WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

0

Walaupun sudah di dimiliki oleh perusahaan besar Facebook, akan tetapi dalam beberapa waktu WhatsApp bisa mengalami gangguan server. Gangguan server bisa sebabkan karena lonjakan pengguna Whatsapp yang sangat banyak. dalam kasus ini anda tidak mempunyai solusi selain menunggu sampai server kembali normal.

3. Diblokir

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

Ketika anda diblokir seseorang dari kontaknya, maka anda tidak bisa menerima atau mengirim pesan kepada orang tersebut. Berikut adalah tanda kalau anda telah diblokir oleh seseorang:

  • tidak bisa mengirim pesan.
  • tidak bisa melihat status.
  • tidak bisa melihat foto profil.

Apabila hal tersebut sudah anda alami, kemungkinan nomor WhatsApp anda telah diblokir oleh seseorang tersebut. Anda bisa mengeceknya juga dengan menggunakan nomor lain untuk menghubungi kontak tersebut. Apabila pesan bisa terkirim dan terbaca, berarti nomor WhatsApp anda telah diblokir. Hal yang bisa anda lakukan apabila sudah diblokir adalah dengan mengganti nomor WhatsApp anda dengan yang baru, atau dengan cara meminta kepada seseorang yang sudah memblkokir untuk tidak memblokir nomor anda.

Baca Juga:  Kegunaan Pensil HB dan Jenisnya Untuk Psikotes dan Menggambar Sketsa

4. Data pada WhatsApp penuh

WhatsApp tidak bisa menerima pesan bisa di sebabkan karena data WhatsApp anda penuh, akibat menumpuknya data dari media seperti video dan foto di Smartphone anda. Data yang penuh tersebut menyebabkan menurunnya kinerja smartphone. Anda perlu menghapus cache dan data tersebut. Apabila mempunyai chat penting, anda ada perlu membackup data terlebih dahulu, sebelum menghapus cache dan data. Proses ini akan mengakibatkan semua data di WhatsApp akan terhapus. Apabila sudah di backup, anda dapat merestore kembali sehingga cache dan data penting anda tetap masih ada. Berikut adalah cara untuk menghapus cache dan data aplikasi WhatsApp:

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Pilih menu aplikasi dan pilih aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Scroll layar sampai menemukan opsi hapus data.
  5. Pilih oke atau Hapus semua data.

Cara di adas khusus untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila anda menggunakan Smartphone merk lain cukup disesuaikan saja dengan opsi di smartphone anda.

5. Aplikasi WhatsApp Galat

Terkadang aplikasi WhatsApp mengalami galat sehingga tidak bisa menerima pesan, Galat ini disebabkan karena anda sering membuka aplikasi WhatsApp sehingga pemakaian RAM menumpuk. Dalam kasus ini anda perlu memberhentikan aplikasi WhatsApp lalu melakukan restart di Smartphone anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga:  10 Cara Menghemat Baterai Smartphone : HP Yang Panas Penyebab Daya Baterai Jadi Lebih Boros

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan! Ini Cara Mengatasinya

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Cari pilihan aplikasi atau apps pilih aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Scroll hingga menemukan opsi paksa berhenti.

Langkah-langkah di atas berlaku untuk pengguna smartphone Xiaomi. Apabila smartphone yang Anda gunakan merk lain tinggal sesuaikan dengan opsi yang ada di Smartphone anda.

6. WhatsApp Tidak Di Update

Mungkin bagi pengguna Wifi dangan jaringan yang baik, masalah ini tidak akan terjadi. Masalah ini biasa di alami oleh pengguna data seluler , dimana update aplikasi otomatis dinonaktifkan. Solusinya adalah dengan cara meng-update aplikasi WhatsApp secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tinggalkan Komentar