open source2

Perangkat lunak sumber terbuka (open source)

Perangkat lunak sumber terbuka (open source)

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di Internet, Anda mungkin pernah mendengar tentang perangkat lunak sumber terbuka, tetapi Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami apa itu dan mengapa itu ada. Artikel ini menjelaskan fenomena terkini dan membahas beberapa manfaat perangkat lunak yang digunakan komunitas.

Singkatnya gini , perangkat lunak sumber terbuka (open source) adalah sebuah perangkat lunak yang telah dibuat oleh seseorang-untuk semua orang dan Harapan di balik perkembangannya adalah untuk menjadi berkembang melalui akses terbuka untuk mewakili keinginan  dari pengguna komputer.

Baca Juga: 3 Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Melalui jaringan pengguna yang luas, perangkat lunak ini diskalakan dan di-debug tanpa adanya biaya atau kebijakan administratif.

Perangkat Lunak Sumber Terbuka (open source)

Secara tradisional, perangkat lunak telah dikembangkan di ruang tertutup. Sebuah tim yang membuat kode profesional membangunnya, tapi semua komunitas bukan bagian dari konsep ini. Produksi itu mahal, seperti dengan prediksi anda, biaya itu di lanjutkan ke konsumen pengguna akhir.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Layar Laptop Berbayang, Efektif dan Mudah

Perangkat lunak open source, di sisi lain, gratis. Anda dapat mengunduhnya juga secara gratis, menginstalnya secara gratis, menggunakannya secara gratis, memodifikasinya secara bebas, dan membagikannya secara gratis dan bebas.

Fenomena ini, dimulai lebih dari 20 tahun lampau, tumbuh baik dalam popularitas dan eksposur. Open source, pada konsep awal, menciptakan World Wide Web.

Baca Juga: Begini Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word

Seluruh Internet adalah hasil dari izin gratis untuk mengakses sebuah Web, menggunakan Web, berkontribusi ke Web, dan berbagi Web dengan orang lain. Tapi itu tidak berhenti di situ saja. Belum lama ini, Netscape mengonversi versi komersial dari browser web Navigator menjadi open source. Dan hari ini, open source juga memasuki arena komersial.

Hal yang ada di pikiran saya adalah bahwa ide open source mungkin terdengar tidak biasa bagi siapa saja yang berkerja dari pengembangan perangkat lunak dan internet. Namun fakta menunjukkan bahwa prediksi yang berbeda. Perangkat lunak open source memungkinkan bisnis untuk mengubah citra dan pindah di pasar yang sebelumnya yang tidak terjangkau.

Baca Juga:  Jenis File Dan Ekstensi Pada Laptop Dan Komputer

Perangkat lunak sumber terbuka (open source)

Di dunia bisnis, open source adalah semua tentang citra, dan ketika konsumen menyaksikan sebuah perusahaan memberikan kontribusi kepada pembeli (daripada menjual), mendapat banyak dukungan di mata pengguna (dan banyak lagi) Peluang besar untuk menjual barang).

Mengajak masyarakat umum untuk mengembangkan produk dan membangun komunitas dan kepercayaan masyarakat. Juga, siapkan platform untuk meningkatkan keandalan. Penggemar program open source sangat mengkritik versi komersial karena tetap berpegang pada perangkat lunak tepercaya dan menjadi buggy dan rawan kesalahan. Bahkan penggemar yang antusias telah menyatakan komersialisme sebagai penyebab perangkat lunak yang tidak sedap dipandang.

Manfaat Dari Open Source

Manfaat lain dari open source yaitu untuk kecepatan pengembangan, perluasan, dukungan, serta distribusi produknya. karena orang yang teratur berkontribusi pada produk open source dan berkontribusi dengan alasan yang tidak termotivasi (mungkin selain buat memenuhi ego mereka).

Mereka sangat berbakat, tersedia dan peduli. Mereka membawa uang ke dalam sebuah proyek yang bisa berarti kematian yang hampir instan. Ini membunuh keinginan, motivasi, dan keinginan untuk menciptakan produk yang bagus. Dan inilah yang menempatkan proyek open source jauh di depan kompetisi monetisasi mereka.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Layar Laptop Warna Merah

Ini menunjukan sebagai pengguna perangkat lunak, Anda bisa berkontribusi pada proyek sumber terbuka serta membantu untuk mengembangkan produk yang cocok untuk Anda. Anda tidak akan “terjebak” dengan perangkat lunak ini, seperti yang di lakukan dengan pengolah kata atau database.

Anda mungkin bertanya di mana Anda bisa mengambil bagian dalam kesempatan yang luar biasa ini. Ada banyak peluang open source di Internet yang dapat dengan mudah anda ditemukan di mesin pencari mana pun. “Proyek Sumber Terbuka” Google dan Anda pasti akan menemukan lebih banyak lagi sumber daya di mana Anda dapat mengayunkan tongkat!