Cara Memperbaiki Jaringan 4G Yang Tidak Stabil
Gambar: pexels.com

Cara Memperbaiki Jaringan 4G Yang Tidak Stabil

Cara Memperbaiki Jaringan 4G Yang Tidak Stabil 1
Gambar: istockphoto.com

Ada beberapa cara untuk memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil atau mendapatkan sinyal 4G yang kuat, walaupun yang saat ini sudah ada jaringan 5G akan tetapi pengguna jaringan 4G juga masih masih banyak yang memakainya.

Seperti yang kita ketahui, jaringan 4G menggunakan dua standar yang ada di dunia ini. Pertama, standar WiMax dan standar Long Term Evolution atau LTE. Indonesia telah mengadopsi standar LTE ini sejak tahun 2013. Namun, itu belum sepenuhnya tersedia di Indonesia.

Jika Anda mengalami masalah dalam menstabilkan jaringan 4G LTE, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Cara membuat sinyal 4G LTE stabil 4G LTE

Cara Memperbaiki Jaringan 4G Yang Tidak Stabil 3
Gambar: istockphoto.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara memperbaiki jaringan 4G dan gangster yang tidak stabil. Seperti salah satunya menggunakan penguat sinyal di ponsel Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membuat sinyal 4G LTE stabil di perangkat HP Anda.

Baca Juga:  Begini Cara Edit Foto Agar Terlihat Tinggi di PicsArt Terbaru

Gunakan kartu SIM menyesuaikan tempat tinggal

Dengan cara pertama ini, perlu Anda ketahui bahwa setiap provider memiliki jangkauan jaringan 4G LTE yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu menggunakan provider yang paling sesuai dengan lokasi Anda.

Metode ini penting saat pertama kali Anda memutuskan penyedia mana yang tepat untuk perangkat HP Anda di lokasi Anda saat ini.

Mengunci jaringan 4G HP

Jika jaringan 4G ponsel Anda tidak stabil dan sering menghilang secara spontan, coba kunci jaringan Anda terlebih dahulu. Ini bisa jadi rekomendasi koneksi internet stabil di Android. Pasalnya, pada perangkat HP Android, ada dua pengaturan yang perlu Anda coba lakukan.

Di bawah ini adalah langkah-langkah dan metode untuk menstabilkan jaringan 4G Anda menggunakan jam jaringan 4G.

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Pergi ke menu kartu SIM.
  3. Pilih kartu SIM (Pilih kartu SIM aktif untuk sinyal 4G).
  4. Buka Opsi Jaringan Seluler.
  5. Pilih opsi Jaringan Seluler, lalu pilih LTE.
Baca Juga:  4 Cara Mudah Mengubah Pulsa Menjadi Saldo Dana

Sebagai alternatif cara membuat sinyal stabil selanjutnya bisa juga mencoba cara berikut ini :

  1. Buka menu panggilan.
  2. Masukan kode panggil yang di inginkan.
  3. Masukkan ## 4636 ##. Kemudian akan muncul jendela baru.

Restart HP

Cara yang paling umum digunakan ketika Anda membutuhkan cara untuk mengatasi jaringan yang tidak stabil, sinyal 4G yang tidak terlihat.

Jaringan 4G mungkin tidak stabil karena bug sistem atau kegagalan untuk melakukan kinerja sistem. Untuk mengatasinya, cukup matikan dan restart perangkat HP Anda.

Mode pesawat

Sekilas, fitur ini jarang digunakan. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa mode pesawat sebenarnya dapat digunakan untuk fungsi lain yaitu memperbarui jaringan internet.

Seperti yang Anda ketahui, mode pesawat ini bekerja dengan menonaktifkan semua sinyal HP. Ketika mode ini diaktifkan kembali, ponsel akan mendeteksi sinyal lagi.

Jika ingin jaringan 4G lebih stabil, coba tips berikut ini. Ada jeda waktu on/off dalam mode pesawat, yang membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 detik untuk menyelesaikannya.

Baca Juga:  Cara Membuka Pola HP Xiaomi Lewat Panggilan Darurat

Buka informasi telepon

Masuk ke menu informasi telepon, dan ubah setting di kolom Jaringan menjadi LTE Only. Cara ini hanya berlaku untuk mengunci sinyal 4G. Jika Anda ingin mengisi jaringan 4G Anda penuh, Anda dapat melakukan langkah 1-3 seperti yang dijelaskan di atas.

Lepaskan casing

Saat menggunakan casing tambahan di ponsel, sebaiknya casing harus dilepas untuk memungkinkan jaringan, jika menemukan masalah dengan jaringan 4G seperti ini, coba lepas casing yang sudah terpasang terlebih dahulu.

Pasalnya, casing bisa menjadi penghambat proses penangkapan sinyal 4G. Apalagi jika di dalamnya terdapat material casing yang mampu menahan jaringan 4G LTE.