Ini Dia Penjelasan Dasar Part-Part Yang Ada Di PC Untuk Pemula-2
Gambar: istockphoto.com

Penjelasan Dasar Part-Part Yang Ada Di PC Untuk Pemula

Portalekonomi.com — Ingin menjelaskan part-part penting yang ada di PC, penjelasannya sangat mendasar jadi ini akan cocok bagi yang masih pemula atau yang masih baru dalam dunia PC.

Nah kita mulai dari dasar dulu, dalam satu paket PC ada beberapa komponen yang penting yaitu CPU atau komputer, Mouse dan Keyboard, Monitor, Speaker atau headset. Namun disini akan menjelaskan yang paling utamanya yaitu CPU.

Dalam PC ada 7 komponen yang penting:
  1. Casing
  2. CPU beserta coolernya
  3. Motherboard
  4. Memori RAM
  5. Penyimpanan atau HD (harddisk)
  6. PSU atau power supply
  7. VGA atau GPU

Biar lebih mudah kita bagi lagi menjadi 3, komponen simple disitu ada casing, penyimpanan dan power supply.

Ada 3 komponen utama, disini ada CPU, Motherbord dan RAM ketiga komponen ini sangat berhubungan, jadi harus cocok dan sesuai dan terakhir ada VGA.

👉TRENDING:   Perangkat lunak sumber terbuka (open source)

Ada 3 Komponen simple

3 Komponen simple
Gambar: youtube

1. Casing

Casing disini fungsinya untuk menyimpan semua part tadi, untuk fan casing peranannya juga cukup penting fungsinya untuk mendinginkan komponen.

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!

Biasanya saat membeli casing sudah termasuk fan itu sendiri atau sudah dikasih satu, dua, atau lebih banyak, tapi saran kami setidaknya kamu harus pasang 3 fan di PC, 2 fan untuk angin masuk dan Satu fan untuk angin keluar, lebih banyak fan yang kamu pasang lebih bagus.

2. Penyimpanan

Untuk dulu hanya pakai harddisk saja sudah cukup, untuk sistem data dan lain-lain.

Namun, untuk sekarang agar lebih optimal performanya pakai 2 penyimpanan SSD untuk sistem dan harddisk untuk data dan lain-lain.

3. Power supply atau PSU

Fungsi dari PSU sendiri sangat penting untuk menyuplai listrik, yang paling penting dalam pemilihan PSU adalah hindari PSU bawaan casing.

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah

Pakai PSU yang 450w kebawah untuk PC tanpa VGA external, 450w-700w untuk PC menengah yang menggunakan VGA external, 700wat ke atas untuk PC Extreme, pakai PSU rating 80+ asli, untuk cara ceknya bisa masuk ke situs resmi nya sendiri lalu cari PSU anda, apakah ada atau tidak di situ.

👉TRENDING:   Lakukan 10 Cara Ini Untuk Memperbaiki Keyboard Yang Rusak

Ada 3 Komponen utama

3 Komponen utama
Gambar: youtube

1. CPU+Cooler

Untuk CPU+Cooler sangatlah penting, tapi biasanya sudah termasuk saat kalian membeli CPU, bila kalian membeli CPU bekas atau CPU high end biasanya CPU cooler nya belum termasuk.

Jadi CPU cooler nya harus beli terpisah, tapi bila sistem kamu udah menengah keatas, walaupun sudah dikasih CPU cooler bawaan lebih baik membeli CPU cooler yang lebih bagus.

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Terhubung Ke Kamera

2. Motherboard

Yang paling penting dalam komponen utama yang pertama pasang CPU Intel di motherboard Intel, CPU AMD di motherboard AMD, pasang CPU dengan motherboard di generasi yang sama, pasang CPU di socket motherboard yang sesuai.

3. Memory RAM

Semua RAM bisa dipakai di sistem Intel ataupun AMD, asalkan di DDR yang sama, pasang DDR 4 di motherboard DDR 4, Begitu juga dengan DDR3 dan seterusnya.

Untuk pemilihan RAM yang paling penting yakni kapasitas memori 4GB kurang, 8GB cukup, 16GB bagus, lebih besar dari itu tergantung pemakaian masing-masing, yang perlu diingat semakin besar memori RAM tidak akan membuat PC anda lebih cepat.

👉TRENDING:   Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kamera Terbaik Untuk Street Photography

Lebih penting kecepatan RAM daripada kapasitas RAM, bisa bikin PC kamu lebih cepat, tapi lihat lagi spesifikasi motherboard nya di masing-masing motherbard kalian maksimalnya berapa Mhz.

VGA

VGA
Gambar: istockphoto.com

Fungsi utamanya yaitu untuk menampilkan gambar dari sistem ke monitor, untuk VGA disini dibagi 2 yaitu:

  1. iGPU atau VGA bawaan dari CPU, untuk iGPU bisa cek spesifikasi CPU apakah memiliki iGPU atau tidak, sebagian besar iGPU belum cukup untuk memainkan game.
  2. VGA eksternal

Baca Juga: Cara Mudah Jualan Online Menggunakan iPhone!

Untuk VGA external sebenarnya adalah komputer terpisah, karena sudah memiliki CPU motherboard dan RAM sendiri.

Bila anda fokus utamanya di Game atau 3D model, kamu sudah pasti membutuhkan VGA eksternal, untuk VGA eksternal yang paling penting adalah modelnya sendiri, seperti GTX 1060, RTX 2070, dan lain-lain.