Cara Memperbaiki Dan Merawat Headset Bluetooth
Gambar: istockphoto.com

Cara Memperbaiki Dan Merawat Headset Bluetooth

Cara Memperbaiki Dan Merawat Headset Bluetooth 2
Gambar: istockphoto.com

Perkembangan teknologi nirkabel semakin diminati saat ini, karena mendukung pengguna dalam berbagai aktivitas. Salah satu perangkat yang menggunakan teknologi ini yakni headset Bluetooth. Perangkat ini memudahkan multitasking. Dan Anda tidak akan kewalahan untuk memperbaiki kabel headset yang kusut.

Smartphone Telah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang. Fungsi ponsel yang dulunya hanya untuk alat mengirim kabar lewat SMS dan telepon, sekarang telah bergeser sebagai penyampai informasi dalam bentuk apapun.

Hal ini karena saat ini ponsel telah dilengkapi dengan sistem Android yang dapat digunakan untuk mengakses internet sehingga setiap pengguna bisa melakukan panggilan, mengirim pesan baik berupa tulisan, pesan suara, gambar, video, atau foto.

Saat ini smartphone Android telah dilengkapi dengan aksesoris seperti headset bluetooth. Bagi pengguna smartphone  yang saat ini memiliki headset bluetooth, dan sedang bermasalah, berikut beberapa cara untuk memperbaiki headset bluetooth.

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Yang Rusak

Cara Memperbaiki Dan Merawat Headset Bluetooth 3
Gambar: freepik.com

Headset pada smartphone ada dua jenis yakni headset kabel dan headset bluetooth. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga:  Unlock Privasi Akun Instagram? Gini Caranya Untuk Melihat

Ketika anda memakai headset kabel kemungkinan paling cepat rusaknya adalah pada bagian kabel, sedangkan untuk headset dengan model bluetooth yang sering menjadi masalah adalah sinyal handphone.

Data yang kita kirim lewat handphone sinyal bluetooth akan cepat terkirim apabila masing-masing perangkat memiliki sinyal yang penuh dan kuat.

Namun, sebaliknya jika kedua perangkat sinyalnya lemah maka bisa jadi data yang dikirim menjadi lama atau bahkan tidak terkirim sama sekali. Berikut adalah cara memperbaiki headset bluetooth karena sinyal HP yang lemah, sehingga hal itu tidak terdeteksi:

Periksa terlebih dahulu Apakah bluetooth masih menyala atau tidak apabila masih menyala, berarti hanya masalah penangkap sinyal. Apabila sudah tidak menyala berarti terdapat kerusakan pada baterai atau charger

Headset bluetooth diuji coba terlebih dahulu ke smartphone Android yang lain, apabila di perangkat lain bisa terdeteksi, kemungkinan kerusakan terjadi pada smartphone.

Ketika telah coba di HP Android lain dan ternyata memang tidak dapat mendeteksi headset bluetooth, kemungkinan memang headset bluetooth telah rusak, dan cara memperbaikinya adalah dengan mereset headset bluetooth tersebut.

Baca Juga:  Virtex WA Ganas, Ringan, Lag Copy Paste, dan Termux Terbaru 2024

Cara memperbaiki headset bluetooth dengan meresetnya, Pastikan terlebih dahulu headset telah dalam kondisi Off (mati).

Tekan tombol Power sampai lampu indikator berkedip,lalu tekan kembali tombol power sampai headset benar-benar dalam kondisi off

Setelah itu nyalakan kembali, aktifkan bluetooth dan lakukan searching perangkat bluetooth dari handphone anda dan koneksikan headset bluetooth dengan smartphone Android.

Cara Merawat Headset Bluetooth

Cara Memperbaiki Dan Merawat Headset Bluetooth 1
Gambar: istockphoto.com

Berikut merupakan cara untuk mencegah Headset Bluetooth anda supaya tidak mudah rusak, dan dapat di pakai untuk masa pakai yang lama, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Beli earphone dengan teknologi magnetik

Menurut laporan Lonelybrand, disarankan untuk membeli earphone Bluetooth magnetik dengan desain kalung. Mengapa? Ini karena memudahkan melepas earphone dari telinga Anda.

Ganti bantalan telinga earphone secara teratur

Kesesuaian pada liang telinga dapat mempengaruhi pengurangan kebisingan terhadap kualitas suara. Untuk mengganti bantalan telinga, pegang dengan kuat dan tarik bantalan karet dari earphone.

Setelah memasang bantalan telinga dengan berbagai ukuran, ujilah untuk memastikannya tertutup rapat. Kebisingan sekitar harus dikurangi secara signifikan. Segel yang baik juga membantu mencegah earphone jatuh.

Baca Juga:  Tips Aman Belanja di Shopee, Agar Tidak Tertipu dan Gratis Ongkir

Hapus koneksi Bluetooth yang tidak diinginkan

Menurut Next Pit, hapus koneksi Bluetooth yang tidak perlu untuk menghindari kerusakan pada earphone Anda. Banyak hal yang mencoba menghubungkan smartphone Anda bisa “membanjiri” smartphone Anda.

Pastikan baterai earphone Bluetooth terisi penuh

Earphone Bluetooth cenderung terputus secara teratur saat baterai hampir habis. Karena itu, pastikan earphone Anda memiliki daya yang cukup.

Jauhkan earphone Bluetooth dari router WiFi

Kami menyarankan Anda menjauh dari router WiFi Anda untuk mencegah gangguan dalam koneksi Anda. Spektrum WiFi mungkin sama dengan earphone. Oleh karena itu, ini menyebabkan beberapa kebingungan.