Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri – Kursor atau pointer ialah adalah tanda khusus yang ada di monitor monitor yang dipakai oleh program sebagai petunjuk atau pemusat perhatian dalam komunikasi di antara program dan pemakai.

Kursor pada umumnya dipisah jadi dua, yakni kursor kursor tetikus dan text. Kursor text ialah tanda yang memperlihatkan tempat text akan ditempatkan, umumnya berbentuk garis vertikal yang berkedip.

Dan kursor tetikus ialah perangkat petunjuk komputer yang dipakai buat pilih sebuah program. Kursor ini umumnya seperti pertanda panah dan bisa digerakkan memakai alat tertentu seperti mouse.

Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri

Kamu mengalami permasalahan kursor bergerak sendiri? Ya, aku individu pernah mengalaminya. Kursor bergerak sendiri secara acak dan membuat aku susah mengarahkannya buat mengeklik apa yang aku incar, dan justru mengeklik yang lain.

Persoalan ini pasti membuat kamu berasa marah dan kecewa. Misalkan saja, kursor bergerak sendiri saat kamu sedang main games FPS. Ini pasti benar-benar mengusik, karena akan membuat camera games dimainkan jadi tidak pasti arah.

Sebetulnya ada beberapa peluang yang mengakibatkan kursor di laptop atau computer kamu bergerak sendiri. Bisa jadi karena mouse hancur, connector rusak, atau karena tegangan listrik yang berlebihan.

Nach, berikut ini kami akan memberi cara-cara buat menangani kursor bergerak sendiri di laptop atau PC kamu.

  • Mengatur Sensitivitas
  • Up-date Driver Mouse
  • Check Keadaan Mouse
  • Non-aktifkan Trekpad
  • Re-start Laptop atau PC
  • Service Laptop atau PC
  • Check Charger Laptop
  • Check Mousepad (Alas Mouse)
Baca Juga:  Begini Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word

Check Keadaan Mouse

Check Keadaan Mouse

Bisa saja kursor di laptop atau PC kamu sendiri karena mouse memiliki masalah, entahlah kerena telah rusak dan perlu ditukar, atau karena konektornya yang bermasalah. Coba lihat baik mouse yang kamu gunakan.

Jika kamu memakai mouse kabel, permasalahan yang umumnya terjadi ialah pada kabel mouse yang terjepit, hingga membuat gerakan mouse tidak stabil. Atau juga bisa connector USB pada mouse kamu rusak.

Jika kamu memakai mouse wireless, permasalahan yang terjadi umumnya ada di connector USB yang memiliki masalah, battery memiliki masalah, atau juga bisa karena ada mouse wireless yang lain bekerja di frekwensi yang sama.

Langkah menanganinya kamu tentu tahu lah, bila kabel terjepit atau bengkok kamu perlu melempengkannya. Bila mouse atau connector USB yang hancur, tidak ada langkah yang kami referensikan selainnya menukarnya.

Check Charger Laptop

Check Charger Laptop

Kalu kursor bergerak sendiri terjadi saat kamu sedang men-charge laptop kamu, peluang pemicunya ada di charge yang kamu gunakan. Umumnya charge yang dipakai bukan charge original.

Tegangan listrik yang dibuat charge original atau bawaan dengan charge bukan bawaan laptop pasti berbeda. Ini mengakibatkan tegangan charge semakin besar dibandingkan yang laptop kamu butuhkan.

Maka buat menangani kursor bergerak sendiri karena ini ialah, tidak boleh mengecas laptop kamu saat dipakai, atau kamu bisa juga menukar charge yang original. Silakan kunjungi toko computer atau juga bisa lewat toko online resmi dari produsennya.

Check Mousepad (Alas Mouse)

Check Mousepad (Alas Mouse)

Faktor yang ke-2 ini juga bisa terjadi, coba periksa mousepad yang kamu pakai, dan silakan bersikan mousepad kamu. Karena umumnya mousepad yang kotor dapat membuat sensor mouse tidak konstan, dan mengakibatkan kursor bergerak sendiri.

Langkah membersihkan gampang kok, kamu dapat membersihkan mousepad kamu memakai sedikit detergent, dan memendamnya ke air. Disamping itu kamu dapat bersihkan mousepad kamu dengan memakai cairan pencuci selanjutnya mengelapnya.

Baca Juga:  Program Bawaan Yang Ada di Pc dan Laptop

Non-aktifkan Trackpad

Non-aktifkan Trackpad

Saat kamu memakai mouse, seharusnya kamu matikan sementara trekpad laptop kamu. Karenanya langkah ini kamu dapat menangani kursor di laptop kamu yang bergerak sendiri. Khususnya jika trekpad laptop kamu rusak.

Langkah menonaktifkan trackpad memakai tombol gabungan setiap merk laptop mempunyai langkah yang berbeda. Kamu dapat baca tabel di bawah ini dan silakan samakan dengan merek laptop kamu.

Merk LaptopTombol Kombinasi
MacFn + F2
AsusFn + F3 / F7 / F9
DellFn + F7
Lenovo Fn + F6
Toshiba Fn + F9
Acer Fn + F7

Re-start Laptop atau PC

Re-start Laptop atau PC

Permasalahan kursor bergerak sendiri bukan hanya tiba dari mouse saja. Bisa jadi kursor bergerak sendiri disebabkan oleh mekanisme operasi alami error. Khususnya jika kamu memakai laptop buat multitasking dalam periode waktu lama.

Maka jika terjadi error pada mekanisme, kamu dapat merestart laptop atau PC kamu. Lebih bagus kembali jika kamu shut down dan biarkan dahulu beberapa saat, baru selanjutnya kamu nyalakan kembali.

Mengatur Sensitivitas

Peluang seterusnya yang mengakibatkan kursor di laptop atau PC kamu bergerak sendiri ialah karena sensitivitas pointer yang terlampau tinggi. Jadi dapat membuat kursor tidak bergerak sendiri dan stabil.

Berikut langkah menangani pointer bergerak sendiri dengan atur sensitivitas pointer:

1). Dalam menu Start, silakan tulis dan click Control Panel.

2). Sesudah ada tab baru silakan tentukan Hardware and Sound.

3). Dalam menu itu akan ada beberapa pilihan, silakan kamu tentukan Mouse yang ada di bawah Devices and Printers.

4). Apabila sudah maka ada tab Pointer Option. Silakan kamu mengatur kecepatan atau sensitivitas pointer seperti yang kamu harapkan.

Baca Juga:  Bersihkan Drive Disk Yang Tidak Di inginkan Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

5). Selesai.

Update Driver Mouse

Selainnya atur sensitivitas pointer, kamu juga bisa memperbaharui driver mouse yang kamu gunakan. Karena terkadanag driver yang belum diupdate akan membuat kursor jadi tidak bergerak sendiri dan stabil.

Berikut langkah memperbaharui driver mouse:

1). Membuka menu start, selanjutnya pada kolom penelusuran silakan kamu tulis Device Manager.

2). Click 2x dalam menu tersebut.

3). Kemudian akan ada tab baru, silakan kamu tentukan Mice and other pointing devices.

4). Click kanan pada mouse yang kamu pakai, dan tentukan Up-date Driver.

5). Selanjutnya tentukan pilihan Search automatically for drivers. Lalu, turuti proses berikutnya.

6). Selesai.

Service Laptop atau PC

Jika beberapa cara di atas telah kamu coba tetapi kursor di laptop atau PC kamu masih bergerak sendiri, karena itu ada kemungkinan jika ada elemen dalam laptop atau PC kamu yang rusak.

Umumnya jika pada PC permasalahannya berada pada port USB motherboard atau power suplay yang dayanya tidak stabil. Jika buat laptop umumnya masalahnya berada pada kabel penyambung trekpad yang ke arah motherboard atau pada port USB.

Langkah menangani kursor bergerak sendiri di laptop atau PC karena permasalahan ini yang termudah ialah bawa laptop atau PC kamu ke arah tempat service komputer paling dekat supaya bisa di check lebih lanjut.

Nah, demikian langkah menangani kursor di laptop atau PC bergerak sendiri. Selamat mempraktikkan beberapa cara yang kami beri, dan semoga berhasil. Mudah-mudahan artikel ini terima kasih dan bermanfaat.