8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak
Gambar: istock

8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak (Tidak Berfungsi)

Salah satu masalah yang mengganggu bagi pengguna laptop adalah ketika beberapa keyboard mereka tiba-tiba berhenti bekerja.Tentu saja hal ini dapat mengganggu pekerjaan Anda dan bisa sangat mengganggu. Bagaimanapun, keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop.

Fungsi keyboard adalah sebagai alat untuk memasukkan angka, huruf, dan simbol yang memudahkan anda saat menggunakan laptop.

Tanpa keyboard, laptop tidak bisa mengetik atau mengetik di layar. Inilah sebabnya mengapa keyboard merupakan komponen yang sangat penting dari laptop atau komputer Anda.

Sebelum menjelaskan cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa keyboard tidak berfungsi.

8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak3
Gambar: istockphoto.com

Bisa terkena air, debu di sisi keyboard, atau faktor lainnya. Bahkan, tidak jarang keyboard tiba-tiba error tanpa mengetahui penyebab pastinya. Kali ini, Qoala merinci permasalahan pada barang elektronik tersebut.

Penyebab keyboard tidak berfungsi

Penyebab keyboard tidak berfungsi2
Gambar: istock

Ada dua penyebab umum kesalahan keyboard laptop, yang dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau perangkat keras. Penyebab inilah yang tidak boleh diabaikan karena mempengaruhi penanganan yang tepat saat memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Untuk informasi lebih lanjut, pertimbangkan beberapa alasan berikut mengapa keyboard laptop tidak berfungsi:

• Penuh debu dan sisa makanan

Alasan utama beberapa keyboard tidak berfungsi adalah debu dan sisa makanan yang jatuh di antara keyboard.

• Percikan air

Tentunya keyboard yang tumpah atau tumpah akan mempengaruhi dan merusak interior keyboard.

 Kerusakan perangkat keras

Ini bisa jadi keyboard pad yang sudah mulai tidak sensitif atau kendor.

 Kerusakan perangkat lunak

Beberapa perangkat lunak di laptop atau komputer Anda tidak kompatibel dengan keyboard Anda.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi

8 Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak1
Gambar: istock

1. Periksa kerusakan pada laptop Anda

Ada dua kemungkinan penyebab kerusakan keyboard laptop: perangkat lunak dan perangkat keras. Bagaimana cara memeriksa? Coba akses BIOS laptop. Jika Anda dapat menggunakannya dengan mengetik di keyboard, perangkat lunak mungkin rusak.

2. Bersihkan keyboard

Kalau cuma beberapa tombol keyboard saja yang rusak dan yang lainnya masih berfungsi dengan baik, keyboard mungkin berdebu.

Hal paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan debu secara efektif adalah dengan memiringkan laptop Anda pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop Anda untuk menghilangkannya. Cara lain untuk menghilangkan debu adalah dengan menggunakan selotip di antara keyboard. Pastikan selotip yang Anda gunakan masih lengket.

3. Nyalakan kembali laptop Anda

Jika seluruh keyboard tiba-tiba tidak merespon, mungkin ada masalah software/driver. Coba mulai ulang laptop Anda.

Anda mungkin bisa memperbaikinya dengan ini. Namun, jika ini tidak teratasi, kesalahan dapat terjadi dan perangkat keras yang terhubung ke laptop mungkin tidak berfungsi dengan baik.

4. Pulihkan Windows

Jika setelah menginstal aplikasi keyboard tidak berfungsi atau anda mengubah pengaturan, coba pulihkan Windows. Dalam kebanyakan kasus, ini akan menyelesaikan masalah. Rahasianya adalah

  • Klik menu Start Control Panel
  • Sorot opsi menu Sistem > Keamanan > pilih Cadangan Komputer
  • Selanjutnya, klik Buka Pemulihan Sistem

Laptop akan restart secara otomatis ketika perintah di atas dijalankan. Jika semuanya terjadi karena kerusakan sistem, keyboard akan berfungsi kembali seperti itu.

5. Perbaiki driver keyboard

Masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi  juga bisa karena driver keyboard yang kedaluwarsa atau aplikasi berbahaya. Keyboard menjadi kurang responsif. Anda dapat memeriksa dengan metode berikut

  • Klik menu Start > Control Panel
  • Di Control Panel > System and Security > Device Manager
  • Pilih Keyboard untuk melihat opsi menu driver di bawahnya

Jika segitiga kuning memiliki tanda seru, berarti ada masalah. Anda harus segera memperbarui driver keyboard Anda di situs web produsen laptop resmi.

6. Periksa keyboard NumLock

yang tidak berfungsi dengan benar karena Anda. Salah satu yang paling umum adalah aktivasi NumLock  dengan menekan kombinasi tombol tertentu.

Saat Num Lock aktif, karakter yang ditampilkan biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan. Untuk mematikan Num Lock, tekan tombol Fn dan NuMLk pada keyboard Anda secara bersamaan.

Untuk beberapa jenis laptop, Anda juga bisa mematikannya dengan menekan Caps Lock dan NumLk. Hubungi dukungan pelanggan produsen laptop Anda untuk informasi tentang cara mematikan Num Lock jika kombinasi dari dua di atas tidak berhasil.

7. Gunakan keyboard USB atau Wireless

Jika semua metode di atas untuk memperbaiki keyboard laptop menggunakan USB atau keyboard nirkabel tidak membantu, Anda harus membawanya ke pusat layanan.

Jika masih dalam masa garansi, biasanya tidak ada biaya perbaikan. Namun, jika masa garansi berakhir, Anda akan diminta untuk membayar biaya servis atau biaya penggantian untuk unit keyboard baru.

Anda bisa menggunakan keyboard USB untuk sementara waktu. Keyboard eksternal USB ini dapat digunakan langsung hanya dengan mencolokkannya ke port USB.

Harganya juga cukup murah, sekitar 50.000 rupiah. Jika Anda baru menggunakan keyboard USB, Anda juga dapat menggunakan keyboard nirkabel. Keyboard nirkabel bekerja menggunakan jaringan Bluetooth, sehingga lebih praktis dan tidak memakan banyak ruang.

8. Bawa ke pusat layanan resmi

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih belum mendapatkan hasil atau tidak berhasil, berarti ada masalah dengan hardware laptop Anda. Sebaiknya segera bawa laptop ke service center resmi agar bisa segera diperbaiki.

Namun, jika masalah yang Anda hadapi sangat serius pada laptop Anda, biaya yang dibutuhkan juga akan sangat tinggi. Maka Anda perlu memikirkan kembali untuk memperbaiki atau membeli perangkat baru.