Cara Mudah Memperbaiki Koneksi Internet Di Android Yang Bermasalah
Gambar: istockphoto.com

Cara Mudah Memperbaiki Koneksi Internet Di Android Yang Bermasalah

m

Cara Mudah Memperbaiki Koneksi Internet Di Android Yang Bermasalah 5
Gambar: istockphoto.com

Internet, baik untuk pekerjaan ataupun hiburan, tidak dapat dipisahkan di era serba digital saat ini. Sebagian besar orang Indonesia cenderung mengandalkan smartphone untuk mengakses Internet.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, 50,08% dari 262 juta penduduk di Indonesia menggunakan smartphone dan mengakses Internet. Jadi Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika ponsel Anda tidak memiliki internet. Aktivitas sehari-hari pasti akan terganggu.

Cara Mudah Memperbaiki Koneksi Internet Di Android Yang Bermasalah

Cara Mudah Memperbaiki Koneksi Internet Di Android Yang Bermasalah 1
Gambar: istockphoto.com

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memungkinkan ponsel Anda terhubung ke internet.

Prosedurnya adalah sebagai berikut:

Pengguna smartphone Android sangat banyak. Hal ini menunjukkan bahwa sistem operasi Google terbukti efektif sebagai “pendamping hidup” manusia yang diimplementasikan dalam bentuk gadget. Jika Anda memiliki koneksi internet, Anda bisa berpetualang di dunia maya.

Baca Juga:  Begini Cara Test Printer Untuk Cek Warna

Namun, masalah sering terjadi dengan perangkat Android juga. Salah satu masalah yang sering Anda hadapi adalah koneksi internet yang tiba-tiba terputus.

1. Setel ulang APN

Seperti diketahui, setiap provider perlu menawarkan jenis APN yang berbeda di jaringan selulernya agar bisa menggunakan Internet langsung di perangkatnya.

Secara umum, mengubah pengaturan APN juga dapat mengubah atau kehilangan koneksi Internet Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengatur ulang APN agar ponsel Android Anda dapat aktif dimainkan kembali.

2. Aktifkan mode pesawat

Jika koneksi internet Anda terputus padahal paket data belum expired, Anda bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat.

Jika True, aktifkan mode tersebut, tunggu beberapa saat, lalu matikan kembali agar paket data dari masing-masing provider diupdate kembali untuk menemukan koneksi yang lebih baik.

3. Masukkan APN secara manual

Jika Anda tidak mendapatkan pengaturan untuk mengaktifkan koneksi internet Anda di Android, atau jika seseorang mengutak-atik koneksi internet Anda hingga Anda mengalami masalah jaringan.

Masukkan APN secara manual. Namun, perlu diingat bahwa setiap penyedia layanan Internet memiliki pengaturan yang berbeda.

Baca Juga:  2+ Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal Seperti Semula

Selanjutnya, Anda perlu menemukan pengaturan yang tepat. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat menghubungi operator masing-masing penyedia untuk meminta bantuan.

4. Reboot dalam mode pesawat

Selain mengaktifkan mode pesawat untuk sementara, Anda dapat mencoba memulai ulang ponsel cerdas atau tablet Android Anda sambil tetap mengaktifkan mode pesawat.

Kemudian matikan modenya. Cara memodifikasi koneksi internet Android ini banyak digunakan dan terbukti berhasil.

5. Beralih jaringan secara manual

Saya sudah mencoba metode di atas, tetapi mungkin masih menjadi masalah. Oleh karena itu, Anda dapat berpindah jaringan secara manual dengan cara terakhir ini.

Misalnya, jika Anda menggunakan mode 4G LTE, beralih ke 3G atau 2G untuk sementara waktu. Jika sudah lama, beralih kembali ke mode 4G LTE.

6. Bersihkan cache memori

Saat HP terus menggunakannya, semakin banyak memori cache yang akan disimpan di perangkat.

Jika Anda mengumpulkan terlalu banyak cache, Anda berisiko mengganggu koneksi internet Anda, Anda dapat menghapus cache sendiri dengan masuk ke menu Pengaturan ponsel Anda dan memilih Pengaturan Tambahan dan Manajemen Aplikasi.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jejak Copy Paste File di Ms. Word

Temukan nama aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya dan pilih opsi Clear Cache. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Master.

Minimnya akses internet oleh HP menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di era digital saat ini. Namun bukan berarti Anda bisa berdiam diri saja.

Untuk kenyamanan aktivitas anda, silahkan lakukan beberapa cara diatas segera untuk mengatasi HP yang tidak bisa konek ke internet.