Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys
Gambar: istockphoto.com

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, dan FixedSys

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys1
Gambar: pixabay.com

Banyak pengguna aplikasi WhatsApp yang belum mengetahui tentang hal ini. Cara untuk membuat atau customize format huruf,  seperti miring (Italic), cetak tebal (bold) dan teks yang dicoret (strikethrough).

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang populer rutin merilis fitur-fitur baru. Dari sekian banyak fitur yang dirilis WhatsApp salah satu hal yang menjadi favorit pengguna adalah mengubah bentuk tulisan pada pesan yang akan dikirim ke pengguna lain.

Cara mengubah huruf di WhatsApp

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys2
Gambar: pixabay.com

WhatsApp tidak menyediakan menu khusus layaknya aplikasi di MS Word untuk fitur lawas tersebut. Akan tetapi ada trik-trik tertentu untuk membuat teks dengan format tebal, miring, atau teks yang dicoret. Fitur ini sebenarnya sudah lama di buat pada tahun 2016 lalu, akan tetapi banyak pengguna yang belum mengetahui tentang hal ini.

👉TRENDING:   Jangan Nonton Film di Situs ilegal! Ini 10 Situs Streaming Film Legal Paling Populer

1. Mengubah huruf  WhatsApp menjadi tebal (bold)

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys3

Untuk membuat teks di pesan Whatsapp menjadi tebal, anda perlu menambahkan tanda Asterik (*) di bagian depan dan di belakang teks yang ingin anda ubah, misalnya: *selamat malam*.

2. Mengubah huruf  WhatsApp menjadi miring (italic) 

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys6

Untuk membuat teks di WhatsApp menjadi cetak miring, tambahkan tanda Underscore (_) di depan dan di belakang teks yang anda inginkan misalnya:  _selamat datang_.

3. Mengubah huruf  WhatsApp menjadi dicoretan (strikethrough)

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys34

Untuk membuat teks di pesan Whatsapp memiliki coretan, anda perlu menambahkan tanda Tilde (~) di depan dan di belakang teks yang diinginkan misalkan: ~selamat sore~.

4. Mengubah huruf  WhatsApp menjadi miring, tebal, tercoret

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Menjadi Tebal, Miring, Dicoret, FixedSys5

Kita juga dapat mengkombinasikan ketiga bentuk diatas dalam satu kata atau kalimat. Caranya dengan menempatkan masing-masing simbol secara proporsional. Misalnya penulisan *_ ~selamat malam~_*

5. Mengubah tulisan WhatsApp dengan FixedSys

FixedSys adalah salah satu font yang sering kita jumpai saat kita menggunakan PC/Laptop yang ada di Notepad (editor text sederhana).  Jenis font ini juga merupakan jenis font yang standar digunakan di Windows 95, 98, Windows Me, dan WhatsApp sudah menunjang untuk  memakai font ini. Lalu bagaimana cara penggunaanya? Tambahkan 3 simbol, tanda petik miring di dawal kata dan di akhir kata

👉TRENDING:   Contoh Foto Close Up dan Cata Memotretnya Untuk Pemula

Tapi biasanya ada satu masalah teknis di sebagian smartphone yakni tidak adanya simbol tersebut di dalam keyboard default. Beberapa jenis perangkat memang tidak menunjang untuk ketersediaan sejumlah font tertentu.

Hal itu menjelaskan kenapa ada sebagian teks dan emoticon yang tidak terbaca ketika berkomunikasi dengan pengguna perangkat Android dengan tipe smartphone yang berbeda. Namun jangan khawatir karena anda masih bisa menggunakan FixedSys ini dengan menginstal aplikasi Go Keyboard atau SwiftKey, bisa anda download di Google Playstore untuk pengguna Android dan Apple Apps Store untuk pengguna iOS.

6. Mengubah tulisan di WhatsApp menjadi terbalik

Mau iseng dengan lawan bicara atau lawan chat anda, atau pengin bikin penasaran orang-orang di grup dengan cara mengubah tulisan di WhatsApp menjadi teks terbalik, Cara ini dapat anda lakukan akan tetapi anda harus menggunakan aplikasi tambahan yakni dengan menggunakan aplikasi Upside Down (Flip Text) aplikasi ini bisa anda unduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple App Store untuk pengguna iOS.

👉TRENDING:   Cara Menonaktifkan Mode Facebook Gratis Secara Permanen

Setelah terinstal, kemudian aktifkan aplikasi ini dan tuliskan kata atau kalimat yang anda inginkan. Setelah muncul hasil text nya tinggal disalin ke kolom chat WhatsApp anda. Cara ini Memang agak rumit karena ada proses pengolahan di aplikasi terlebih dahulu sebelum di pindahkan ke WhatsApp.