Cara Mudah Menanam Berbagai Bibit Tanaman Di Pekarangan Rumah

0

3. Pengelolaan media tanam

Untuk pengolahan media tanamnya karena disini kita menggunakan pupuk kandang dan tanah, baiknya kita gunakan perbandingan 1:1, disini kita bisa menggunakan tanah 1 ember kemudian untuk pupuk kandang juga 1 ember juga. Kemudian kita akan mencampurkan kedua media tanam ini. Setelah tercampur rata lalu kita akan mengisi ke wadah untuk media tanamnya, kita bisa menggunakan keranjang nasi atau polybag sebagai tempat media tanam.
Kemudian kalau sudah siap untuk media tanamnya lalu kita lakukan penanaman dari bibitnya, sebagai contoh di sini kita mau menanam tomat, untuk tanaman tomat ini caranya kita potong-potong, untuk tomat yang akan kita tanam hanya tomat yang ada bijinya saja,  kemudian kita letakan potongan tomat tadi di atas media tanam lalu tutup atasnya dengan media tanam. Untuk bibit yang lain prosesnya juga sama seperti ini.

4. Penempatan 

Tahap terakhir di sini kita ke penempatan bibit yang sudah kita semai tadi misalnya di pekarangan rumah, tetapi baiknya untuk penempatan dari bibit ini letakkanlah di tempat yang teduh, jangan terkena terik sinar matahari, dan tutup dengan menggunakan plastik, penutupan dengan plastik ini bertujuan supaya media tanamnya tetap sejuk. Berikutnya kita tinggal menunggu waktu pecah kecambahnya selama (-+) 3-4 dan setelah pecah kecambah untuk plastiknya bisa buka.
Tinggalkan Komentar