ulanzi 1.33XT Lensa Smartphone Sinematik & Profesional

Anamorphic Ulanzi 1.33XT: Lensa Smartphone Sinematik & Profesional

Lensa Anamorphic Ulanzi 1.33XT
Gambar: shopee.co.id

Aksesoris unik yang bisa bikin hasil video dari smartphone kalian jadi sinematik ala-ala film bioskop. Aksesoris videografi ini menggunakan handphone sebagai alat perekamnya, ini adalah lensa anamorphic 1,33XT dari ulanzi yang dijual seharga Rp750.000 (harga sewaktu-waktu bisa berubah), memang bukan harga yang murah untuk sebuah aksesoris lensa buat smartphone.

Apalagi kalau dibandingin dengan lensa tele converter atau Ultra wide converter, tapi sebenarnya cukup wajar karena lensa ini menawarkan karakteristik yang lebih unik dan pastinya akan terkesan lebih profesional, jadi bukan cuma cara memperbesar objek atau memperluas angle aja, lensa ini ditujukan khusus untuk membuat karakteristik gambar tertentu.

Baca Juga: 9 Aplikasi Penguat Sinyal di HP Android Terbaik

Lensa anamorphic

Lensa anamorphic-2
Gambar: shopee.co.id

Jadi Lensa anamorphic itu adalah lensa yang memang dipakai juga dalam pembuatan film sinema dengan karakter dimana dia akan menshare atau memadatkan gambar yang lebih panjang ke ukuran video standard, jadi dia menangkap gambar dengan luas wide screen pada ukuran 1,33x yang kita pakai di sini dengan aspek rasio 2,4:1 tapi di padatin ke ukuran video standar yaitu 16:9 Sehingga nantinya gambar yang ditangkap kalau kalian lihat itu bakal terkesan gepeng atau memang jadi gepeng dan nantinya di post-processing video tersebut akan di stretch lagi menjadi ukuran sebenarnya yaitu 2,4:1 yang merupakan salah satu aspek rasio standar sinema juga,  atau banyak yang menyebutnya memang anamorphic wide screen.

👉TRENDING:   Ulasan Kamera Digital Terpercaya

Tapi beberapa kamera high-end juga ada yang gak perlu dibenerin nya pas editing, karena bisa langsung stretch di kameranya, untuk beberapa kamera high-end yang memang ditujukan untuk videografi biasanya, pada videografi dengan menggunakan smartphone teknik ini punya kelebihan juga karena ada aplikasi-aplikasi yang bisa langsung stretch videonya juga, jadi lebih enak juga buat ngatur komposisi video kita, walaupun sayangnya biasanya aplikasinya berbayar.

Lensa Ulanzi

Lensa Anamorphic Ulanzi 1.33XT Lensa Smartphone Sinematik & Profesional
Gambar: shopee.co.id
Nah sekarang kita bahas si lensa ulanzi ini dulu, lensanya datang dengan sebuah hardcase yang cukup membantu kalau kalian mau bahwa lensa nya, di dalamnya ada unit lensa, 2 buah penjepit HP.
  1. Yang simpel dengan model spring
  2. Yang lebih proper dengan sistem knock

Ini sih kalian nyesuain aja, kalau sering pindah-pindah disaranin pakai model jepitan biasa aja, tapi kalau mau yang lebih proper dan stay di satu HP aja ya pakai yang agak bagusan. Lalu kita dapat semacam pelindung, kunci L yang kecil dan karena ini produk optik pastinya dapat microfiber cloth juga buat ngelap, buat built quality lensa ini sama sekali gak mengecewakan, benar-benar Solid dan terasa profesional dan kalau kalian lihat di bagian optiknya ini bener-bener keren banget proper lensa anamorphic.

👉TRENDING:   Review Kamera Digital Kodak

Kalau kalian merekam pakai lensa ini gambar kalian secara default akan terlihat gepeng, gambar yang kalian tanggap menggunakan HP dan nantinya kalian bisa benerin di post-processing dimana hasilnya akan jadi wide screen, cara benerinnya juga gampang, kalian bisa pakai Adobe Premiere masukkin ke Adobe Premiere lalu tinggal klik kanan aja filenya di dalam Premier pilih modify interpret footage di bagian Conform pilih opsi HD anamorfix 1,33.

Jika pakai aplikasi Filmic Pro langsung dari HPnya, itu lebih simpel jadi ketika shot kalian bisa pilih ikon gear pilih hardware dan aktifin 1,33x anamorphic adapter dan gambar kalian akan langsung ngestretch, begitu juga di hasil perekamanya nanti, jadi ketika syuting pun kalian bisa langsung lihat premium hasil akhirnya dan itu jauh lebih simple dan lebih membantu, otomatis buat hasilnya sendiri cukup baik, gambarnya lumayan tajam dan yang paling kelihatan jelas adalah gambar semakin terasa dramatis dengan aspek rasio wide screen.

Kesimpulan

Kesimpulanya memang untuk sebuah aksesoris lensa buat smartphone produk ini terdengar cukup mahal di 750ribu tapi efek yang dibawa cukup unik dan memberikan gambar yang terkesan dramatis yang memang hanya bisa dibuat oleh lensa anamorphic dan Hal itu membuat dia cukup layak buat di kembangkan kalau kalian ada budget-nya dan memang mau bereksperimen secara visual dengan karakter gambar dari lensa anamorphic.