jaringan rumah1
Gambar: istockphoto.com

Jaringan Komputer Rumah, Tingkatkan Produktivitas Bersama Seluruh Keluarga

Tingkatkan produktivitas bersama seluruh keluarga
Gambar: istockphoto.com

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat jaringan komputer Anda di rumah? Jika Anda memiliki sejumlah kecil komputer (dan sejumlah kecil pengguna komputer) di sekitar rumah Anda, hubungkan masing-masing komputer tersebut satu sama lain dan satu Anda dapat berbagi data, perangkat lunak, dan perangkat keras, termasuk koneksi Internet Anda. Jaringan di rumah memiliki banyak kegunaan yang kreatif, tetapi ideal jika memutakhirkan setiap komputer ke fungsi yang sama bukanlah masalah ekonomi. Di jaringan rumah, setiap komputer dan smartphone bisa mengakses.

Jaringan komputer rumah

Tingkatkan produktivitas bersama seluruh keluarga
Gambar: istockphoto.com

Anda bisa membuat jaringan dirumah, Caranya: hubungkan komputer dan kabel Ethernet atau bisa juga hubungkan dengan koneksi nirkabel. Cara termudah serta termurah adalah dengan memakai koneksi Ethernet. Ini memerlukan satu set kartu jaringan, kabel buat setiap komputer, dan router. Kartu jaringan mirip seperti modem lama yang di gunakan untuk terhubung ke Internet, tetapi di jaringan rumah terhubung  dengan semua komputer.

Baca Juga:  Cara Mudah Untuk Restore Windows 10 !

Pilih komputer yang akan disambungkan

Pertama, pilih komputer yang akan disambungkan satu sama lain, lalu pasang kartu jaringan di setiap komputer. Lalu sambungkan kabel ke  komputer yang terhubung ke server. Kabel ini tidak terhubung langsung ke server. Sebagai gantinya, sambungkan ke router. Router ini mesti terhubung ke modem mesin host agar bisa mengaktifkan akses Internet ke banyak komputer. Setelah melakukan pengaturan perangkat dengan benar (Anda perlu membaca instruksi manual perangkat), Anda bisa mengatur jaringan dari Windows pada setiap perangkat. Dalam Windows, Anda bisa mengatur jaringan di rumah Anda dengan menggunakan cara yang sama seperti saat mengatur koneksi Internet. Hanya saja pada kasus ini, seting koneksi LAN (Local Area Network).

Windows akau memandu melalui pengaturan LAN setelah komputer boot, . Setelah selesai, Anda dapat mulai menghubungkan mesin apa pun ke jaringan. Ini dapat dilakukan dari Internet Explorer dengan memasukkan alamat dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses perute (alamat dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses perute dapat ditemukan di dokumentasi perute). Saat komputer terhubung ke jaringan, setiap komputer bisa mengirim dan menerima file serta bisa juga membuka program di komputer secara jarak jauh, memutar file video dan suara di komputer lain, berbagi akun internet untuk menjelajahi web, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Bersihkan Drive Disk Yang Tidak Di inginkan Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

Anda bisa mendownload file atau melakukan panggilan dengan seseorang . Di negara yang sama sekali berbeda. Jika cuma ada satu printer yang tersedia di satu komputer di jaringan Anda, PC yang terhubung bisa mengirim serta mencetak  dokumen ke printer. Anak-anak dapat menikmati kemampuan untuk memainkan game multipemain, dan orang dewasa bisa menikmati kemampuan untuk mengirim satu pesan ke semua orang pada satu waktu dan mempertahankan jadwal grup.

Karena ini merupakan jaringan rumah yang telah terhubung ke Internet, sebaiknya anda menginstal program firewall untuk mencegah virus Internet, worm, ataupun kode spyware yang berbahaya lainnya. Ini mencegah firewall, tetapi tidak memperbaikinya. Hanya program antivirus dan antispyware yang dapat memperbaiki kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus menginstal firewall di komputer yang ingin Anda izinkan aksesnya ke komputer Anda, lalu instal program antivirus dan antispyware di setiap komputer yang tersisa di jaringan Anda.

Jika Anda memiliki file yang tidak boleh dibagikan (laporan bank, informasi kartu kredit, dll.), Anda dapat membatasi akses ke file dengan salah satu dari beberapa cara. Anda juga bisa menempatkan di folder yang baru lalu hapus izin “baca” untuk folder yang itu. Atau, bisa juga dari Panel Kontrol Windows, Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa (dan tidak bisa) mengakses file tertentu memakai kata sandi.