5 cara memperbaiki memory card kartu SD yang tidak terbaca atau rusak, sangat mudah!
Gambar: pixabay.com

5 Cara Memperbaiki Memory Card Kartu SD Yang Rusak

cara memperbaiki kartu memory rusak6
Gambar: pixabay.com

Walaupun smartphone terbaru untuk saat ini kebanyakan sudah memiliki ruang penyimpanan memori internal, akan tetapi pengguna kartu SD pun rupanya masih banyak yang memakai dan menjadi pilihan.

Untuk menyelesaikan masalah ini ada 5 cara memperbaiki kartu SD memori dengan mudah dan gampang. Sama halnya dengan SSD laptop, kartu SD yang ada di pasaran tentunya hadir dengan berbagai macam tipe, kapasitas, hingga kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda mulai dari yang kapasitasnya rendah yaitu 4 gb hingga 2tb yang sudah termasuk besar untuk golongan kartu SD.

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Seringkali pengguna kartu SD dihadapkan dengan masalah-masalah, pada kartu SD yang rusak. Contohnya seperti kartu SD tidak terbaca, file data seperti foto,video,mp3 dan lainya rusak, Hal ini membuat aktivitas pengguna menjadi terganggu.

cara memperbaiki kartu memory rusak3
Gambar: pixabay.com

1. Bersihkan Konektornya

Bersihkan kartu memori, Ini adalah cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa harus memformat. Salah satu cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah dengan membersihkan konektornya, jika kartu memori anda tidak terdeteksi atau tidak terbaca saat dimasukkan ke dalam slot card smartphone. Untuk cara selengkapnya lakukan langkah berikut:

  • Keluarkan kartu SD dari smartphone atau perangkat gadget anda seperti smartphone merah maupun kamera aksi
  • Lalu bersihkan lempengan tembaga yang warna kuning fungsinya adalah sebagai konektor dengan penghapus gosok secara perlahan  sampai bersih
  • Kalau sudah, masukkan kembali kartu SD ke dalam gadget dan pastikan kartu SD sudah terbaca atau belum
👉TRENDING:   0816 Nomor apa? Operator Apa, Area Mana

2. Cek Kartu SD Di Smartphone Yang Berbeda

cara-memperbaiki-kartu-memory-rusak7-horz
Gambar: pixabay.com

Coba pasang kartu SD ke dalam smartphone yang berbeda. Cara memperbaiki kartu SD yang rusak selanjutnya adalah dengan cara mengeceknya di smartphone yang berbeda. Hal ini pasti bisa mendeteksi apakah kartu SD memang mengalami kerusakan atau justru pada slot memori smartphone anda yang rusak.

Anda tinggal memasukkan kartu SD yang sudah dilepas lalu masukkan ke smartphone yang berbeda dan periksa apakah kartu SD bisa terbaca dan berfungsi dengan baik. Jika ternyata kartu SD tidak terbaca di Smartphone yang berbeda, maka kamu bisa lanjut ke cara yang berikutnya

3. Cek Kerusakan Kartu SD Melalui PC atau Laptop

Solusi selanjutnya untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan cara melakukan pengecekan melalui Pc atau Laptop. Cara ini juga bisa anda lakukan apabila kartu SD anda tidak bisa diformat. Untuk langkah-langkahnya bisa dikuti sebagai berikut:

  • Masukkan kartu SD ke dalam smartphone lalu hubungkan ke Laptop atau Pc dengan memakai kabel data.
  • Apabila sudah terhubung kemudian ubah mode dari Media transfer mode (MTP) menjadi mode Mass storage mode (MSC).
  • Kemudian buka Explorer (Windows + E) dan klik kanan pada drive kartu SD. lalu pilih menu Properties>Tools>Error Checking dan tunggu sampai proses selesai.
  • Lakukan Eject apabila proses sudah selesai, dan periksa apakah kartu SD sudah bisa terbaca atau belum.
👉TRENDING:   Bot Nulis WA (WhatsApp) Otomatis DI Buku Update

Apabila salah satu cara di atas ada yang berhasil, lakukan backup data untuk mengantisipasi apabila suatu saat mengalami masalah yang sama, karena di kasus yang lain, sering terjadi permasalahan berupa file rusak setelah dipindah ke kartu SD.

4. Format Kartu SD Melalui HP Android

Cara selanjutnya adalah dengan memformat kartu SD supaya bisa normal kembali. Cara ini akan menghapus semua file data yang tersimpan di dalam kartu SD. Cara yang untuk memformat kartu SD melalui Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan kartu SD dengan smartphone Android yang akan digunakan untuk memformat kartu SD, Lalu masuk ke menu Seting>Storage>Portable Storage lalu pilih drive kartu SD.
  • Pilih menu storage Seting-Format- Erase & Format. lalu tunggu hingga proses selesai, kemudian cek kartu SD apakah sudah terformat dengan benar dan kembali normal.

Langkah format kartu SD di setiap smartphone bisa berbeda untuk setiap tipe smartphone yang di gunakan. Namun secara umum langkah yang dilakukan hampir sama.

👉TRENDING:   Cara Download Foto Profil Instagram Online Tanpa Aplikasi Tambahan

5. Format Melalui PC atau Laptop

format memory melalui laptop
Gambar: istockphoto.com

Cara mengatasi kartu SD yang rusak selanjutnya yaitu dengan melakukan format lewat PC atau laptop. Selain bisa melakukan format langsung di HP Android. Anda bisa juga melakukan format kartu SD dengan laptop atau PC untuk hasil yang lebih maksimal. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan kartu SD ke laptop atau PC menggunakan Card Reader, Apabila masih ada data yang tersisa bisa di backup terlebih dulu ke Laptop atau PC anda.
  • Lalu buka Explorer (Windows + E) pilih kartu SD dan Klik Kanan lalu pilih menu Format.
  • Tunggu hingga proses selesai, jangan lupa kembalikan data yag sudah di backup tadi ke kartu SD, pastikan kartu SD sudah kembali normal.

Seperti itulah kurang lebihnya tentang cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak dan tidak terbaca. Anda bisa mencoba langkah-langkah di atas. Apabila masih ada yang gagal, anda bisa mencoba ulang lagi.