Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah 3

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah

Portalekonomi.com—Headset Bluetooth juga dikenal sebagai headset nirkabel, seringkali menjadi pilihan karena penggunaannya yang mudah.

Headset Bluetooth ini juga dapat menemui masalah, ada beberapa masalah umum yang dihadapi orang dengan headset Bluetooth adalah masalah mati sebelah, atau seringnya masalah koneksi sambungan bluetooth nya.

Masalah ini pada dasarnya dapat diperbaiki. Masalah ini biasanya disebabkan oleh pengaturan telepon, masalah penyumbatan debu, dan masalah sederhana lainnya.

Beberapa alasan dasar mengapa headset bluetooth bisa mati sebelah. Salah satunya adalah headset yang berdebu, dan bagian terburuknya adalah kabel internal rusak.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah 1
Gambar: istockphoto.com

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ikuti langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan di bawah ini. Berikut adalah cara mudah untuk memperbaiki headset Bluetooth yang mati.

Baca Juga:  Cara Memperjelas Video Blur Online Tanpa Aplikasi

1. Periksa Pengaturan Keseimbangan Audio

Sebagian besar pengguna ponsel memiliki opsi untuk mengalihkan suara ke earphone kanan atau kiri, baik itu Android, iPhone, atau Windows.

Opsi ini dapat digunakan untuk membantu pengguna dengan gangguan pendengaran. Oleh karena itu, jika headset Anda hanya berada di satu sisi, mungkin salah konfigurasi. Atau, Anda dapat menggunakan Aplikasi tambahan:

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah 6

2. Pastikan Headset Bluetooth Dapat Diisi Daya

Hal pertama yang harus dilakukan saat memperbaiki headset bluetooth yang mati adalah apakah headset bisa dicharge. Dengan begitu, Anda bisa yakin headset Bluetooth Anda dapat berfungsi dengan baik di baterainya.

Baca Juga: Penjelasan Dasar Part-Part Yang Ada Di PC Untuk Pemula

Mengetahui headset Bluetooth yang dapat dicharge dengan normal bisa dijadikan indikator kalau komponen di dalamnya normal. Juga, karena berfungsi dengan baik, tidak ada kabel putus atau korsleting di headset.

3. Buka Pengaturan Di Perangkat Ponsel

Setelah mengetahui headset Bluetooth, itu dapat terisi penuh. Selanjutnya, pastikan ponsel dan headset Anda telah mengaktifkan Bluetooth.

Baca Juga:  500+ Kumpulan Link Grup WA Luar Negeri Terbaru dan Aktif

Selain itu, setelah memeriksa semuanya, pastikan kedua perangkat Bluetooth masih terhubung, kemudian buka Pengaturan di perangkat seluler Anda dan masukkan pengaturan Bluetooth Anda.

Klik Lupakan Perangkat atau lupakan perangkat ini terlebih dahulu dan biarkan headset terputus sementara dari perangkat, dan coba untuk menyambungkan kembali headset bluetooth dengan ponsel

4. Pasang Headset Bluetooth ke Case dan isi Daya

Pastikan baterainya sudah terisi baterai penuh atau bahkan kosong, lalu pasang headset Bluetooth ke case dan coba isi daya.

Biarkan sampai headset bertenaga penuh. Segera setelah penuh, keluarkan dari case pengisi daya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Terhubung Ke Kamera

Kemudian nyalakan Bluetooth pada perangkat headset dan smartphone anda, kemudian sambungkan kembali kedua perangkat.

Jika tidak bisa di sambungkan, coba mematikannya terlebih dahulu sambungkan kedua perangkat. Periksa apakah kedua perangkat benar-benar terhubung.

5. Cek Untuk Memutar Lagu

Setelah mengonfirmasi, sambungkan kedua perangkat. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mencoba memutar lagu. Coba lagu dari bass hingga treble untuk memastikan headset berfungsi.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Urutan Kabel Headset 4 Warna dan Cara Pasang yang Benar

Jika tidak berhasil, coba sambungkan ke perangkat lain. Periksa apakah berfungsi atau tidak saat terhubung ke perangkat atau smartphone lain.

Mungkin juga faktor jarak antara smartphone dan headset terlalu jauh.

6. Bersihkan headset bluetooth yang mati

Pertama, pastikan headset anda bersih dari debu atau serat yang dapat menyumbat headset dan menghalangi suara yang keluar dari headset. Setelah beberapa saat, periksa apakah headphone bersih.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kamera Terbaik Untuk Street Photography

Headset sering disimpan di saku atau tas, yang merupakan masalah. Jika Anda menemukan headset yang kotor, bersihkan dengan kain kering. Jika headset basah, sebaiknya gunakan kain mikrofiber untuk menyerap cairan.

Berikut pembahasan beberapa cara mudah untuk memperbaiki headset Bluetooth yang rusak. Meskipun ini adalah produk elektronik, itu pasti bisa rusak pada waktu yang tidak terduga.

Namun, ada baiknya untuk merawat barang elektronik tertentu untuk memperpanjang masa pakainya.