Cara Mudah Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Harus Kehilangan Data Penting
Gambar: istockphoto.com

Cara Menghapus Akun Whatsapp Dan IG Tanda Kehilangan Data.

Cara Mudah Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Harus Kehilangan Data 5
Gambar: istockphoto.com

Aplikasi yang disponsori Facebook seperti Messenger, WhatsApp dan Instagram sangat populer di Indonesia. Namun, aplikasi ini berbagi data dengan perusahaan induknya, Facebook. Alasannya berkisar dari meningkatkan pengalaman pengguna hingga iklan. Bukan rahasia lagi bahwa periklanan adalah bisnis utama jejaring sosial Facebook. Kebijakan berbagi data ini membuat sebagian pengguna resah menggunakan aplikasi dengan bantuan Facebook, seperti WhatsApp dan Instagram.

Cara Mudah Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Harus Kehilangan Data

Beberapa pengguna juga akan mempertimbangkan untuk menghapus akun Instagram dan WhatsApp secara permanen. Tapi bisakah ini dilakukan tanpa kehilangan data atau riwayat percakapan?

Cara menghapus akun WhatsApp

Sebelum menghapus akun Anda, lindungi data dan riwayat percakapan Anda terlebih dahulu agar tidak hilang. WhatsApp tidak dapat mengekspor semua percakapan yang diterima dan berbagai file konten (foto, video, dokumen).

👉TRENDING:   Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca

Tidak perlu panik, semua file konten (media) tersimpan di dalam memori internal HP Anda, di folder Whatsapp > Media. Di sini Anda akan menemukan banyak folder yang diberi nama sesuai dengan jenis kontennya, mulai dari foto, video, memo audio hingga stiker. Untuk melindungi semua konten Anda, cukup salin folder media ke media penyimpanan lain seperti flash drive terlebih dahulu. Pengguna juga dapat menyalin hanya jenis file tertentu, seperti foto, dengan menyalin folder yang sesuai. Berikut adalah langkahnya:

Cara Mudah Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Harus Kehilangan DataCara menghapus akun WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp, klik titik tiga di pojok kanan atas
  2. Pilih Setelan
  3. Kemudian pilih Penyimpanan & Data
  4. Kemudian pilih Kelola Penyimpanan. Anda akan melihat banyak pilihan. Ada kategori obrolan yang ditransfer berkali-kali, lebih dari 5 MB, Lihat bagian obrolan. Di sinilah berbagai obrolan dari setiap kontak WhatsApp dikumpulkan. Bersiaplah untuk takjub melihat kontak atau grup WhatsApp mana yang memenuhi memori ponsel Anda hingga beberapa gigabyte. WhatsApp menyesuaikan urutan kontak dari yang paling banyak mengisi memori ponsel.
  5. Pilih orang atau grup yang akan anda hapus datanya dari ponsel Anda. WhatsApp menampilkan semua file foto, video, audio, dan dokumen yang dikirimkan dari ukuran file maksimum hingga ukuran file minimum
  6. Pilih file-file yang ingin anda hapus atau bisa menghapus semua dengan klik centang semua, lalu pilih delete (logo tempat sampah)

Setelah pembersihan ini, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa kontak atau grup WhatsApp yang jarang Anda ajak mengobrol dengannya. Tapi mereka antusias mengirimkan foto, video dan audio, yang akhirnya menjadi sampah dan mengisi memori ponsel kita.

👉TRENDING:   Cara Menyimpan Foto Profil WhatsApp Orang Lain dengan Mudah

Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Seperti WhatsApp, pengguna dapat mengunduh terlebih dahulu data pengguna ke Instagram. Untuk melakukan ini:

Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan SementaraCara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara 3

  1. Buka profil Instagram dan Pilih ikon tiga garis di sudut sebelah kanan atas.
  2. Lalu pilih menu Pengaturan.
  3. Kemudian pilih Keamanan.
  4. Lanjutkan untuk Unduh Data.
  5. Masukkan alamat email untuk mengirimkan informasi data pengguna Anda.
  6. Masukkan kata sandi akun Instagram Anda untuk memverifikasi alamat email Anda, Setelah menerima data, pengguna dapat melanjutkan untuk menghapus akun Instagram mereka.

Namun, Apabila anda ingin rehat dulu dari instagram atau lagi tidak ingin aktif di instagram, Anda juga bisa untuk menonaktifkan sementara akun instagram anda dengan Klik di sini, lalu pilih alasan anda mengapa menonaktifkan akun instagram secara temporer, berikan alasan yang sesuai pada halaman ini.

Kemudian masukkan kata sandi Instagram Anda dan klik tombol Temporary disable account/Nonaktifkan Sementara Akun di bawah ini untuk mengakhiri proses. Instruksi lengkap untuk prosedur ini dapat ditemukan di situs web Instagram.

👉TRENDING:   Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri tanpa Aplikasi