Begini Cara Login Aplikasi SIPlah Kemdikbud

Cara Login Aplikasi SIPlah KemdikbudSIPlah sebagai ringkasan dari Sistem Info Penyediaan Sekolah ialah mekanisme electronic yang bisa dipakai oleh sekolah dalam pemenuhan barang dan jasa secara Online (dalam jaringan) saat memakai dana yang mengambil sumber dari Kontribusi Operasional Sekolah (BOS) yang diberi oleh Kementrian Pengajaran dan Kebudayaan.

Mengarah pada Permendikbud Nomor 35 tahun 2019 mengenai Perubahan ke-2 atas Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 mengenai Petunjuk Tehnis Kontribusi Operasional Sekolah Reguler, Arah dari pemakaian SIPlah sendiri ialah seperti berikut ini :

1.) Mendorong Transparasi Pemenuhan Barang/Jasa di Sekolah dengan Pengadaan dan Transparansi Info atas perincian transaksi bisnis belanja yang dapat dijangkau oleh beberapa pihak pemangku kepentingan

2.) Tingkatkan Pertanggungjawaban belanja, dengan pendataan PBJ di Sekolah

3.) Membuat perlindungan dan Memberi perasaan aman untuk aktor dan penanggungjawab atas PBJ di Sekolah

4.) Membenahi Kualitas PBJ di Sekolah

5.) Kurangi Potensi dan Ruangan buat manipulasi dan penyimpangan kuasa dalam melakukan PBJ di Sekolah

6.) Memudahkan dan Menyederhanakan Laporan Sekolah

Baca Juga:  Ini 5 Aplikasi Islami Terbaik di Android Untuk Ibadah

Tentu saja tujuan itu sangat positive bukan, seperti pembelian seperti beli produk lewat cara online SIPlah sendiri sangat gampang buat di gunakan.

Cara Login Aplikasi SIPlah Kemdikbud

Lalu bagaimanakah langkah untuk lakukan proses PBJ dan BOS Reguler di Sekolah ? saat sebelum ketahap itu dalam SIPlah sendiri salah satunya ada 6 Partner yang telah tercatat di kemendikbud salah satunya ialah :

1.) SIPlah INTI yang diakomodasi oleh PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dengan alamat web https://siplah.id

2.) SIPlah Eurekabookhouse.co.id yang diakomodasi oleh PT. Eureka BookHouse dengan alamat web https://eurekabookhouse.co.id

3.) SIPlah Blanja.com yang diakomodasi oleh PT. Metraplasa dengan alamat web https://siplah.blanja.com

4.) SIPlah Tokoladang yang diakomodir oleh PT. Ladang Karya Husada dengan alamat web https://siplah.tokoladang.co.id

5.) SIPlah Pesona edu yang diakomodasi oleh PT. Pesona Edukasi dengan alamat web https://siplah.pesonaedu.id

6.) SIPlah BliBli.com yang diakomodasi oleh PT. Global Digital Niaga dengan alamat web https://siplah.blibli.com

Buat langkah pembelian produk atau ingin lakukan proses PBJ BOS Reguler memakai SIPlah sendiri ialah seperti berikut ini :

Baca Juga:  BoothCool Web Android Edit Foto Jadi Abstrak Online

1. Membuka Bos.kemdikbud.go.id maka tampil halaman seperti berikut pada gambar berikut ini :

Cara Login Program SIPlah Kemdikbud

2. Ada Penampilan warna ungu di sudut bawah kanan click “Masuk SIPlah” lalu akan ada penampilan seperti berikut ini :

Cara Login Program SIPlah Kemdikbud

3. Tentukan Mitra yang ada di halaman itu misalnya saja saya ingin cari produk pada mitra tokoladang karena itu click web https://siplah.tokoladang.co.id/ itu dan akan ada halaman seperti berikut ini :

Cara Login Program SIPlah Kemdikbud

4. Bila sudah sampai tingkatan ini karena itu di samping kanan atas anda ada menu “Masuk” lalu click menu itu dan nanti anda akan dibawa pada halaman login seperti gambar berikut :

Cara Login Program SIPlah Kemdikbud

5. Bila kamu merupakan penyuplai/penjual silakan masukan emai/nomor handphone dan password kalian, bila anda sebagai konsumen silakan click Masuk dengan DAPODIK pada pop up login itu di samping tengah bawah, dan anda akan ditujukan dalam menu seperti berikut ini :

6. Silakan saran e-mail dan sandi Dapodik memakai e-mail kepala sekolah atau bendahara pada halaman itu. karena aku bukan admin sekolah karena itu buat tahapan selanjutnya saya kira kalian telah masuk pada tahapan itu dan jika sudah masuk anda dapat segera cari produk yang kalian perlukan sama sesuai RKAS dan click membeli lalu lanjut ke pemesanan.

Baca Juga:  4 Cara Agar Status WA Dilihat Banyak Orang, Mudah di Lakukan

Karena banyak yang mengeluhkan tidak dapat login pada SIPlah karena itu bila hal tersebut terjadi coba lihat berikut :

  • Pastikan anda login memakai e-mail kepala sekolah/bendahara BOS
  • Buat Login memakai account Operator Dapodik Sekolah tidak bisa dipakai pada SIPlah
  • Disamping itu pemakai yang dapat login ke BOS Online tidak bisa masuk ke siplah karena berlainan peranya
  • Bila hal itu belum juga bisa silakan di perbaiki pada Management pemakai dapodik selanjutnya di Sinkronkan kembali buat memperoleh akses di SSO siplah lalu nantikan sehari berikutnnya buat memakai e-mail kepala sekolah/bendahara

Demikian pemnahasan yang sudah portalekonomi.com rangkum mengenai Cara Login Program SIPlah Kemdikbud, mudah-mudahan menolong anda pada proses PBJ Sekolah lewat SIPlah