Ketahui 13 Penyebab Yang Bisa Menghambat Pembentukan Ototmu

0

11. Kurang cairan (minum)

2/3 bagian tubuh berupa air untuk sel-sel di ototmu saja sekitar 79% berupa air, kalau kamu kurang minum jaringan otot mu akan lebih sulit terbentuk, Kalau mengikuti standar 6-8 gelas perhari sudah oke, tapi lebih tepatnya minumlah air sebanyak ½ dari berat badan dalam liter setiap hari, misalnya kalau beratmu 45 kg, air yang perlu kamu minum sekitar 1½ liter atau sekitar 6 gelas.

12. Latihan terlalu cepat

Kecepatan dalam mengangkat beban juga penting, otot perlu ditekan selama beberapa saat pada saat, pada saat itulah terjadi proses pembentukan otot, gerakan 1 set sebanyak 10 repetisi selama 10 detik, itu terlalu cepatlah. Coba buat set setidaknya selama ½ menit, kalau badanmu kurang fit kamu tidak akan bisa mengontrol beban, lalu kamu cuma akan menyia-nyiakan semuanya, bukannya malah melatih otot mu.

Selain itu kamu akan mengerahkan tendon dansendi mu melebihi kapasitasnya, hati-hati kamu bisa cedera, sebaiknya utamakan ototmu untuk melakukan latihan, kalau kamu tidak siap mengangkat beban pilihanmu kemungkinan kamu sudah mencapai Strength Plateau yaitu saat masa ototmu berhenti tumbuh, tubuhmu akan mencoba mengompensasinya dengan melibatkan kelompok otot yang sebelumnya tidak kamu gunakan.

Baca Juga:  Psikologi Pertandingan Dimainkan Di Permainan Tenis

13. Rentang repetisi yang sama

Kamu mungkin selalu mengikuti rentang repetisi yang sama secara berlebihan, menurut keyakinan secara umum rata-rata 5-8 repetisi cukup bisa membentuk otot, tapi kalau kamu bukan lagi menjadi pemula, sebaiknya beralih dari rentang repetisi rendah atau sebanyak 3-4 repetisi rendah menengah atau sebanyak 6-8 repetisi, lalu ke rentang tinggi sebanyak 12-15 repetisi.

Perhatikan otot yang kamu gunakan, termasuk caramu meregangkan dan menekannya, kalau gerakan yang kamu lakukan terasa familiar, kamu tidak akan sepenuhnya memusatkan energi mu, dalam proses ini protein karbohidrat dan lemak memang bagus.

Tapi kamu juga perlu mengasup mikronutrien lain yang membantu ototmu tumbuh, kalau kamu kekurangan mineral dan vitamin, olahraga berat bisa membahayakan tubuhmu, jadi asup lebih banyak buah dan sayuran bertepung dalam makananmu, tubuhmu mengurai sebagian besar karbohidrat yang bersumber dari makanan itu, menjadi glukosa, sejenis gula yang menjadi bahan bakar utama pada sel, saat kamu tidak memerlukannya untuk menghasilkan energi, glukosa tersimpan di otot sebagai glikogen.

Baca Juga:  Hasil Babak I Skor 0-0 Timnas U-23 Indonesia VS Australia

Dengan melewatkan sarapan, kamu membuat tubuh mencari energi dari sumber lain misalnya glikogen yang ada di jaringan otot, jangan sampai hal ini terjadi, asupan protein dan karbohidrat yang lambat dicerna, seperti kacang, oatmeal,sayuran atau biji-bijian, salah-salah malah perkembanganmu akan merosot, kamu tidak bisa membentuk otot mu secara instan.

Karena waktu yang diperlukan, bisa selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, bukan cuma semingguan, semakin bagus angkat beban, akan semakin cepat ototmu terbentuk, ini pun tidak akan terjadi dalam satu kedipan mata, sebagian binaragawan menyatakan kalau kamu ingin lebih berotot sebaiknya kamu selalu makan, tapi ada batasannya, di awal hari tubuhmu perlu karbohidrat tapi kemudian setelah makan siang metabolisme melambat, saat itulah karbohidrat yang konsumsi lebih mungkin disimpan sebagai lemak.

Tinggalkan Komentar