Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

0
Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak — Mouse merupakan salah satu komponen pendukung pada PC atau Laptop yang berfungsi untuk memudah pengguna dalam mengarahkan kursor. Namun, mouse sering dianggap sebagai salah satu hardware yang sering mengalami permasalahan.

Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah ketika mouse nyala tapi kursor tidak bergerak sama sekali. Hal ini sering membuat para pengguna PC atau Laptop merasa kebingungan.

Masalah mouse yang nyala tapi kursor tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi di sebabkan dari komponen didalamnya yang bermasalah. berikut portalekonomi.com akan membahas cara mengatasi mouse myala tapi kursor tidak bergerak

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi. Kerusakan pada mouse seperti ini akan sangat mengganggu aktivitas pengguna. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, mouse berperan penting untuk menggerakkan kursor pada PC dan Laptop, untuk memberikan perintah tertentu.

Baca Juga: Cara Print Screent di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara memperbaiki mouse wireless yang tidak bisa bergerak

Mouse USB 

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!3
Gambar: istockphoto.com

Mouse USB adalah Mouse yang dapat terhubung ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Error Critical Process Died di Windows 10

Mouse Wireless

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!
Gambar: istockphoto.com

Mouse wireless adalah pengembangan dari Mouse USB di mana kabel dihilangkan dan diganti dengan koneksi Bluetooth. Karena jenisnya yang berbeda, penanganan dalam kerusakannya pun berbeda sesuai jenis Mouse masing-masing dan penyebabnya.

Kerusakan pada mouse terkadang masih bisa diperbaiki namun terkadang ada juga yang tidak bisa diperbaiki. Namun masalah mouse yang nyala tapi kursor tidak berfungsi memang sulit untuk di analisa dari mana akar penyebabnya.

Anda harus mengidentifikasi berbagai macam hal seperti fungsi optik kabel USB, port USB atau pada Software Driver Mouse itu sendiri. Seperti halnya penjelasan pada berikut ini:

Baca Juga: Lakukan 10 Cara Ini Untuk Memperbaiki Keyboard Yang Rusak

Penyebab Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!3
Gambar: istockphoto.com

1. Komponen Optik Rusak

Penyebab yang selanjutnya adalah komponen optik yang sudah rusak. Saat ini kebanyakan mouse sudah memakai optik infra merah sebagai sensor pergerakan.

Objek ini akan mengirimkan data gerak kepada PC untuk diolah sebagai perintah pada kursor. Jadi apabila ada kerusakan pada objek maka yang terjadi adalah mouse nyala tetapi kursor tidak berfungsi sama sekali.

Baca Juga:  Begini Cara Mengukur Laptop 15 Inch Berapa CM

2. Port USB beda Tipe

Penyebab yang pertama Mouse nyala tapi kursor tidak bergerak adalah bisa jadi di sebabkan pada port USB yang berbeda tipe, port USB sendiri hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pengembangan.

Maka dari itu kini telah mengenal port USB 2.1, USB 3.0, USB 3.1, dan USB 3.2. Mayoritas mouse USB masih banyak yang menggunakan tipe 2.0 sedangkan pada saat ini sudah sampai hingga tipe 3.2. Hal inilah yang terkadang menyebabkan fungsi mouse nyala tapi kursor tidak bisa berfungsi.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Gaming Dell Alienware M-Series

3. Koneksi Bluetooth Belum Tersambung

Penyebab yang terakhir ini cuma bisa terjadi pada mouse yang wireless atau Mouse yang tidak menggunakani kabel.

Kebanyakan mouse wireless memakai koneksi Bluetooth untuk transfer data perintah kursor sehingga apabila koneksi Bluetooth antara Mouse dan PC belum tersambung, maka yang terjadi adalah Mouse nyala tapi kursor tidak berfungsi.

Tinggalkan Komentar