Rekomendasi 5 Kamera Terbaik Untuk Street Photography

0

Ini adalah kamera dengan fitur yang sangat unik, memberikan experience yang sangat berbeda dengan kamera-kamera lainnya, cuman buat harga kamera ini termasuk cukup premium untuk kamera bersensor aps-c 20 megapiksel karena kamera ini dijual sekitar 28 juta rupiah untuk body only.

Dari harganya si memang termasuk dalam kategori kamera mewah dan menargetkan pada segmentasi user yang cukup terbatas, tapi serius kalau kalian banyak duit suka Street photography doyan warna-warnanya, Fuji camera ini memberikan experience yang sangat-sangat berbeda dengan kamera lainnya.

Baca Juga: Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi CapCut, Sebelum Upload Ke Tik-Tok

Spesifikasi Fujifilm X-Pro3 Body Only

  • 26.1MP APS-C X-Trans BSI CMOS 4 Sensor.
  • X-Processor 4 Image Processor.
  • Hybrid 0.5x OVF with 3.69m-Dot OLED EVF.
  • 3.0″ Hidden 180° Tilting Touchscreen.

Pertama yang unik banget adalah kamera ini layar lcd-nya diumpetin jadi layarnya harus dibuka dulu dan saat ditutup cuma ada layar kecil yang menunjukkan jenis film simulation yang kita gunakan.

Jadi esensinya itu kita disuruh untuk motret tanpa mikirin hasilnya dulu, hasilnya nanti aja kita lihat dari layarnya kita buka skalian kalo lagi istirahat, jadi esensinya kaya pakai kamera zaman dulu, pakai kamera film yang hasilnya gak bisa kita lihat sebelum filmnya dicuci.

Baca Juga:  Kamera Digital Nikon: Kamera SLR Digital

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatur Grafik PUBG Mobile Ke Ultra HD

Jadi pastinya ini bakal mengasah insting eksposur kita juga ketika hunting, walaupun tetep karena ini kamera modern ada exposure meter juga sebagai acuan, tapi enggak cuma layarnya aja yang menarik.

Optical view finder yang diberikan pun keren parah di kamera ini, jadi kalau mirrorless itu biasanya pakai elektrik view finder alias view findernya itu di dalamnya dikasih kaya layar kecil untuk menunjukkan gambar yang kita ambil.

Sedangkan X pro 3 ini kita punya view finder yang tembus aja ngeliat ke depan, jadi bener-bener optical view finder.

Tapi yang menarik lagi optical viewfinder tersebut punya informasi headset display yang membuatnya terasa keren banget ala-ala mengoperasikan alat perang dan kita juga bisa ubah modenya jadi elektrik view finder kalau mau ambil atau lihat gambar kita dengan frame yang pasti yang udah kita ambil lewat sensor kamera.

Kalau ada budget-nya dan workflow kalian adalah buat Street photography dan mau merasakan nyetrit yang mewah ya X pro 3 ini adalah pilihan yang menarik.

5. Kamera Ricoh GR III

Kamera Ricoh GR III
Gambar: instagram

Ini adalah rekomendasi nomor 1 kalau memang fokus kalian adalah Street photography dan mungkin agak ke arah journalism photography.

Baca Juga:  Kamera Digital Sony: Tampilan Sempurna

Karena memang agak deket juga kedua genre tersebut, jangan salah tangkap ini bukan kamera baik dari segala aspek tapi kamera ini sangat berkesan.

Baca Juga: Penjelasan Dasar Part-Part Yang Ada Di PC Untuk Pemula

Kamera ini benar-benar lahir untuk para Street fotografer jadi kamera ini menarik karena dia membawa sensor yang proper di ukuran aps-c beresolusi 240 2 megapiksel, resolusi yang cukup identik dengan kamera-kamera yang kita bahas sebelumnya.

Spesifikasi Ricoh GR lll

  • Dimensions: 109.4 x 61.9 x 33.2 mm.
  • Weight: 257 grams.
  • Resolution: 24.24 Megapixels (6000 x 4000)
  • Display: 3.0 inch screen.
  • Features: Exposure Mode, White Balance, Self Timer, Bluetooth LE and Wi-Fi.

Tapi kamera ini datang dengan form factor yang luar biasa kecil, bahkan kalau kalian mau, bisa sampai dikantongin, memang bisa kecil gini karena ini adalah kamera compact.

Jadi mungkin bisa jadi drawback buat kalian karena kamera ini nggak bisa ganti lensa, enggak kaya kita bahas sebelumnya tadi semuanya bisa ganti lensa, yang ini nggak bisa karena dia kamera compact jadi udah stuck dengan lensa bawaannya, dengan vokal 18,3 mm dengan bukaan hingga f2.

Baca Juga:  Review Kamera Digital Canon

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Headset Bluetooth Yang Mati Sebelah

Kamera membawa sistem stabilisasi dengan teknologi sensor shifting, memang mungkin nggak sebagus xt4 atau XS10 dan memang kamera ini videonya kurang bagus juga.

Nggak bisa terlalu diandelin tapi buat kebutuhan Street photography aku suka banget. Ricoh GR III ini punya memori internal, jadi kalau kalian gak bahwa memory atau lupa kalian tetap bisa menangkap momen disekitar kalian.

ketika ada momenpenting yang enggak bisa diulang, kalian diselamatkan oleh memori internalnya yang berukuran 2 GB, ini sangat membantu untuk kebutuhan Street photography ataupun journalism photography.

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Terhubung Ke Kamera

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh sensor aps-c nya itu udah proper banget cakep banget bener-bener nggak kalah dengan kamera-kamera yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar