Gambar: komputerswiat.pl

Windows 11 Sudah Rilis, Apa Aja Perbedaanya Dengan Windows 10? Fitur Apa Saja Yang Di Hilangkan?

Windows 11 Sudah Rilis, Apa Bedanya Dengan Windows 10 Fitur Apa Saja Yang Di Hilangkan-1
Gambae: theverge.com

Microsoft resmi merilis sistem operasi Windows terbaru, Windows 11, pada Kamis (24 Juni 2021). Windows 11 merupakan penerus Windows 10 yang buat pada tahun 2015. Sebagai penerusnya, Windows 11 telah mengalami perombakan besar-besaran, mulai dari desain dan penyempurnaan hingga dukungan aplikasi Android.

Fitur yang di hapus

Seperti dilansir The Verge pada Jumat (25/6), fitur yang dihapus dari Windows sebelumnya adalah: Ada 10 fitur yang telah dihapus:

  1. Live Tiles langsung tidak lagi tersedia di menu Mulai.
  2. Mode tablet Windows 10 dan mode cahaya hanya tersedia di Windows 11 home
  3. Cortana dihapus dari pengalaman boot.
  4. Skype akan dihapus dari penginstalan OS baru karena Microsoft Teams terintegrasi langsung ke Windows 11.
  5. Penampil cat 3D dan 3D akan dihapus dari instalasi
  6. One note juga dihapus. Namun, jika Anda masih tertarik untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya dari Microsoft Store.
  7. Taspen tidak bisa lagi dipasang di sisi layar. Biasanya terletak di bagian bawah Windows 11.
  8. Internet Explorer yang dinonaktifkan telah digantikan oleh Microsoft Edge dan menyertakan mode IE.
  9. Garis waktu akan dihapus, tetapi digantikan oleh fitur serupa lainnya di Microsoft Edge.
  10. Layar kunci dan status cepat pengaturan terkait telah dihapus.
Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4, 2x3, 4x6 di Word

Berikut merupakan perbedaan Windows 11 dan Windows 10

PERBEDAAN WINDOWS 11 & WINDOWS 10
Gambar: tweaklibrary.com

Beberapa tweet netizen berkomentar membandingkan Windows 11 dengan sistem operasi sebelumnya. Beberapa pengguna dikejutkan oleh antarmuka yang lebih canggih dan elegan. Sayangnya, itu menghabiskan banyak sumber daya. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kekuatan komputer Anda. Fokus dari pembaruan Windows 11 ini adalah untuk menyederhanakan antarmuka pengguna, meningkatkan kinerja, dan multitask. Windows Best juga menyertakan dukungan untuk aplikasi Android.

Bentuk dari Logo Windows 10 dengan windows 11
Gambar: fossbytes.com

Logo Windows 11 terlihat sedikit berbeda dari Windows 10. Logo Windows 11 terlihat seperti jendela depan. Versi sebelumnya dari logo Windows berbentuk empat kotak gaya 3D, yang tampak seperti bendera dalam posisi mengepak. Tidak hanya logo tetapi juga suara pembuka (startup sound) yang terdengar saat power dihidupkan akan diperbarui.

2. Tampilan antarmuka (UI)

Tampilan Antarmuka (UI) 2
Gambar: komputerswiat.pl

Perbedaan yang mencolok antara Windows 11 dan Windows 10 yakni antarmuka (UI). Windows 11 mempunyai tampilan yang lebih segar dan minimalis, terutama di tampilan taskbar dan start menu. Menu tidak lagi muncul di sebelah kiri seperti di Windows 10. Microsoft telah memindahkan menu ke tengah agar terlihat seperti antarmuka MacOS. Menu mulai juga telah dipindahkan ke tengah. Namun, beberapa item seperti jam, koneksi, dan baterai ada di sisi kanan bilah tugas.

Baca Juga:  Jaringan Komputer Rumah, Tingkatkan Produktivitas Bersama Seluruh Keluarga

3. Widget

Windows 11 memiliki beberapa widget baru dengan Microsoft Edge dan AI. Anda dapat mengakses widget ini saat Anda mengarahkan kursor ke sisi kiri layar. Widget fungsinya untuk mendapatkan informasi, berita, cuaca, foto, dan lainnya secara sekilas.

Ikon menu Start juga telah direvisi. Sudut-sudut logo membulat dan tidak kaku. Tidak hanya bagian ikon, tampilan jendela (Windows) juga memiliki sudut yang lebih membulat dibandingkan ketajaman jendela lama. Perbedaan antara keduanya juga dapat dilihat pada kurangnya fungsionalitas live tile di Windows 11. Live tile sendiri merupakan fitur Windows yang menampilkan kolom notifikasi yang berisi informasi seperti cuaca, kalender, dan informasi lainnya.

4. Aspek game HDR otomatis 

adalah aspek yang menarik perhatian Microsoft. Untuk memanjakan pecinta game, Microsoft telah merilis fitur HDR otomatis di Windows 11. Fitur ini memberikan kontras dan warna yang sangat baik saat bermain game.

5. Dukungan Aplikasi Android

Untuk pertama kalinya di Windows 11, Microsoft memungkinkan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa perubahan khusus. Selama ini aplikasi Android cuma bisa berjalan di sistem operasi Windows dengan menggunakan emulator atau dual boot OS. Aplikasi Android ini terletak di Microsoft Store dan dapat diunduh dari Amazon App Store.

Baca Juga:  Daftar Harga Service Laptop Rusak Berdasarkan Kerusakan

Setelah diunduh, Anda dapat menyematkan (pin) aplikasi Anda ke bilah tugas atau memasangkannya dengan aplikasi lain. Microsoft menggunakan teknologi Intel Bridge untuk menjalankan aplikasi Android pada sistem x86. Untungnya, aplikasi Android di Windows 11 tidak hanya berfungsi di komputer dengan CPU Intel, tetapi juga di AMD dan ARM.

Fitur ini mirip dengan yang dilakukan Apple dengan chip M11. Untuk informasi lebih lanjut, chip M11 memungkinkan Anda menjalankan aplikasi iOS di sistem operasi MacOS.

Dalam hal ini, Microsoft memilih untuk mengadopsi Android. Ini tidak lain adalah pesaing utama iOS. Microsoft telah mengungkapkan bahwa rilis Windows 11 akan berlangsung musim liburan ini, mungkin sekitar November atau Desember, dan akan berlanjut hingga awal 2022. Pada tahap awal, Microsoft akan memberikan kesempatan kepada pengembang untuk menguji Windows 11 pada program Windows Insider mulai minggu depan. ..

6. Integrasidengan teams

Microsoft saat ini sedang mengintegrasikan layanan Teams ke dalam Windows 11. Ada tombol khusus yang dapat diakses pengguna dari desktop mereka. Layanan Teams memungkinkan pengguna melakukan panggilan video, teks, atau suara ke pengguna lain.