Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP Yang Lama dan Penyebabnya

Ini Dia Penyebab & Cara Memperbaiki Charger Hp Lama Mengisi

Ini Dia Penyebab & Cara Memperbaiki Charger Hp Lama Mengisi – Mengisi daya baterai handphone yang habis merupakan salah satu keperluan wajib yang tidak dapat ditunda. Tetapi sering-kali dalam melakukan charging banyak pemakai yang mengalami hambatan. Salah satunya yakni permasalahan charger HP lama mengisi.

Lamanya durasi yang diperlukan handphone buat mengisi daya baterai sampai penuh ialah lebih dari 3 jam dapat jadi ada perihal yang tidak wajar. Sebab pada biasanya dalam bentang waktu 1- 2 jam, baterai HP telah penuh. Terlebih teknologi charging disaat ini terus menjadi mutahir.

Bila kalian merasa charger HP lama mengisi sampai berjam-jam, maka sebaiknya segera kalian lakukan pengecekan pada berbagai berbagai bagian kayak adaptor, kabel data, port USB serta pula baterai handphone itu sendiri.

Perihal ini dicoba untuk memastikan apakah terdapat kerusakan ataupun tidak. Alasannya, waktu normal buat baterai HP penuh disaat diisi daya memakan waktu 1-2 jam saja. Lamanya pengisian daya bakal membuat kalian kehabisan banyak waktu.

Ini Dia Penyebab & Cara Memperbaiki Charger Hp Lama Mengisi

Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP Yang Lama
Photo: istockphoto.com

Sesudah mangulas bermacam berbagai pemicu baterai handphone lama penuh, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas jalan keluarnya. Sering- kali permasalahan ini terjalin sebab keadaan kecil yang bisa jadi saja dapat kita perbaiki sendiri. Untuk kalian yang dikala ini hadapi permasalahan pada cara pengisian daya, cobalah buat melaksanakan sebagian panduan mengatasi charger HP lama memuat semacam selanjutnya ini.

Baca Juga:  Inilah 5 Fakta iPhone 13 Yang Wajib Kalian Tahu Sebelum Membelinya

1. Ganti Adaptor charger HP

Bila lama durasi pengisian daya tidak wajar apalagi sampai berjam- jam tetapi tidak menyambangi penuh, hendaknya cobalah buat mengubah adaptor charger HP lain.

Kalian dapat meminjam pada teman ataupun kerabat terdekat. Bila dengan adaptor lain lama durasi pengisian energi jadi wajar, berarti permasalahan charger HP lama memuat terdapat pada adaptornya. Jadi kalian dapat beli adaptor charger baru yang output serta input- nya cocok dengan detail adaptor lama.

2. Bersihkan Port USB

Kotoran serta debu dapat jadi salah satu penyebab mengapa charger HP lama mengisi. Maka dari itu wajib rajin dibersihkan biar aliran listrik senantiasa berjalan mudah.

Solusi dari permasalahan ini merupakan dengan mensterilkan kedua port USB ialah pada handphone serta pada akhir charger. Membersihkannya pula tidak bisa asal- asalan sebab bagian ini lumayan sensitif pada kerusakan. Kalian dapat lakukan metode seperti berikut ini:

  1. Sediakan cairan pembersih spesial elektronik yang banyak dijual di gerai eletronik.
  2. Semprotkan larutan pembersih khusus itu sedikit untuk sedikit ke kedua port USB.
  3. Sikat secara perlahan dengan kuas lembut semacam kuas lukis, kuas make up ataupun gosok gigi lembut dibagian dalamnya.
  4. Lap dengan tisu kering secara perlahan serta menyeluruh sampai larutan serta kotoran terangkat.

3. Gunakan kabel data yang lain

Tips kedua yang dapat kalian jalani buat menanggulangi charger HP lama memuat merupakan dengan mengubah kabel data. Sebab pemicu permasalahan ini tidak hanya terdapat pada adaptor pula terdapat apa kabel data.

Maka dari itu cobalah mengubah kabel data dengan yang lain. Bila tidak memiliki kabel data pengganti, kalian dapat meminjam pada orang terdekatmu. Bila dengan kabel data lain durasi pengisian daya jadi normal, silahkan beli kabel data terkini yang lebih bagus.

4. Cek kondisi baterai ke Service Center

Tips terakhir buat menanggulangi charger HP lama mengisi merupakan dengan lihat kesehatan baterai. Silahkan membawa handphone kalian serta sampaikan keluhkesah yang kalian alami pada teknisi. Mintalah pula buat diperiksa kesehatan baterainya. Bila kinerjanya telah mulai memburuk kalian dapat meminta teknisi buat mengubahnya dengan yang baru.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Kebanyakan handphone saat ini mengenakan baterai tanam alhasil kita tidak dapat melaksanakan cek serta penukaran sendiri sebab amat berbahaya.

Penyebab Baterai HP Lama Terisi Penuh

Penyebab Baterai HP Lama Terisi Penuh
Photo: istockphoto.com

Berbicara hal baterai handphone yang lama terisi penuh, tidak dapat kita lepaskan dari bermacam berbagai aspek pemicu yang melatarbelakanginya. Bila betul terdapat permasalahan dalam sistem charging, hingga mesti lekas dibenahi sebab sangat membuat tidak aman. Sebab terus menjadi cepat pengisian daya hingga bakal terus menjadi menghemat waktu. Selanjutnya ini merupakan sebagian penyebab charger HP lama memuat yang perlu kalian tahu.

1. Kinerja kabel data yang menurun

Bagian berikutnya yang juga dapat memunculkan permasalahan charger HP lama memuat merupakan kabel data. Kemampuan kabel data amat mempengaruhi pada kecepatan aliran listrik.

Apalagi adaptor charger yang mensupport fast charging sekalipun bila digabungkan dengan kabel informasi biasa bakal jadi tidak berfungsi. Jadi bila lama waktu baterai penuh tidak wajar, bisa jadi terdapat kerusakan ataupun kemampuan kabel data yang menurun.

2. IC Adaptor mulai rusak

Penyebab awal charger HP lama mengisi merupakan adanya kerusakan pada IC adaptor. Ini merupakan suatu bagian yang mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap konversi arus dari AC jadi DC alhasil dapat diterima handphone. Kerusakan pada IC adaptor bakal mempengaruhi pada durasi charging jadi sangat lama apalagi tidak mau mengisi sama sekali.

Kerusakan ini dapat terjadi dampak pemakaian charger yang melampaui batas ataupun charger tidak sempat dicabut dari sumber listrik disaat tidak digunakan.

3. Tidak memiliki fitur Fast Charging

Penyebab charger HP lama memuat yang kedua merupakan permasalahan teknologi. Bisa jadi saja handphone milikmu dikala ini tidak mempunyai fitur fast charging alhasil cara pengisian daya jadi terasa amat lama.

Baca Juga:  Cara Mengundi Giveaway Instagram Menggunakan Aplikasi dan Online

Sebagian handphone bentuk lama memanglah belum mempunyai fitur fast charging sebab belum ditemui pada saat itu. Fitur fast charging ini sangat tergantung beberapa bagian pendukung semacam adaptor serta pula kabel data.

4. Port USB Bermasalah

Permasalahan lain pada bagian tidak hanya adaptor charger merupakan permasalahan pada port USB. Situasi port USB yang tersendat banyak kotoran juga dapat pengaruhi lama waktu pengisian daya.

Tidak hanya itu permasalahan lain kayak rusaknya salah satu bagian interface juga bakal membuat charger HP lama mengisi. Perihal ini dapat terjadi dampak gerakan listrik tidak dapat mengalir dengan mudah. Maksudnya terdapat hambatan khusus pada arus listrik yang membuat baterai lama terisi.

5. Kerusakan pada baterai HP

Penyebab charger HP lama memuat yang terakhir terdapat pada baterai. Ada kemungkinan baterai HP kalian telah mulai rusak ataupun kinerjanya telah menurun alhasil membuat kemampuan dalam menaruh energi tidak lagi normal. Tetapi buat mengetahui permasalahan ini perlu dicoba lihat lebih lanjut. Jadi bila belum melaksanakan pengecekan, janganlah gampang menyimpulkan kalau baterai handphone telah rusak.

Seperti itu sebagian uraian hal pemicu serta metode memperbaiki charger HP lama mengisi. Permasalahan semacam ini memanglah dapat dialami oleh siapa saja.

Tidak hanya membuang waktu, lamanya cara charging pula membuat daya produksi kalian jadi menurun. Terlebih di tengah kecanggihan teknologi fast charging membuat permasalahan ini terlihat membuat tidak aman. Hingga dari itu, bila kalian merasa hadapi permasalahan ini segeralah cari penyebab serta jalan keluarnya.

Demikian pembahasan yang sudah portalekonomi.com rangkum mengenai penyebab dan cara memperbaiki charger HP lama mengisi, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.