Cara Berlatih Renang Gaya Dada Untuk Pemula-2

Cara Cepat Berlatih Renang Gaya Dada Untuk Pemula

Cara latihan renang gaya dada
Gambar: pexels.com

Renang gaya dada alias gaya katak, karena gerakanya mirip gerakan katak pada saat berenang. Berikut adalah cara atau tahapan awal bagaimana belajar renang dengan gaya dada atau gaya.

Cara latihan renang gaya dada

1. Pemanasan

Pemanasan renang
Gambar: pexels.com

Prosedur awal sebelum kita berenang adalah melakukan pemanasan, tujuannya adalah untuk menghindari cedera otot, kram perut dan kram kaki pada saat berenang. Lakukanlah peregangan dari mulai kepala hingga kaki, setelah itu lakukan gerakan tambahan seperti sit-up minimal 20 kali, lalu gerakan kaki menggunting sebanyak 30 kali, gerakan kaki seperti mengayuh sepeda sebanyak 30 kali dan gerakan buka tutup kaki minimal sebanyak 30 kali, kemudian gerakan tambahan lainnya adalah lari kecil keliling kolam minimal sebanyak 3 kali putaran.

2. Latihan pengambilan nafas

Latihan yang pertama adalah latihan pengambilan nafas, kalian bisa lakukan latihan ini dgn berpeugangan pd tepi kolam renang, pada saat kalian memasukkan kepala kedalam air pd sat itulah kalian membuang nafas didalam aer, kemudian pada saat kepala kalian naik diatas permukaanair pd sat itulah kalian mengambil nafas diatas permukaanair. Lakukanlah grakan ini scaraberulang-ulang sampai kalian menemukan ritme yang tepat pd sat kalian membuang nafas diatas air dan membuang nafas didalam air.

3. Latihan gerakan kaki

Latihan gerakankaki, kalian dapat memanfaatkan tangga naik turun pd pinggir kolamrenang utk peugangan, membantu menyeimbangkan tbuh agar tetap lurus dan mengembang dipermukaan air, kemudian mulailah menggerakan kaki, bukalah kaki selebar mungkin sambil menekuk lutut ke samping kemudian tendang lalu tutup kaki secara cepat.

đŸ‘‰TRENDING:   Prediksi Skor Club Brugge vs Man City : Liga Champions UEFA 2021/2022

Kemudian lemaskan kaki pada saat posisi kaki menutup atau lurus, lakukanlah grakan ini scara berulang2 sampai gerakan kalian sempurna serta memperoleh daya dorong kuat serta rasakan apabila ada daya dorong kedepan berarti gerakan kaki kalian sudah bener.

4. Meluncur dengan bantuan pelampung

Latihan gerakan kaki
Gambar: pexels.com

Kalian bisa gunakan bantuan pelampung yakni dgn mluncur dan tngan berpeugangan pd pelampung mengarah kedepan dgn kepala diatas permukaanair, Mulailah dilintasan atau jarak renang yang pendek, lakukan latihan ini scara berulang2 sampai kalian menemukan gerakan sempurna serta daya doronganya kenceng, kemudian setelah itu lakukan gerakan meluncur yg sama tetapi dgn posisi kepala masuk kedalam air sambil berlatih membuang nafas di dalam air, lakukan ini secara berulang-ulang sampai kalian meluncur dengan cepat sambil berlatih cara pengambilan nafas.

Setelah kalian berlatih dengan jarak lintasan pendek, kalian juga harus coba dengan jarak lintasan yang lebih jauh, kalian bisa lakukan 2 atau 3 kali kayuhan kaki kemudian kalian bisa ambil nafas diatas permukaan air, lakukan latihan ini secara berulang-ulang sampai kalian menemukan daya luncur yang cepat.

đŸ‘‰TRENDING:   Indonesia VS Tajikistan di TV Mana? Siaran TV & Live Steaming

5. Latihan gerakan tangan

Tahap selanjutnya adalah  latihan gerakantangan, kalian dapat menggunkan bantuan pelampung dgn dijepit diantara kedua kaki utk membantu agar kaki tetap dapat mengambang diatas permukaanair, kemudian mulailah menggerakkan tngan, fungsi kayuhan tanganpada renanggaya dada disini adalah hanya untuk mengangkat dada dan kepala kalian ke atas permukaan air pada saat kalian akan mengambil nafas.

Untuk daya dorong atau luncuran renang gaya dada ini adalah lebih mengandalkan gerakan atau kayuhan kaki, apabila gerakan kaki kalian sudah benar dan kayuhan kaki kalian sudah kuat, maka luncuran nya pun akan semakin cepat. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang sampai kalian terbiasa membuang nafas di dalam air serta mengambil nafas diatas air.

6. Kombinasikan gerakan kaki, tangan, serta pengambilan nafas

Kemudian tahap selanjutnya adalah berenanglah dgn jarak yg pendek dgn mengombinasikan ketiga grakan tadi, grakan kaki, tangan, serta cara peungambilan nafas, perhatikan padasaat kaki mengayuh, pada saat itu pulatangan mengarah kedepan, kemudian pada saat peluncuran terasa sudah mulai melambat tarik tangan kalian untuk mengayuh dan posisi kayuhan tangan cenderung mengarah ke bawah agar dada dan kepala kalian terangkat kepermukaan air agar kalian bisa mengambil nafas.

đŸ‘‰TRENDING:   Psikologi Tunggal dan Ganda Dalam Permainan Tenis

Apabila kalian sudah merasa yakin serta bisa, kalian bisa coba berenang dengan jarak yang lebih jauh, sambil menyempurnakan gerakan dan memperkuat luncuran.