Fungsi RAM Pada Smartphone, Dan Alasan Kenapa Harus Memilih RAM Besar

0

Hal ini dimungkinkan karena iPhone menjalankan sistem operasi (OS) milik Apple sendiri, iOS. Di sisi lain, ponsel dengan OS Android banyak digunakan oleh vendor ponsel, sehingga proses optimasi berbagai aplikasi bisa merepotkan para pengembang aplikasi itu sendiri. Selain itu, manajemen RAM iPhone dan sistem notifikasi telah diatur sedemikian rupa oleh Apple untuk menghemat lebih banyak RAM.

Haruskah Memiliki Banyak RAM? 

Haruskah Memiliki Banyak RAM 
Gambar: istockphoto.com

Kemudian muncul pertanyaan lain. Apakah Anda membutuhkan ponsel dengan banyak RAM? Tentu saja, jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada tujuan penggunaan pemilik ponsel. Semakin banyak aplikasi yang Anda instal atau jalankan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan.

Hal ini juga berlaku saat bermain game. Jika pengguna ingin memainkan berbagai game berat seperti PUBG Mobile dan Asphalt 9, sebenarnya mereka membutuhkan lebih banyak RAM agar dapat memuat game-game tersebut ke dalam RAM.

Itu karena kedua game mengkonsumsi sekitar 1GB RAM saat berjalan. Smartphone kelas menengah yang ada di pasaran saat ini memiliki RAM yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Tinggalkan Komentar