Cara Memperbaiki Headset Yang Rusak 5

Cara Memperbaiki Headset Yang Rusak

Cara Memperbaiki Headset Yang Rusak 2
Gambar: istockphoto.com

Mendengarkan musik menggunakan headset sering dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari. Headset dan earphone adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang suka mendengarkan musik, kehadiran headset memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dengan lebih jelas dan nyaman.

Bahkan bagi sebagian orang, headset menjadi aksesori pelengkap yang tidak boleh lupa Anda bawa saat bepergian. Akan tetapi, sering kali headset tiba-tiba rusak dan tidak berbunyi sama sekali. Jika tidak dirawat dengan baik, alat ini bisa mengalami berbagai jenis kerusakan, kerusakan dapat terjadi berupa headset mati, suara senyap, atau headset mati total.

Cara Memperbaiki Headset Yang Rusak

Cara Memperbaiki Headset Yang Rusak 4
Gambar: istockphoto.com

Bagaimana saya bisa memperbaiki ini? Jika hal ini terjadi, jangan langsung mempertimbangkan untuk membeli headset baru. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki headset yang rusak.

Baca Juga:  0857 Nomor Apa, Kartu Apa, Daerah Mana, Cek Disini

Headset Terputus

Cara memperbaiki headset yang rusak hanya untuk headset yang kabelnya putus. Headset rusak adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Hal ini biasanya terjadi karena earphone tercabut secara tidak sengaja dan kabel putus.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba mendengarkan musik lalu coba tekuk kabelnya hingga bagian yang mati mengeluarkan suara, jika Anda sudah tahu di mana masalahnya, Anda bisa memotong kabel menjadi dua bagian. Namun, jangan memotong kabel kecil di dalamnya, setelah memutuskan sambungan, Anda akan melihat 3-4 jaringan kabel dalam berbagai warna dengan ukuran lebih kecil, hubungkan kabel berwarna yang benar ke pita untuk memungkinkan headphone berfungsi dengan baik lagi.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda perlu lebih berhati-hati  dalam menggunakan headset, terutama saat berlari atau di tempat ramai.

Headset Rusak Di Speakernya

Jika Anda tidak dapat mendengar suara apa pun setelah meraba-raba atau menekuk semua bagian kabel headset, bagian yang rusak mungkin ada di speaker headset.

  • Bongkar penutup plastik dengan hati-hati dan lepaskan kepala speaker headset
  • Periksa bagian dalam speaker headset untuk melihat apakah kabel telah dilepaskan dan tersambung ke chip speaker headset.
  • Dalam beberapa kasus, kabel yang terputus perlu disolder dengan ujung kecil untuk menyambungkan kembali ke slot speaker headset.
  • Hati-hati dengan proses penyolderan. Jauhkan panas dari solder dari tangan Anda dan bagian lain dari headset.
  • Tunggu hingga kabel mengering dan pastikan kabel terhubung
  • Tutup kembali headset dan jika semuanya berjalan lancar, coba putar audio headset.
Baca Juga:  5+ Cara Menggunakan SAT GPS Tracker Terbaru 2024

Suara Di Headset Kecil

Headset bass biasanya memiliki volume musik yang rendah atau kabel earphone yang bengkok. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menerapkan pita hitam pada area yang rusak agar tidak bengkok, atau menggunakan aplikasi tambahan untuk memaksimalkan volume.

Headset Menyetrum

Masalah ini sangat berbahaya karena dapat melukai telinga anda. Sengatan listrik headphone disebabkan oleh headset yang dipakai saat mengisi daya telepon atau karena korsleting listrik di headset. Jangan gunakan earphone dalam mode pengisian daya untuk mencegah earphone korslet.

Jack Headset Patah Di Dalam Ponsel

ini sangat mengganggu karena tidak bisa mendengarkan musik dengan earphone karena bagian yang patah masih menempel di area jackport. Masalah ini membuat earphone tidak dapat digunakan dan Anda tidak dapat mendengarkan musik dari earphone di ponsel Anda.

Bagian yang sulit adalah bagaimana menyingkirkan patahan earphone dari area jackport. Caranya adalah dengan menggunakan cotton bud dengan lem di bagian ujungnya, kemudian masukkan kapas dan tekan sampai menyentuh fraktur lalu diamkan sampai lem menempel di patahan headphone, tarik perlahan cotton bud sampai patahan headphone keluar.