BERSIHKAN FILE YANG TIDAK DI PERLUKAN

Bersihkan Drive Disk Yang Tidak Di inginkan Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

hapus file yang tidak di butuhkan

Anda mungkin pernah mendengar tentang perawatan komputer. Lakukan defragmentasi dan Pindai kesalahan disk, Kedua hal ini penting, tetapi ada juga yang bisa Anda lakukan supaya umur komputer panjang hingga melampaui dua tahun. Ada juga. Bahkan, Anda bisa memakai komputer Anda sampai 5 tahun atau lebih dengan mengikuti cara di bawah ini. Anda dapat memesan peningkatan perangkat lunak sederhana alih-alih peningkatan perangkat keras yang lengkap dan mahal.

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer

cc-cleaner-horz-2

Menghapus program

Cara mudah untuk memperpanjang umur komputer adalah dengan menghapus program file, dan folder yang tidak perlu. Disk drive yang penuh file yang tidak terpakai merupakan drive disk yang bekerja melebihi dari yang diperlukan.

Sistem defragmentasi Window bisa mengurangi beberapa tekanan file pada drive, tapi tidak menghilangkan masalah di tempat yang pertama. Ini karena defragmenter hanya membersihkan file di sistem Anda untuk memudahkan akses komputer. Oleh sebab itu, lebih sedikit pekerjaan yang di butuhkan untuk menemukan serta memuatnya. Namun, metode ini hanya mengurangi gejala yang disebabkan oleh file-file tersebut dan tidak menyerang penyebabnya. File-file ini perlu dihapus-bukan.

👉TRENDING:   Lakukan 10 Cara Ini Untuk Memperbaiki Keyboard Yang Rusak

Tentu saja, kasus menghapus file bisa menjadi tugas yang mengerikan bagi beberapa pengguna komputer. Sebagian besar pengguna tidak mengetahui file mana saja yang bisa dihapus serta aman dan file mana saja yang tidak aman jika dihapus.

Melakukannya dapat menyebabkan program penting menjadi tidak dapat dioperasikan, merusak sistem operasi Windows, dan mencegah komputer Anda melakukan booting. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan perangkat lunak penghapus khusus.

Penghapus menganalisis sistem operasi pada komputer Anda, serta program yang dapat diinstal untuk menentukan file mana yang penting untuk kemampuan komputer dan file mana saja yang bisa di hapus dengan aman.

Anda sudah memiliki program seperti itu di komputer Anda, yaitu Windows Add / Remove Programs (tersedia dari Control Panel). Perangkat lunak ini membantu menghapus program yang tidak lagi diperlukan, serta file tambahan yang digunakan oleh program ini (pustaka tautan dinamis, file basis data, referensi registri, ikon pintasan, dll.).

Akan tetapi, Windows Tambah / Hapus Program sepertinya tidak cukup. Perangkat lunak ini sangat baik dalam menghapus program yang tidak diinginkan, tetapi dapat meninggalkan file yang menjadi file yatim piatu bahkan setelah penghapusan lengkap. Dan file-file yatim piatu ini benar-benar dapat mengacaukan hard drive Anda dan sebaliknya memperpendek umur PC muda dan kuat.Program uninstall hanya dapat menghapus file yang Anda tempatkan pada hard drive Anda selama instalasi rutin.

👉TRENDING:   Rekomendasi 5 Laptop Terbaik Yang Cocok Buat Kuliah

Hapus Program di Windows

Oleh karena itu, Anda dapat menghapus seluruh program dengan Tambah / Hapus Program di Windows, tetapi Anda perlu menggunakan pembersih file yang lebih canggih, misalnya CleanSweep, untuk menghilangkan hal-hal kecil yang mengganggu ini. CleanSweep adalah program unik yang secara khusus mencari file yang tidak terkait dengan program dan menanyakan apakah Anda ingin menghapusnya.

Anda tidak ingin menghapus file yatim piatu hanya jika itu adalah dokumen sebenarnya yang Anda buat sebelum Anda menghapus program. Misalnya, jika Anda menghapus Microsoft Word, semua dokumen yang dibuat di Word akan menjadi file yatim piatu. Atau, jika Anda menghapus program pengeditan grafik, semua gambar yang dibuat oleh program itu akan menjadi file yatim piatu.

Berikut cara cerdas untuk melakukannya jika Anda tidak ingin kehilangan data yang dibuat oleh program yang tidak diinginkan.

  1.  Simpan dokumen atau ubah ke format yang pertama kali berfungsi dengan program lain (yaitu, program yang Anda rencanakan untuk disimpan).
  2. Arsipkan ke floppy disk, flash drive, atau CD-ROM
  3. Lanjutkan dengan program seperti CleanSweep.
👉TRENDING:   Perawatan Komputer : Membersihkan Kipas Unit Komputer

Anda dapat menggunakan CleanSweep atau jenis utilitas serupa lainnya untuk menghapus lebih dari 5 megabyte ruang hard drive dari kurang dari 1 megabyte. Ini mungkin terlihat seperti sejumlah kecil “materi geta” bagi Anda, tetapi bagi komputer itu jauh lebih sedikit.