Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan PC Atau Laptop Yang Lambat 9
Gambar: istockphoto.com

Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan PC Atau Laptop Yang Lambat

Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan PC Atau Laptop Yang Lambat 3
Gambar: istockphoto.com

Bekerja di komputer yang terasa lambat kinerjanya bisa sangat mengganggu, membuang-buang waktu tunggu, dan pastinya bisa menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Komputer yang lambat tidak selalu karena perangkat keras yang tidak memadai. Bisa juga karena isinya sudah penuh atau terlalu banyak yang tidak penting untuk komputer Anda.

Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer

Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan PC Atau Laptop Yang Lambat 2
Gambar: istockphoto.com

Seperti dilansir Telegraph, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat komputer. Di bawah ini adalah metode yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat Laptop, Komputer atau PC.

Pasang Solid State Drive

Hard drive biasanya menjadi alasan utama memperlambat PC Anda. Secara khusus, itu melambat selama proses boot. Memang sedikit lebih mahal, tetapi Anda dapat menggunakan perangkat solid-state drive yang dipercaya dapat mempercepat proses akselerasi fungsionalitas PC Anda secara otomatis.

Uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Terkadang seseorang hanya menginstal aplikasi dan berhenti menggunakannya. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak digunakan dari komputer Anda untuk menghindari ketegangan. Selain itu, kami tidak menyadari bahwa beberapa aplikasi yang kurang penting berjalan di latar belakang, yang dapat memperlambat kinerja komputer Anda.

👉TRENDING:   Cara Mendapatkan Teman Korea di Telegram

Untuk menghapusnya, buka Control Panel > Programs and Features > Uninstall program.

Tingkatkan Kapasitas Hard Disk

Meskipun kami sangat antusias untuk menghapus file-file sementara dari komputer Anda, kami menyarankan Anda untuk mengosongkan ruang dengan meningkatkan atau meningkatkan kapasitas hard disk Anda. Selain melakukan upgrade, sebenarnya Anda bisa memberikan ruang kosong dengan cara menghapus file-file lama yang jarang digunakan atau tidak pernah digunakan.

Hapus File Temporary Otomatis

Tanpa disadari, komputer membuat file sementara atau temporary dan menyimpannya ke dalam hard disk (HDD) komputer pengguna. Tumpukan file-file ini dapat memperlambat komputer Anda. Untuk menghilangkannya, buka My Computer, pilih drive C, buka folder Windows dan kemudian akses folder Temp. Kemudian gunakan klik kanan mouse untuk memilih opsi View, lalu pilih Details, lalu hapus semua file dan file lama di Recycle Bin.

Batasi Aplikasi Tertentu

Salah satu penyebab komputer PC menjadi lambat adalah beberapa aplikasi berjalan secara otomatis saat proses booting. Ini membuat komputer lebih berat saat dinyalakan. Untuk mengkonfigurasi, buka Start > Run > kecik msconfig > Enter.

👉TRENDING:   Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Ms Word

Akan muncul tab Startup, yang berisi semua program yang dapat Anda tandai. Jika Anda merasa tidak perlu menjalankan program saat startup, Anda dapat menghapus centangnya.

Gunakan Disk Defragmenter

Gunakan fitur defragmentasi disk jika komputer Anda sibuk memilih file-file ini saat proses sedang berjalan karena file sistem tersebar dan tidak teratur dan dapat memperlambat komputer Anda, Anda dapat mengatur file sistem Anda. Untuk mengakses fitur ini, buka My Computer, klik kanan Hard Drive, pilih Properties, dan ada tombol Optimize Now di bawah tombol Tools.

Gunakan RAM yang besar

RAM atau memori akses acak adalah perangkat keras yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai program. Semakin banyak program yang digunakan komputer Anda, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan. Kapasitas rendah dapat memperlambat komputer Anda saat mengakses file dan aplikasi berukuran besar.

Lakukan Cleanup

Windows memiliki fitur Disk Cleanup. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari file sistem untuk file yang tidak diinginkan seperti internet sementara dan program instalasi. Untuk mengaksesnya, buka Start> All Programs> Accessories> System Tools> Disk Cleanup.

👉TRENDING:   Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Pc atau Laptop

Bersihkan Komputer Dari Debu

File tidak selalu disimpan di komputer Anda, yang memperlambat komputer Anda. Debu yang menempel dan menumpuk di komputer Anda juga dapat menghambat kinerja perangkat keras Anda. Debu menghalangi aliran udara dan dapat menyebabkan komputer menjadi cepat panas/overheat. Jika panas terlalu kuat, dapat memperlambat kinerja komputer Anda.

Terapkan IP Statis Komputer

Saat komputer boot, sistem menghabiskan waktu mencari informasi jaringan untuk mendapatkan alamat IP. Menggunakan IP statis tidak hanya menyederhanakan pengaturan jaringan, tetapi juga mengurangi waktu boot komputer.

Anda dapat mengakses Jaringan dan Pusat Berbagi dan memilih Ubah Pengaturan Adaptor. Kemudian klik kanan pada adaptor lokal komputer Anda dan pilih Properties. Selanjutnya anda perlu memperhatikan judul “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan pilih tombol Properties.

Di kolom Gunakan alamat IP berikut, masukkan IP, subnet mask, dan gateway default yang benar, tergantung pada jaringan Anda. Untuk menemukan IP, subnet mask, dan gateway default, pengguna pergi ke Start, Run, dan ketik cmd. Dalam mode command prompt, Anda akan melihat ipconfig / all dan tampilan IP.