Windows 11 Sudah Rilis, Apa Aja Perbedaanya Dengan Windows 10? Fitur Apa Saja Yang Di Hilangkan?

0

Logo Windows 11 terlihat sedikit berbeda dari Windows 10. Logo Windows 11 terlihat seperti jendela depan. Versi sebelumnya dari logo Windows berbentuk empat kotak gaya 3D, yang tampak seperti bendera dalam posisi mengepak. Tidak hanya logo tetapi juga suara pembuka (startup sound) yang terdengar saat power dihidupkan akan diperbarui.

2. Tampilan antarmuka (UI)

Tampilan Antarmuka (UI) 2
Gambar: komputerswiat.pl

Perbedaan yang mencolok antara Windows 11 dan Windows 10 yakni antarmuka (UI). Windows 11 mempunyai tampilan yang lebih segar dan minimalis, terutama di tampilan taskbar dan start menu. Menu tidak lagi muncul di sebelah kiri seperti di Windows 10. Microsoft telah memindahkan menu ke tengah agar terlihat seperti antarmuka MacOS. Menu mulai juga telah dipindahkan ke tengah. Namun, beberapa item seperti jam, koneksi, dan baterai ada di sisi kanan bilah tugas.

3. Widget

Windows 11 memiliki beberapa widget baru dengan Microsoft Edge dan AI. Anda dapat mengakses widget ini saat Anda mengarahkan kursor ke sisi kiri layar. Widget fungsinya untuk mendapatkan informasi, berita, cuaca, foto, dan lainnya secara sekilas.

Baca Juga:  3 Laptop Dengan Desan Unik Dan Nyeleneh, Beda Dengan Laptop Biasa

Ikon menu Start juga telah direvisi. Sudut-sudut logo membulat dan tidak kaku. Tidak hanya bagian ikon, tampilan jendela (Windows) juga memiliki sudut yang lebih membulat dibandingkan ketajaman jendela lama. Perbedaan antara keduanya juga dapat dilihat pada kurangnya fungsionalitas live tile di Windows 11. Live tile sendiri merupakan fitur Windows yang menampilkan kolom notifikasi yang berisi informasi seperti cuaca, kalender, dan informasi lainnya.

4. Aspek game HDR otomatis 

adalah aspek yang menarik perhatian Microsoft. Untuk memanjakan pecinta game, Microsoft telah merilis fitur HDR otomatis di Windows 11. Fitur ini memberikan kontras dan warna yang sangat baik saat bermain game.

5. Dukungan Aplikasi Android

Untuk pertama kalinya di Windows 11, Microsoft memungkinkan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa perubahan khusus. Selama ini aplikasi Android cuma bisa berjalan di sistem operasi Windows dengan menggunakan emulator atau dual boot OS. Aplikasi Android ini terletak di Microsoft Store dan dapat diunduh dari Amazon App Store.

Tinggalkan Komentar