Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar

0

Berbagai file sistem dan aplikasi di telepon itu sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), disimpan di memori internal perangkat sebelum disimpan di RAM. Jika perlu, file atau aplikasi ini akan dimuat ke dalam RAM untuk membantu Anda melakukan panggilan dengan lancar. Jika suatu file atau aplikasi sedang tidak digunakan, RAM secara otomatis menghapusnya sehingga sebagian dari RAM yang digunakan dapat digunakan kembali oleh aplikasi lain.

Semua informasi yang tersimpan di RAM juga biasanya hilang atau terhapus secara otomatis saat Anda me-restart telepon Anda.
Selain fitur-fitur utama tersebut, RAM juga berguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mengurangi kinerja ponsel secara keseluruhan. Proses ini dikenal sebagai multitasking. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan beberapa aplikasi yang sering digunakan di RAM (latar belakang) ponsel ketika mereka ingin membuka aplikasi lain.

Kini, ketika aplikasi akan dijalankan, pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa menunggu lama, atau menampilkan layar siaga (loading screen) yang biasanya ditampilkan saat aplikasi dijalankan. Hal ini bisa dikatakan meningkatkan efisiensi penggunaan smartphone. Hal ini karena jika aplikasi tidak disimpan di RAM, ponsel akan membaca data aplikasi dari memori internal dan berulang kali memindahkannya ke RAM.

Baca Juga:  Apple Resmi Luncurkankan iPhone 13, Ini Daftar Harganya

Apakah Kecepatan Ponsel Tergantung Pada Jumlah RAM?

Apakah Kecepatan Ponsel Tergantung Pada Jumlah RAM
Gambar: istockphoto.com

Jadi apakah kapasitas RAM mempengaruhi kinerja ponsel? Ini mungkin berhasil, tetapi mungkin tidak. Di atas kertas, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak ruang yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menutup aplikasi favoritnya atau membersihkan RAM secara rutin.

Namun, hal ini tampaknya tidak berlaku untuk smartphone bermerek Apple. Hal itu dikarenakan kapasitas RAM kedua iPhone tersebut sama generasinya, atau bahkan jika dirilis di tahun yang sama, biasanya tidak sebesar ponsel Android. Namun, Hal ini bukan berarti iPhone lebih lambat di banding ponsel Android. Pasalnya, berbagai aplikasi yang berjalan di iPhone biasanya dioptimalkan agar tidak memakan RAM ekstra, namun tetap berjalan lancar.

Tinggalkan Komentar