Review Dan Spesifikasi Vivo Y53s, Lengkap Dengan Harga Terbaru

Review Dan Spesifikasi Vivo Y53s, Lengkap Dengan Harga Terbaru

Review Dan Spesifikasi Vivo Y53s, Lengkap Dengan Harga Terbaru-2
Gambar: vivo.com

Ini adalah vivo Y53s, HP kelas menengahnya vivo, yang harganya 3.699 juta. Setelah saya cobain nih HP sekitar semingguan, saya mulai ngerasa kalau vivo ini kaya ngebikin dunia mereka sendiri, mereka kayak nggak peduli sama apa yang terjadi di luar sana gitu, apa yang dilakuin brand-brand lain, apa yang lagi ngetrend, berasa tutup mata aja.

Vivo ngelakuin apa yang pengen mereka lakuin, selama HPnya laku laku aja, dan orang yang beli juga puas puas aja, ngapain harus ribet-ribet ngeliatin tetangga sebelah, di satu sisi, langkah kayak gitu ada bagusnya, karena artinya vivo pede sama identitas mereka, Vivo tau mereka kuatnya dimana, jadi punya ciri khas sendiri lewat Y53s ini, vivo kaya udah bisa nebak apa yang dicari oleh target konsumen mereka. Mereka nggak pusingin brand lain kuatnya di bagian apa, apalagi sampe saingan disana, Ga ada abisnya soalnya.

Spesifikasi Vivo Y53s

Prosesor Helio G80 Gaming
Layar 6.58-inch 2408×1080 (FHD+)
RAM 8GB + 3GB Extended
Storage 128GB (Memori Eksternal hingga 1TB)
Kamera Depan 16MP
Kamera Belakang
64MP+2MP+2MP
Baterai 5000mAh (TYP), FlashCharge 33W
Koneksi
Wifi 2.4GHz / 5GHz, Bluetooth 5.0, USB Type-C, USB OTG, NFC, Radio FM, 2 nano SIM + 1 micro SD
Dual SIM dan Dual Standby
Sensor
Fingerprint, Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, Gyroscope, E-compass
Sistem Operasi
Funtouch OS 11.1
Warna Deep Sea Blue / Fantastic Rainbow
Harga Rp3.699.000

Mending fokus sama bagian khas mereka, tapi di sisi lain, Untuk harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah ya. Sifat yang terlalu pede sama apa yang mereka punya gini, nggak coba liat liat keluar, juga bikin HP mereka jadi agak susah buat narik user dari brand lain buat pindah pasarnya, jadi gitu-gitu aja. Bagian positif negatif tadi bener-bener kerasa sih, di vivo Y53s ini, Contoh bagian yang vivo tetep jaga ciri khasnya di HP ini, ada di soal gaya, berasa cakepnya. Dia punya

1. Memiliki 2 varian warna

2 Varian warna vivo y53s
Gambar: tekno.kompas.com
  1. Deep Sea Blue: Yang buat saya lebih keliatan kayak warna hitam sih, dan warna birunya samar-samar aja, mungkin warna laut dalam memang kayak gini ya.
  2. Fantastic Rainbow: Yang tampil bener bener funky, buat yang ini saya ga bisa deskripsiin warnanya dengan pasti sih. Berubah mulu tiap kita puter HPnya, bisa biru kehijauan, bisa merah keunguan, mirip hologram di sticker-sticker garansi original gitu lho, Vivo bilang efek gini bisa muncul karena adanya Dynamic Color Technology.
👉TRENDING:   Cara Reset Hp Xiaomi Semua Tipe ke pengaturan pabrik xiaomi

2. Body 

Body  y53s
Gambar: youtube

Bagian belakangnya ini terbuat dari polikarbonat yang dikasih looks ala-ala kaca, secara penampilan udah bagus, apalagi vivo juga tetep setia nerapin desain kamera mereka yang lumayan unik, beda dari yang lain yang modul kamera utamanya itu gede sendiri, ditemenin kamera lain, dan dibungkus bingkai metal juga. Vivo nggak ikut ikutan trend sekarang yang datengin kamera kayak dadu.

3. Slot SIM

Slot SIM Y53s
Gambar: youtube

Y53s ini beda, sekali liat juga tau kalau ini HPnya vivo, di bagian belakangnya ini juga udah ada fitur NFC Multifunctions yang sebelumnya udah dikenalin vivo di V series dan X series, fitur ini bisa kita pake buat top up e money dan lainya, bisa di jadiin pengganti kartu akses juga kalau misalnya kartu aksesnya bolehin.

4. Bagian bawah

Bagian bawah Y53
Gambar: youtube

Di sebelah kanan HP ini, kita bisa nemuin tombol power yang ngerangkap sebagai tombol fingerprint, ditemenin sama tombol volume juga, di atas ada lubang mikrofon dan Slot  SIM yang bisa muat 2 nano SIM dan MicroSD up to 1TB, di kirinya polosan aja, dan bagian bawah ada headphone jack, mikrofon lagi, port USB type C, dan speaker. Port USB type C nya ini bisa kita pake buat reverse charging juga Y53s ini bisa sekalian dijadiin powerbank buat HP lain. Fitur yang manfaatin kapasitas batere gedenya 5000 mAh.

5. Baterai

Baterai Y53s
Gambar: youtube

Bagian batere memang udah dari dulu selalu diunggulin oleh vivo Y series, udah 2-3 tahun lalu, kalau Y series yang 3 jutaan pasti baterenya 5000 mAh dan vivo keliatan lumayan bangga sama reputasi kaya gitu. Kapasitas batere yang gede memang bikin HP ini jadi kerasa lumayan berat, tapi nggak sampe berlebihan tembus 200 gram, masih di 190gram aja dengan etebalan di 8.38mm. Buat daya tahannya sendiri tentu aja batere yang gede awet.

  1. Buat main Mobile Legends 1 jam 8% aja.
  2. Buat main PUBG Mobile 1 jam butuh 12% aja.
  3. Buat nonton Youtube 1 jam juga 5% doang.
👉TRENDING:   Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik
Levelnya udah seawet HP HP yang baterenya lebih gede dari 5000 mAh. Buat speed ngecasnya juga kenceng, pake teknologi 33Watt FlashCharge dalam ½jam udah langsung keisi 60% dan buat penuh butuh waktu 1 jam aja. Batere jadi bagian terbaik di Y53s ini. Buat pengalaman main gamenya sendiri, vivo Y53s ini terbilang cukup aja buat pemakaian santai.

6. Prosesor

Chipset yang dipake MediaTek Helio G80, yang performanya nggak bakal bikin orang protes karena masih enak buat dipake kerjaan seharian, kaya chatting, sosmedan, nonton, main game-game mainstream kaya Mobile Legends contohnya, setting high frame rate, 60 fps, dia mulus lancar, Main PUBG Mobile, settting smooth ultra, 40 fps, juga mulus banget sama sekali nggak kerasa ada yang kurang.

Cuma kalau kita udah mau push ke game yang berat banget, mikir mikir lagi deh, karena level Helio G80 belum sejauh itu, Buat main Genshin Impact misalnya, bisa bisa aja, tapi agak kurang nyaman, rata rata frame ratenya dapet di 20an fps doang. Vivo coba ngasih keunggulan lain di bagian mesinnya dengan nawarin RAM yang keliatannya lebih gede dari saingan saingannya.

7. RAM

8GB + extended RAM 3 GB Kalau dipikir cepet aja, RAM 8GB +3GB, berarti RAMnya 11GB dong? Gede banget HP 3 jutaan punya RAM 11 GB? Bakal menarik banget buat orang yang pas beli HP mentingin RAM banget. Cara buat nambah RAMnya juga gampang banget, kita tinggal masuk ke setting>RAM and storage space>RAM>nyalain tombol Extended RAM. RAM langsung nambah ekstra 3GB.

Kedengeran manteb, tapi yang harus diperhatiin, vivo sama sekali nggak pernah bilang kalau RAM HP ini 11GB, Nggak pernah sekalipun ditulis kaya gitu, dan kita juga nggak boleh ngomong kayak gitu, Tetap harus bilang 8GB+3GB karena kualitasnya 3GBnya itu beda. Kecepatannya jauh lebih rendah dari yang 8GB, jadi mungkin 3GB tetep ada ngaruh, tapi nggak segitu bedanya.

8. Memori internal

Kapasitas memori internal yang ada di vivo Y53s ini dia punya 128GB yang bisa diexpand sampe 1TB. Udah cukup banget lah buat nyimpen banyak data aplikasi, dokumen, atau foto, atau video yang ditangkep kamera HP ini.

9. Kualitas kamera

Dan buat kualitas fotonya sendiri, vivo ngandelin sistem triple camera, kamera utama 64MP Night Camera, ditemenin 2MP Super Bokeh, dan 2MP Super Macro. Kamera depannya sendiri 16MP AI Selfie Camera. Buat kamera Super Bokeh kualitasnya oke lah, bisa bikin blur yang lumayan estetik, walaupun masih ada sedikit mis. Kamera super macro juga bisa ngambil gambar dengan jarak 4cm doang.

👉TRENDING:   Cara mengatasi HP Android yang lag atau error!

Tapi kualitasnya biasa aja sih, mending andelin kamera utamanya aja yang kualitasnya udah bagus dengan warna yang keliatan natural, tapi agak kontras sedikit, detailnya oke, cuma dynamic range kurang luas. Bagian yang menurut saya kurang dari HP ini, dia nggak punya kamera ultrawide, sesuatu yang harusnya udah ada di HP 3 jutaan, vivo lebih milih buat ngasih fitur lain kayak Ultra Stable Video dan Eye Autofocus, buat perekaman kamera depannya sendiri dia bisa di resolusi 1080p.

10. Layar

Lanjut soal display, dari warna dan ketajeman layarnya vivo Y53s ini udah cakep, walaupun panelnya IPS, tapi warna yang dihasilin udah bener bener kaya dan hidup banget berkat P3 Color Gamut, Mungkin ini panel IPS terbaik di level harga kayak gini, Ketajemannya juga udah enak di Full HD+, nggak ada yang dihemat hemat lagi kayak seri Y versi lain yang masih 720p aja.

Tapi apa nggak masalah nih vivo, kalau layar Y53s masih di 60Hz aja? Nggak nyoba ikutin trend zaman sekarang yang rata rata udah 90Hz biar scrolling lebih nyaman? Ya memang sih, masih ada HP 3-4 jutaan yang 60Hz juga. Tapi kalau bisa lebih kan lebih asik.

Kesimpulan: dari vivo Y53s, ini HP yang bagus kalau anda memang dari dulu udah jadi user setia vivo, karena doyannya sama merek ini, terutama buat Y Series. Desainnya yang khas pasti bikin hepi, nggak kerasa kayak beli HP lain dengan desain yang pasaran, batere yang awet dengan kecepatan charging yang kenceng juga bikin hati tenang, nggak ribet ngejagain biar HPnya on terus, performa yang aman buat dipake main banyak game, RAM gede plus extended RAM, kamera dengan kualitas yang bersaing, dan layar yang enak diliat, dan juga NFC Multifunctions, sebuah upgrade dari seri Y yang kemaren-kemaren, Y53s bakal bikin hepi lah, dia berkembang terus.

Tapi kalau anda adalah tipe konsumen yang selalu ngebandingin HP baru sama trend HP yang ada jaman sekarang, Y53s jelas punya bagian yang nggak bersaing ya, kaya dari refresh rate layar, tenaga chipset, sama ga ada kamera ultrawide, Bakal susah buat narik user yang udah kebiasa sama tiga bagian itu. Jadi silakan dipertimbangin plus-minusnya lah.