Awas Malware Penyedot Pulsa Ada di 200 Aplikasi Berbahaya

0

Portalekonomi.com— Penguna Smartphone harus lebih berhati-hati dalam mengunduh Aplikasi, Ada 200 an lebih Aplikasi berbahaya yang di gunakan untuk menyedot pulsa korban.

Perusahaan riset keamanan siber Zimperium Labs menemukan Aplikasi berbahaya itu. Mereka memberi tau terdapatnya perangkat lunak beresiko ataupun virus yang bernama” Gift Horse”. Malware tersebut diyakini aktif selama 5 bulan, antara November 2020 sampai April 2021.

Aplikasi berbahaya sedot pulsa

Menurut laporan, malware ini menyusup ke Play Store serta ditemui di 200 aplikasi Android. Sebagian aplikasi ini berasal dari bermacam jenis mulai dari tools, style hidup hiburan, kencan online, personalisasi,  serta banyak lagi.

Salah satu aplikasi Android yang menyebarkan malware ini yaitu Handy Translator Pro, telah diunduh lebih dari 500.000 kali.

Secara total, terdapat jutaan korban yang hilang karena aplikasi malware Gift Horse ini. Para korban menyebar ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Australia, India, Indonesia serta lain- lain.

Baca Juga:  Lapangan Badminton di Medan: Tempat Seru untuk Olahraga Santai

Menurut informasi Phone Arena, malware Gift Horse bekerja dengan mengaitkan ponsel dengan layanan premium ataupun berbayar tanpa sepengetahuan korban. Uang rata- rata yang dicuri peretas dari korbannya memakai skema ini adalah 42 USD per bulan ataupun dekat Rp660 ribu (kurs 15.000. 00).

Cara kerja aplikasi

Dalam laporan mereka, periset Zimperian Labs, Aazim Yaswant serta Nipun Gupta menulis kalau penipuan ini juga memakai metode phishing serta bersembunyi di balik aplikasi Android.

Tinggalkan Komentar